Mesin Bubut

Jenis Mesin Perkakas

www.wikiwand.com www.wikiwand.com

Apakah kamu merasakan kehidupan semakin mudah dengan adanya mesin? Hampir semua orang merasa sangat terbantu dengan adanya mesin. Dari kehidupan sehari-hari saja manusia tidak luput dengan penggunaan mesin. Misalnya saja ingin mencuci pakaian tentu kebanyakan orang menggunakan mesin cuci, ingin memasak nasi menggunakan rice cooker, dan sebagainya.

Pabrik-pabrik pun saat ini sudah sepenuhnya menggunakan mesin, bahkan hanya butuh sedikit tenaga kerja. Karena sebagian besar sudah ditangani oleh mesin. Nah, salah satu mesin yang sering digunakan dalam industri adalah mesin perkakas.

Mesin perkakas ini seringkali digunakan untuk perbengkelan hingga pabrik. Bahkan jenis-jenis mesin perkakas juga ada pembelajarannya di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan mahasiswa Teknik Mesin. Hal ini bertujuan agar semakin banyak tenaga ahli yang mampu menggerakkan mesin perkakas.

Mesin perkakas ini biasa digunakan untuk memproduksi dan mempabrikasi suatu jenis barang baru. Pada umumnya benda yang dikerjakan menggunakan mesin perkakas adalah baja, logam, dan kayu. Bagi kamu yang ingin mengetahui mesin apa saja yang termasuk dalam kategori mesin perkakas, berikut beberapa jenis mesin perkakas yang umum digunakan.

Mesin Bubut

Berbicara mengenai mesin bubut, banyak sekali jenis mesin ini. Namun, pada dasarnya mesin bubut ini digunakan untuk melubangi benda, memotong benda yang berputar, dan masih banyak lagi fungsi dari mesin bubut ini. Tidak hanya jenisnya, mesin bubut juga memiliki banyak bentuk dan ukuran.

Bagi kamu yang ingin memulai usaha dengan memanfaatkan mesin bubut, kamu perlu mengetahui kebutuhan kamu. Seperti apa mesin bubut yang kamu butuhkan dan tentu kamu juga perlu mencari tahu merk mesin bubut yang terbaik. Ada beberapa website juga yang jual mesin bubut. hal ini mempermudah kamu untuk mengetahui dan mendapatkan mesin bubut. Kamu bisa mencari di google mengenai website tersebut.

Mesin Frais (Milling Machine)

www.sinocncmachine.com

www.sinocncmachine.com

Mesin frais adalah jenis mesin perkakas yang memiliki banyak sekali fungsi. Mesin ini umumnya digunakan untuk pengeboran, membuat siku, meratakan permukaan, membuat alur, dan sebagainya. Berbagai macam fungsi yang ada pada mesin frais ini disebebkan mesin frais memiliki banyak jenis pisau.

Sehingga mesin ini mampu mengerjakan sesuai dengan bendanya. Pada umumnya, mesin frais terdiri dari mesin frais vertikal, horizontal, dan universal. Setiap jenis mesin frais ternyata memiliki jenis lagi. Sehingga banyak sekali pilihan dan kegunaan dari mesin frais ini.

Mesin Sekrap

www.indonetwork.co.id

www.indonetwork.co.id

Fungsi utama mesin sekrap adalah memotong. Mesin sekrap ini mampu meratakan permukaan benda, membuat alur dengan cara menyayatkan pisau sekrap pada permukaan benda. Untuk proses kerjanya sendiri adalah dengan mengikatkan benda yang ingin dibentuk pada plat penjepit. Lalu, pisau akan bergerak maju mundur untuk memotong benda tersebut.

Mesin Bor

www.bestmarksolution.com

www.bestmarksolution.com

Tentu mesin yang satu ini banyak sekali orang tahu. Tidak hanya laki-laki, wanita juga tahu mengenai mesin ini. Ya, mesin bor ini sangat umum digunakan. Mesin ini berfungsi untuk melubangi suatu benda dan memperbesar lubang. Kebanyakan mesin bor yang digunakan adalah mesin bor tangan.

Karena mesin bor tangan dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari, misalnya saja melubangi kayu atau tembok. Selain mesin bor tangan, ada beberapa jenis lagi mesin bor, yaitu mesin bor lantai, mesin bor meja, mesin bor kordinat, dan mesin bor radial.

CNC

www.wikiwand.com

www.wikiwand.com

Computer Numerical Control (CNC) adalah jenis mesin perkakas yang cara kerjanya menggunakan program komputer. Jadi, cukup membuat program pada komputer, mesin ini akan bergerak dengan sendirinya. Bisa dikatakan mesin ini otomatis. Mesin CNC ini seringkali digunakan untuk pabrik yang membutuhkan kerja cepat.

Mesin Gerinda

www.tokopedia.com

www.tokopedia.com

Selain mesin bor, mesin gerinda juga seringkali digunakan dalam kehidupan sehari-hari, khususnya para tukang bangunan dan kayu. Mesin gerinda ini memiliki fungsi untuk meratakan, menajamkan, mengasah, dan memotong benda. Mesin ini memiliki beberapa jenis dan ukuran. Jenis mesin gerinda antara lain: mesin gerinda tangan, mesin gerinda potong, mesin gerinda pahat, dan sebagainya.

Mesin Gergaji

fjb.kaskus.co.id

fjb.kaskus.co.id

Pada umumnya, gergaji yang digunakan oleh tukan kayu atau bangunan adalah gergaji manual. Karena benda yang ingin dopotong dalam ukuran kecil. Bagi yang ingin memotong benda dalam ukuran besar, bisa menggunakan mesin gergaji. Mesin gergaji ini bisa memotong kayu hingga logam. Hal ini tergantung dari jenis mesin gergaji itu sendiri. Karena cukup banyak jenis dan ukuran dari mesin gergaji.

Mesin Potong

indonesian.alibaba.com

indonesian.alibaba.com

Mesin potong ini sangat berbeda dengan mesin gergaji. Meskipun memiliki kesamaan dalam fungsi, mesin potong ini cenderung digunakan untuk memotong plat baja. Mesin ini memiliki banyak ukuran. Semakin besar ukurannya maka semakin besar pula kemampuan untuk memotong plat yang tebal.

Mesin Lipat Plat

jualmesinmachine.com

jualmesinmachine.com

Untuk melipat plat baja, tidak cukup dengan menggunakan tangan kosong. Kamu harus menggunakan alat yang dinamakan mesin lipat plat. Pada dasarnya, mesin ini termasuk manual. Hanya menggunakan alat yang mampu membantu untuk melipat plat. Cara kerjanya yaitu dengan menarik tuas pada mesin lipat plat untuk bisa melipat plat.

Mesin Press

supersonicphoto.wordpress.com

supersonicphoto.wordpress.com

Mesin press adalah salah satu jenis mesin perkakas yang memiliki fungsi untuk menekan plat, bearing, AS yang permukaannya tidak rata. Mesin press juga memiliki fungsi untuk menekan benda-benda dalam tumpukan banyak untuk dipadatkan. Untuk jenisnya, mesin press ini memiliki beberapa jenis dan ukuran.

Mesin Las

www.jualmesinlas.com

www.jualmesinlas.com

Seringkali kita melihat di pinggir jalan tukang las. Bahkan ada beberapa tukang las yang bisa dipanggil ke rumah untuk mengelas suatu benda. Mesin ini seringkali digunakan untuk perbengkelan, khususnya bengkel las. Pada umumnya, mesin las ini digunakan untuk menyambung benda logam, memotong logam, dan sebagainya. Mesin ini memiliki beberapa jenis, seperti las listrik, las titik, las karbit, las potong, las asterin, dan sebagainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>