Hamster

Tips Memilih Kandang yang Baik Untuk Hamster

archive.kaskus.co.id archive.kaskus.co.id

Hamster adalah salah satu hewan peliharaan yang bisa dibilang unik dan paling digemari setiap orang. Apakah kamu penyayang binatang yang satu ini? Jika iya, ada salah satu hal penting yang perlu kamu ketahui mengenai kandang hamster untuk binatang kesayanganmu itu.

Terampil dalam membuat maupun piawai dalam memilih jenis kandang untuk hamster kesayanganmu adalah salah satu kunci kesuksesan yang bisa kamu raih jika kamu punya keinginan besar berternak Hamster. Pada dasarnya semua jenis hamster memiliki kebisaaan dan perilaku yang sama. Nah, dalam artikel ini kami akan berbagi tips-tips dalam memilih kandang yang baik bagi hamstermu.

Perhatikan Ukuran Kandang yang Akan Kamu Gunakan

Kandang dengan ukuran tepat adalah hal yang paling berpengaruh jika kamu adalah salah satu dari penyayang binatang ini. Ada banyak sekali manfaat yang bisa kamu dapatkan ketika kandang yang kamu pilih memiliki ukuran yang tepat.

Kandang dengan ukuran yang baik akan tetap bersih dan layak bagi hamster sehingga kesehatan hamster akan terjaga. Kandang dengan ukuran yang tepat juga akan mengurangi kemungkinan hamster perlikau kompulsif dari kebosanasan. Serta sifat agresifnya dan merasa seperti mereka harus mempertahankan ruang mereka. Misalkan saja jenis hamster Suriah, ketika hamster ini berumur 2-3 bulan maka jenis ini harus dipindahkan ke kandang mereka sendiri.

Perhatikan Pula Keselamatan Dasar

Ada banyak jenis kandang yang tersedia di pasaran, tapi jenis dan ukuran kandang tidak sama. Kebanyakan kandang yang ada di pasaran hanya cukup untuk hamster kerdil dan tidak memberikan ruang yang cukup untuk hamster yang besar, atau dengan kata lain tidak aman untuk hamster dewasa. Tidak semua kandang baik dalam hal keamanan, perlu untuk kita perhatikan adalah bagaimana hamster jika melarikan diri.

Dasar Kandang Haruslah Padat, Tidak Ada Ruang Atau Kawat Terbuka untuk Dilalui Kotoran

Meskipun ide yang bagus jika lantai dari kawat sehingga kandang akan selalu bersih dari kotoran, tetap hamster tidak berjalan dipermukaan kawat dengan baik. Untuk itu permukaan lantai sebaiknya menggunaan bahan plastik seperti coroplast, flooring, karton atau sejenisnya. Demi keamanan dan kenyamanan hamster tersebut.

Kandang Harus Terbuat dari Bahan yang Aman dan Dapat Dibersihkan dengan Mudah

Jika kamu berfikir kedepannya, maka kamu pasti akan memilih kandang yang baik. Karena kandang bias digunakan seumur hidup tanpa harus mengganti dengan kandang yang baru. Saran kami anda bias menggunakan atau memilih kandang yang berbahan logam yang dilapisi bubuk atau PVC, sehingga logam tersebut tidak mudah karatan. Penggunaan PVC ini akan bertahan lebih lama daripada kandang logam galvanis.

Kandang Harus Memiliki Akses yang Mudah ke Seluruh Bagian Kandang

Hal ini akan memudahkanmu ketika hendak melakukan perawatan khusus pada hamster kesayanganmu itu. Sehingga tidak perlu bersusah payah ketika hendak memberikan perawatan khusus pada hamster.

Watch Out Tempat Hamster Mengunyah Secara Terbuka

Dengan adanya ruang seperti ini, maka hamster akan lebih merasa mereka tidak hidup dikandang, tetapi berada di habitat asli mereka. Karena secara tidak langsung hamster akan memiliki kontak langsung dengan lingkungannya. Jika memiliki ruang yag besar maka akan mengurangi kemungkinan hamster fokus pada satu wilayah saja. Sebenarnya hamster bosan menjadi pengunyah obsesif.

Mempersiapkan Tindakan Jika Hamster Mulai Menggigit Tempat Watch Out-nya

Selain akan berakibat pada kerusakan kandang, juga akan berakibat pada kesehatan gigi hamster. Jika hal itu terjadi makan secara tidak langsung akan mempengaruhi nafsu makan dari hamster karena adanya luka pada bagian lapisan gigi mereka. Salah satu solusi yang mungkin bias kamu terapkan dalam kandang hamster adalah menyediakan mainan gantungan, jika kebiasaan hamster masih tetap dilakukan tindakan selanjutnya adalah memindahkannya pada kandang yang tidak memiliki tempat mengunyah khusus, akan tetapi tindakan ini tidak 100% efektif menghentikan hamster dari kebiasaan demikian.

Pikirkan Juga Mengenai Fitur untuk Situasi Khusus yang Mungkin Terjadi

Hal ini perlu disiapkan ketika dalam keadaan tertentu, karena itu kamu akan membutuhkan kandang dengan beberapa fitur yang akan membuatmu mudah untuk merawat hamster dalam jangka panjang.

  1. Jika jenis hamster yang kamu miliki adalah salah satu jenis pemalu atau mudah terkejut, maka carilah kandang dengan lantai yang terbuka lebar. Hal ini akan memudahkan untuk menjinakkan atau dengan kata lain akan memberikan terapi kepada hamster yang malu atau gugup sehingga akan dengan mudah untuk ditangani.
  2. Jika jenis hamster yang kamu miliki adalah jenis hamster dewasa, maka carilah jenis kandang yang datar bukan yang bertingkat. Ketika kamu memilih kandang bertingkat, maka kemungkinan besar posisi hamster ketika dijumpai adalah pada puncak dari tingkat tersebut. Sebaiknya kamu memilih kandang yang yang datar sehingga hamster dewasa akan terlihat lebih ramah.

You Might Also Like

2 Comments

  1. 1

    wow penyayang binatang ya… aku geli sama hamster dan sejenisnya…..

  2. 2

    Terima kasih infonya.
    Saya suka sama kandang hamster yang di dalamnya banyak perabotannya, kayak hamtaro, hehehe…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>