Dunia Fauna, Kelinci

Lucunya Kelinci Anggora Ini

otol-hamsters.blogspot.com otol-hamsters.blogspot.com

Kelinci anggora merupakan salah satu jenis kelinci peliharaan tertua di dunia. Sama halnya dengan kucing anggora, kelinci anggora juga berasal dari negara turki, tepatnya kota Angora (sekarang bernama Angkara). Kelinci ini dikembangbiakkan guna dimanfaatkan bulunya untuk wol. Biasanya, para breeder kelinci anggora mengambil bulunya dengan menggunakan sisir atau dicabut.

Kelinci ini sangat terkenal di negara Eropa dan Amerika. Pada pertenganhan abad ke-18, kelinci anggora mulai dikembangbiakkan di Perancis dan menyebar ke negara Eropa lainnya. Kelinci anggora ini juga menyebar hingga Amerika Serikat pada awal abad ke-20. Dari pengembangbiakkan yang dilakukan oreh berbagai negara, kelinci ini menghasilkan varians baru dan beberapa varians yang terkenal dan sudah diakui oleh ARBA (American Rabbit Breeders’ Association)adalah Inggris, Perancis, Giant, dan Satin.

Kelinci Anggora Inggris

http://family-rabbit.blogspot.com

http://family-rabbit.blogspot.com

Kelinci Anggora Inggris merupakan varian kelinci anggora yang paling unik karena hampir semua tubuhnya tertutup oleh bulu. Hanya bagian hidung dan mulut saja yang tidak tertutup dengan bulu. Kelinci ini bisa tumbuh dengan berat badan hingga 3,5 kg. Namun, jika kamu ingin menjadikan kelinci ini sebagai hewan peliharaan, sebaiknya memilih kelinci anggora yang memiliki berat 2,7 kg.

Kelinci Anggora Perancis

wikipedia.org

wikipedia.org

Kelinci Anggora Perancis merupakan jenis kelinci anggora yang tidak memiliki bulu di bagian wajah, kepala, telinga, dan bagian depan kakinya. Bulunya hanya tumbuh dibagian badan dan bulunya agak kasar dan mudah gimbal. Oleh karena itu, kita perlu rutin menyisir bulu kelinci ini jika kita ingin bulu kelinci ini lurus. Secara keseluruhan perawatan kelinci Anggora Perancis ini cukup mudah. Untuk berat badan yang ideal untuk hewan peliharaan adalah 4 kg. Namun, berat badan kelinci ini sebenarnya bisa mencapai 4,5 kg.

Kelinci Anggora Satin

wikipedia.org

wikipedia.org

Kelinci Anggora Satin merupakan salah satu jenis kelinci yang berasal dari hasil persilangan antara kelinci Anggora Perancis dengan kelinci Anggora biasa. Oleh karena itu, kelinci ini memiliki kesamaan dengan kelinci Anggora Perancis. Bulunya hanya tumbuh dibagian badannya saja. Bagian wajah, kepala, telinga, dan bagian depan kakinya tidak ditumbuhi oleh bulu. Namun, bulunya jauh lebih halus dan berkilau dibandingkan dengan kelinci Anggora Perancis.

Kelinci Anggora Giant

wikipedia.org

wikipedia.org

Kelinci Anggora Giant merupakan jenis kelinci Anggora yang memiliki ukuran paling besar diantara jenis kelinci Anggora lainnya. Oleh karena itu, kelinci Anggora ini dinamakan kelinci Anggora Giant. Berat kelinci Anggora Giant ini bisa mencapai hingga 6 kg. Kelinci ini pertama kali dikembangbiakkan oleh Louise Walsh. Selain sebagai hewan peliharaan, kelinci Anggora Giant ini juga dimanfaatkan bulunya untuk wol.

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>