Kerajinan

Kerajinan Tangan dari Barang Bekas

modelrumah.co modelrumah.co

Banyak barang bekas di rumah? Eits, jangan dibuang dulu barang bekasnya. Karena banyak cara untuk memanfaatkan barang bekas menjadi barang yang bermanfaat dan memiliki daya jual yang tinggi. Salah satunya adalah merubah barang bekas menjadi kerajinan tangan yang menarik.

Tidak hanya itu saja, dengan mengelola barang bekas, kamu secara tidak langsung berperan untuk mengurangi permasalahan terhadap sampah yang saat ini masih menjadi masalah serius di negeri ini.

Terus, kerajinan apa saja yang bisa dibuat dengan memanfaatkan barang bekas? Banyak sekali kerajinan tangan yang dapat dibuat dari barang bekas. Untuk mengetahuinya, mari kita lihat beberapa gambar dan contoh kerajinan tangan yang terbuat dari barang bekas. (Baca juga: Cara Membuat Kerajinan Tangan Lampu Hias dan Pigura dari Kardus Bekas)

Pot Bunga dari Botol Bekas

satujam.com

satujam.com

Terkadang, rumah atau kost-kostan kita dipenuhi dengan botol bekas minuman mineral atau botol bekas lainnya. Hal ini tentu sangat mengganggu dan membuat sempit rumah atau kost-kostan kita. (Baca juga: 30 Cara Mudah Membuat Kerajinan Tangan dari Barang Bekas)

Terkadang kita akan membuang atau menjual botol bekas dengan harga yang sangat murah. Namun, pernahkah terpikir untuk merubah botol bekas menjadi kerajinan tangan yang sangat menarik. Cobalah untuk mengolah botol bekas tersebut menjadi kerajinan tangan. Salah satu kerajinan tangan yang dapat dibuat dari botol bekas adalah pot bunga.

Dengan memanfaatkan bagian bawah botol bekas yang diwarnai dan diberi sedikit sentuhan seni menjadikan pot bunga dari botol bekas ini terlihat sangat menarik dan lucu seperti pada gambar diatas.

Burung Hantu dari Kertas Kardus

caracara-mudah.blogspot.com

caracara-mudah.blogspot.com

Jika kamu memiliki kardus bekas di rumah, jangan terburu-buru untuk dijual atau dibuang. Karena kardus bekas tersebut dapat dimanfaatkan menjadi kerajinan tangan yang sangat menarik. Salah satu kerajinan tangan yang bisa dibuat dengan kardus bekas adalah kerajinan burung hantu dari kardus.

Cara membuat kerajinan burung hantu dari kardus bekas ini cukup mudah. Kamu hanya perlu menyediakan kardus bekas, kelereng, lem dan gunting untuk membuat kerajinan ini. (Baca juga: 7 Contoh Kerajinan Tangan dari Sedotan)

Langkah pertama, belah kardus sehingga menjadi potongan yang tipis, lalu gulung-gulung membentuk bulat yang menyerupai badan dan mata burung. Gabungkan gulungan kardus tersebut menggunakan lem kertas. Tambahkan kelereng di bagian mata agar terlihat lebih bagus.

Lampu Hias dari Kardus Bekas

zhahab.blogspot.com

zhahab.blogspot.com

Ingin ruangan pribadi terlihat lebih cantik dari biasanya? Berikan sedikit sentuhan seni pada ruangan pribadi kamu dengan membuat lampu hias dari kardus bekas.

Selain ruangan pribadi kamu terlihat lebih cantik dengan kerajinan dari kardus bekas, kamu juga tidak butuh mengeluarkan biaya yang besar untuk menjadikan ruangan pribadi kamu terlihat lebih cantik dan indah.

Jam Dinding dari Koran Bekas

caracara-mudah.blogspot.com

caracara-mudah.blogspot.com

Membaca koran di pagi hari dengan ditemani segelas cangkir teh hangat merupakan aktivitas yang sering dilakukan sebelum berangkat ke kantor. Namun, apabila setiap hari mendapatkan koran baru, tentu koran-koran tersebut akan menumpuk di rumah dan berserakan memenuhi ruangan.

Agar koran tersebut tidak berserakan, kamu bisa memanfaatkan koran bekas tersebut menjadi kerajinan tangan yang menarik. Salah satu kerajinan tangan yang dapat dibuat dari koran bekas adalah jam dinding. (Baca juga: Cara Membuat Kerajinan Tangan dari Botol Bekas)

Cara membuat kerajinan jam dinding dari koran bekas ini pun cukup mudah. Kamu cukup menyediakan jam dinding yang sudah jelek, koran bekas, kepingan CD, dan lem. Gulung-gulung koran bekas, kemudian susun membentuk lingkaran. Letakkan kepingan CD ditengah dan letakkan juga mesin jam sesuai dengan gambar tersebut.

Miniatur Rumah dari Stik Es Krim

modelrumah.co

modelrumah.co

Kamu suka membeli es krim dan memiliki banyak stik es krim dirumah? Jangan buang dulu stik es krim tersebut. Karena banyak hal yang bisa dilakukan dengan stik es krim. Salah satu yang bisa digunakan dengan stik es krim tersebut adalah dengan membuat miniatur dari stik es krim.

Miniatur rumah dari stik es krim ini banyak dijual di toko kerajinan dan memiliki harga yang cukup tinggi. Daripada kamu membeli dengan harga mahal, lebih baik kamu membuatnya sendiri dengan memanfaatkan stik es krim bekas.

Bunga Sederhana dari Botol Bekas

www.youtube.com

www.youtube.com

Kerajinan tangan yang banyak kita jumpai di toko kerajinan adalah kerajinan bunga dari botol bekas. Jika kamu memiliki banyak botol bekas, lebih baik kamu membuatnya sendiri, karena cara membuat kerajinan bunga dari botol bekas ini cukup mudah.

Kamu hanya perlu memotong bagian bawah botol menjadi 5 bagian untuk dijadikan kelopak bunga. Kemudian, berikan warna sesuai dengan keinginan kamu dan tambahkan putik di bagian tengah agar terihat lebih cantik dan menarik.

Baca juga: 7 Macam Kerajinan Tangan dari Kain Flanel

Video Pertama Kerajinan Tangan dari Barang Bekas

Video Kedua Kerajinan Tangan dari Barang Bekas

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>