Kerajinan

31 Kerajinan Tangan dari Botol Bekas Beserta Videonya

Kerajinan Tangan dari Botol Bekas Kerajinan Tangan dari Botol Bekas

Kerajinan Tangan dari Botol Bekas – Selama ini, hanya sedikit saja orang yang memanfaatkan kembali botol bekas. Padahal, pemanfaatan botol bekas bisa saja menjadi sumber penghasilan kita jika saja kita mau untuk memanfaatkannya.

Karena memang botol bekas tersebut bisa dimanfaatkan menjadi barang-barang yang memiliki nilai jual tinggi. Botol bekas tersebut bisa dijadikan kerajinan tangan dari barang bekas yang nantinya bisa kita jual atau kita manfaatkan sendiri.

Memang, terkadang kita tidak memiliki waktu luang untuk memanfaatkan botol bekas tersebut. Akhirnya, botol bekas tersebut kita jadikan rongsokan dengan harga yang sangat murah. Namun, setidaknya kita bisa meluangkan waktu sedikit dihari libur untuk membuat kerajinan tangan dari botol bekas.

Manfaat yang kamu dapatkan dalam membuat kerajinan tangan dari botol bekas adalah kamu dapat menghias rumah dengan kerajinan yang sudah kamu buat. Selain itu, kegiatan yang kamu lakukan tersebut secara tidak langsung bisa membantu negara dalam mengurangi limbah atau sampah dari botol plastik yang selama ini memang menjadi salah satu PR utama negeri ini.

Nah, bagi kamu yang tertarik untuk membuat kerajinan tangan dari botol bekas, banyak contoh kerajinan tangan yang bisa dibuat dengan memanfaatkan botol bekas. Untuk mengetahui kerajinan tangan seperti apa yang dapat dibuat dengan botol bekas, berikut beberapa contoh kerajinan tangan dari botol bekas yang bisa kamu jadikan inspirasi dalam membuat kerajinan tangan dari botol bekas.

Hiasan Dinding Dari Tutup Botol

designrulz.com

designrulz.com

Apakah kamu bosan dengan dinding yang seperti itu saja? Apakah kamu ingin memiliki dinding yang unik dan menarik? Dengan memanfaatkan botol bekas, lebih tepatnya tutup botol bekas, kamu akan mendapatkan tampilan dinding rumah kamu unik dan menarik.

Caranya adalah dengan mengumpulkan tutup botol dengan warna yang menarik. Kemudian, susun tutup botol tersebut menggunakan lem di dinding rumah kamu yang ingin kamu hias. Jika perlu, gunakan cat untuk memberikan warna atau gambar sesuai keinginan kamu.

Lampu Hias Dari Botol Bekas

designrulz.com

designrulz.com

Ingin memiliki lampu hias unik dan menarik? Saatnya kamu berkreasi sendiri dengan memanfaatkan botol bekas menjadi lampu hias yang unik dan menarik. Botol-botol bekas tersebut bisa kamu jadikan berbagai macam bentuk lampu hias. Salah satunya seperti pada gambar di atas.

Cara membuatnya cukup mudah. Kamu cukuo menyediakan botol bekas dan lampu. Remas memutar bagian badan botol bekas, lalu berikan lampu kecil lengkap dengan listriknya. Lampu hias yang indah bisa kamu pasang di rumah.

Pagar Rumah Dari Susunan Botol

designrulz.com

designrulz.com

Pada umumnya, orang akan memberikan pagar untuk rumahnya dengan ditembok atau pagar besi. Namun, pernahkah kamu melihat pagar rumah menggunakan botol plastik bekas? Hal ini mungkin saja belum pernah kamu lihat sebelumnya. Nah, saatnya kamu menerapkan pagar dari botol plastik bekas tersebut di rumah kamu. Mungkin, kamu yang pertama memiliki pagar menggunakan botol bekas.

Tempat Perhiasan Dari Botol Bekas

epbot.com

epbot.com

Hal yang paling umum adalah meletakkan perhiasan di kotak dan menyimpannya di almari. Namun, rasanya sangat disayangkan jika perhiasan hanya disimpan di almari dan digunakan hanya kegiatan-kegiatan tertentu saja. Alangkah baiknya kamu buatkan tempat yang menarik agar perhiasan-perhiasan tersebut tidak hanya kelihatan indahnya pada saat dikenakan saja, melainkan pada saat dipajang. Namun, tentu saja lokasi penyimpanannya harus tetap aman.

Membuat Lukisan Bunga dengan Botol

alphamom.com

alphamom.com

Pernahkah kamu melihat lukisan yang dibuat menggunakan botol bekas? Mungkin, sedikit orang terpikirkan mengenai hal ini, yaitu melukis menggunakan botol bekas. Nah, kamu bisa mencoba membuat lukisan menggunakan botol bekas.

Cara membuat lukisan tersebut sangat mudah. Kamu cukup menyediakan botol bekas dan alat lukis. Gunakan bagian botol bekas untuk melukis. Lukisannya akan membentuk bunga yang menarik. Jika kamu memiliki keahlihan dalam melukis, tambahkan hiasan lainnya agar lukisan terlihat lebih indah dan menarik.

Lampu Hias Dari Botol Bekas

boredpanda.com

boredpanda.com

Pada dasarnya, banyak sekali kreasi lampu hias yang bisa dibuat dengan memanfaatkan botol bekas. Salah satunya adalah contoh lampu hias pada gambar di atas. Kamu bisa membuatnya sendiri di rumah dengan bahan yang sangat sederhana.

Tidak hanya bahannya yang sederhana, cara pembuatannya juga sangat sederhana. Caranya dengan memotong bagian belakang botol bekas, lalu susun hingga menyerupai bentuk bunga.

Celengan Unik dari Botol Bekas

boredpanda.com

boredpanda.com

Mengajarkan anak-anak untuk mau menabung pada dasarnya cukup mudah. Kamu cukup menyediakan celengan yang memiliki bentuk unik dan menarik, maka kemungkinan besar anak-anak menyukai dan mau menabung di celengan tersebut.

Cara membuat celengan yang unik dan menarik cukup gampang. Kamu cukup menyediakan botol bekas, resleting, gunting, dan jarum serta benang atau bisa juga menggunakan lem.

Langkah pertama adalah dengan memotong botol menjadi dua bagian. Gunakan bagian bawahnya untuk celengan. Tambahkan resleting agar menyatu dan gunakan lem untuk merekatkan antara botol dengan resleting. Tambahkan lubang untuk memasukkan uangnya. Celengan unik dan menarik dari botol bekas bisa digunakan.

Tempat Pensil Dari Botol

boredpanda.com

boredpanda.com

Seringkali kita kehilangan alat-alat tulis, seperti pensil, pulpen, penghapus, dan sebagainya. Penyebabnya adalah teledor dalam meletakkan alat-alat tulis tersebut. Sehingga, pada saat membutuhkan alat-alat tulis tersebut harus mencari terlebih dahulu. Oleh karena itu, agar tidak teledor dalam meletakkan, sediakan tempat alat-alat tulis.

Tempat alat tulis yang digunakan tidak perlu mahal. Cukup menggunakan botol bekas yang diberi sedikit sentuhan seni, kamu bisa mendapatkan tempat alat tulis yang unik dan menarik. Selain itu, permasalahan kehilangan alat tulis bisa terselesaikan.

Mainan Anak Dari Botol Kemasan

playideas.com

playideas.com

Memberikan mainan pada anak tidak perlu dengan harga yang mahal. Kamu bisa membuatkan mainan sendiri dengan memanfaatkan botol bekas sebagai bahan utamanya.

Salah satu mainan yang bisa dibuat dengan memanfaatkan botol bekas adalah mainan roket. Cukup menyediakan dua botol plastik bekas dan bahan lainnya, kamu bisa membuat mainan roket sendiri untuk anak kamu.

Tempat Makanan Burung

boredpanda.com

boredpanda.com

Para pecinta burung tentu sudah tidak asing lagi dengan tempat makan atau tempat minum burung menggunakan botol bekas. Karena hal ini seringkali dilakukan, yaitu membuat tempat makan atau minum burung dengan memanfaatkan botol bekas.

Lampu Hias Dari Botol Bekas

satujam.com

satujam.com

Ada lagi contoh lampu hias dari botol bekas. Jadi, banyak sekali kreasi bentuk yang dapat dibuat dengan memanfaatkan botol bekas menjadi lampu hias. Jika kamu tertarik untuk membuat lampu hias dari botol bekas, banyak contoh yang bisa kamu gunakan sebagai referensi.

Vas Bunga Dari Botol Bekas

satujam.com

satujam.com

Punya bunga bagus tapi tidak punya vas bunga yang bagus? Tenang saja, kamu bisa membuat vas bunga sendiri dengan tampilan yang unik dan menarik. Bahan yang digunakan untuk membuat vas bunga adalah botol plastik bekas.

Dengan memanfaatkan botol plastik bekas dan bahan pendukung lainnya kamu sudah bisa memiliki vas bunga yang unik dan menarik. Cara membuatnya pun tidak terlalu sulit. Kamu hanya perlu memotong botol plastik bekas menjadi dua bagian. Setelah itu, potong kecil-kecil sesuai pada gambar di atas. Lipat potongan kecil-kecil tersebut. Jika ingin lebih menarik, berikan warna sesuai dengan yang kamu inginkan.

Kebun Vertikal Dari Botol Bekas

satujam.com

satujam.com

Banyak orang menghabiskan uang untuk menghias kebun di rumahnya. Padahal, menghias kebun bisa juga menggunakan dana yang minim. Kamu bisa memanfaatkan botol bekas sebagai bahan utama untuk menghias kebun, yaitu dengan membuat kebun vertikal dari botol bekas.

Cara membuatnya pada dasarnya sangat mudah. Kamu hanya perlu menyediakan botol bekas, gunting, dan peralatan atau kebutuhan kebun lainnya. Langkah pertama adalah memotong bagian tengah botol untuk tempat meletakkan pupuk, tanah, dan tanaman. Letakkan tanaman yang kamu sukai di dalam botol bekas tersebut. Susun botol-botol bekas tersebut sesuai dengan apa yang ada di gambar atau kamu samakan dengan dinding yang kamu miliki untuk dihias.

Pot Bunga Gantung Dari Botol Bekas

satujam.com

satujam.com

Membuat pot bunga gantung dari botol bekas tidaklah sulit. Kamu bisa membuat kerajinan tangan dari botol bekas dengan bentuk pot bunga gantung tersebut dengan bahan dan peralatan yang sederhana.

Kamu hanya membutuhkan botol bekas, cat, koas, perlengkapan tanaman, gunting, dan alat untuk menggantung. Untuk cara membuatnya kamu hanya perlu memotong botol bekas menjadi dua bagian. Berikan warna sesuai dengan keinginan kamu.

Masukkan tanah, pupuk, dan tanaman ke dalam botol bekas tersebut. Pot bunga sudah jadi. Saatnya kamu menggantung kerajinan tangan dari botol bekas berbentuk pot bunga tersebut ke tempat yang diinginkan.

Kanopi Dari Botol Bekas

satujam.com

satujam.com

Mungkin, tidak ada yang menyangka bahwa kanopi bisa dibuat menggunakan kumpulan botol-botol bekas. Namun, untuk membuat kanopi dari botol bekas membutuhkan banyak botol.

Cara membuatnya pada dasarnya cukup mudah, namun butuh ketelitian dan kejelian. Kamu cukup menyusun botol-botol bekas tersebut, lalu ikat atau gantung diatas menggunakan tiang-tiang yang sudah disediakan disetiap sudut. Berikan warna pada bagian ujung bawah botol sesuai dengan yang diinginkan.

Vas Air Gantung

Photobucket.com

Photobucket.com

Nah, ini adalah model lain dari vas bunga gantung. Model vas gantung ini termasuk model vas air gantung. Jadi, di dalam vas tersebut tidak hanya diisi dengan bunga hias saja, melainkan diisi juga air sehingga tampak lebih indah.

Pot Tanaman dengan Kombinasi Kain

Letusdiy.org

Letusdiy.org

Bentuk pot tanaman yang satu ini bisa dikatakan lebih unik dan menarik dari pot tanaman sebelumnya. Kali ini pot tanaman diberi kain warna-warni agar pot tanaman dari botol bekas tersebut terlihat jauh lebih unik dan menarik.

Penampang Benda-benda Kecil

Epbot.com

Epbot.com

Jika kamu memiliki banyak benda-benda yang berukuran kecil, kamu bisa kelompokkan benda-benda tersebut dengan membuat penampang. Penampang tersebut bisa dibuat dengan memanfaatkan botol bekas sebagai bahan utamanya. Dengan adanya penampang ini, kamu bisa memisahkan benda-benda yang berukuran kecil sehingga nampak lebih rapi dan juga mempermudah saat membutuhkannya.

Tempat Pensil dan Bolpoint

Duitang.com

Duitang.com

Membuat tempat pensil dengan memanfaatkan botol bekas sangat lah mudah. Kamu cukuo memotong bagian ujung botol bekas tersebut, lalu kamu berikan warna-warni. Warna-warni tersebut bisa menggunakan cat atau kain. Tujuannya adalah agar tempat pensil tersebut tidak hanya bermanfaat untuk meletakkan pensil, tetapi juga enak dilihat.

Wadah dari Botol Bekas

lahiya.com

lahiya.com

Dengan memanfaatkan botol bekas dan bahan sederhana lainnya, kamu bisa memiliki wadah yang menarik untuk meletakkan barang-barang kamu agar terlihat rapi. Kamu bisa membuat tempat sikat gigi dengan botol plastik bekas hingga membuat tempat alat tulis.

Cara membuatnya cukup mudah, yaitu dengan mengumpulkan botol bekas dan bahan pendukung lainnya. Untuk mengubah bentuk botol, gunakan sertika. Namun, kamu perlu berhati-hati agar setrika atau botol plastik tersebut tidak meleleh dan terkena tangan kamu. Jika wadah yang dibuat sudah jadi, kamu bisa memberikan hiasan sesuai dengan yang diinginkan.

Tempat Makanan Dari Botol Bekas

Paperplateandplane.wordpress.com

Paperplateandplane.wordpress.com

Terkadang, kita memiliki camilan dimana camilan tersebut tidak langsung kita habiskan. Jadi, masih ada sisa camilan kita. Sisa camilan ini bisa menjadi masalah, yaitu munculnya semut-semut jika kita tidak menyimpannya dengan baik. Oleh karena itu, kamu perlu menyiapkan tempat makanan untuk menyimpan camilan tersebut.

Tempat makanan untuk menyimpan camilan bisa kita buat sendiri dengan memanfaatkan botol bekas seperti pada gambar di atas. Dengan tempat makanan tersebut, camilan kamu akan terlindungi dari semut atau gangguan lainnya.

Pelindung Tanaman di Pot

Blomsterverkstad.blogspot.com

Blomsterverkstad.blogspot.com

Setelah membuat pot dari botol bekas, saatnya kamu membuat pelindung tananam di pot dengan memanfaatkan botol bekas juga. Dengan pelindung tanaman di pot tersebut, kamu tidak perlu khawatir tanaman kamu akan rusak.
Pelintung tanaman di pot ini dibuat untuk melindungi tanaman yang masih kecil-kecil. Ketika tanaman tersebut sudah cukup besar, kamu bisa melepasnya. Namun, ada yang perlu diperhatikan saat memberikan pelindung tanaman tersebut, yaitu sesuaikan ukuran tanaman dengan botol bekas yang digunakan untuk melindungi tanaman tersebut.

Pelindung Lampu Kecil

Familycrafts.about.com

Familycrafts.about.com

Jika kamu ingin membuat lampu hias di halaman rumah atau kamar tidur, kamu bisa memanfaatkan botol bekas menjadi pelindung lampu-lampu kecil yang akan kamu pasang di halaman rumah atau kamar kamu. Pelindung lampu ini juga bisa kamu jadikan sebagai hiasan dengan memberikan warna.

Sangkar Burung Dari Botol Bekas

lahiya.com

lahiya.com

Jika kamu termasuk pecinta burung, tentu kamu membutuhkan sangar burung untuk tempat tinggal burung-burung peliharaan kamu. Biasanya, tempat burung tersebut terbuat dari kayu atau kawat. Namun, sebenarnya kamu bisa memanfaatkan botol bekas sebagai bahan utamanya.

Cara membuat sangkar burung dari botol bekas sangat lah mudah. Kamu cukup menyediakan botol bekas, lem, dan gunting. Langkah pertama dalam membuat kerajinan tangan dari botol bekas berbentuk sangkar burung ini adalah dengan memotong bagian tengah botol bekas tersebut hingga menjadi dua bagian.

Pada bagian bawah botol bekas, sayat menggunakan pisau atau gunting hingga membentuk huruf ā€œUā€ yang fungsinya untuk pintu masuk burung. Sedangkan, bagian atas botol berfungsi untuk tudung sangkar. Lalu, ikan bagian bawah botol dengan tudung sangkar menggunakan lem.

Gelang Dari Botol Bekas

Photobucket.com

Photobucket.com

Tahukah kamu bahan apa yang digunakan untuk membuat gelang tersebut? Mungkin, kamu tidak menyangka bahwa gelang tersebut terbuat dari botol bekas. Ya, gelang tersebut memang terbuat dari botol bekas dengan dihiasi bahan lainnya agar terlihat lebih bagus. Kamu juga bisa mencoba membuat gelang seperti itu di rumah loh…

Bracelet

Photobucket.com

Photobucket.com

Jika kamu merasa kesulitan membuat gelang dari botol bekas, kamu bisa kok membuat bracelet dari botol bekas. Kerajinan tangan dari botol bekas ini jauh lebih mudah dibuat dibandingkan dengan membuat gelang dari botol bekas.

Cara membuatnya dengan memotong bagian tengah botol menjadi beberapa bagian. Lalu, potong lingkaran agar mudah dikenakan di tangan. Berikan warna agar bracelet terlihat lebih menarik.

Kunang-Kunang

Pinterest.com

Pinterest.com

Ternyata, membuat mainan kunang-kunang yang terlihat seperti aslinya tidak terlalu sulit. Kamu bisa memanfaatkan botol bekas, gunting, lightstick, dan cat untuk membuat mainan kunang-kunang ini.

Rak Buku

lahiya.com

lahiya.com

Apakah kamu memiliki kebiasaan sembarangan dalam meletakkan buku setelah membacanya? Mungkin, kebiasaan tersebut disebabkan tidak adanya tempat buku atau rak buku yang dekat dengan tempat kamu membaca. Oleh karena itu, diperlukan rak buku yang tempatnya sesuai dengan lokasi tempat membaca buku.

Rak buku tersebut bisa kamu buat sendiri dengan memanfaatkan botol plastik atau jerigen plastik. Caranya adalah dengan memotong wadah tersebut sesuai dengan gambar di atas. Berikan sedikit sentuhan seni agar rak buku dari barang bekas tersebut terlihat lebih menarik. Nah, dengan ini, buku-buku kamu tidak akan berserakan lagi.

Video Kerajinan Tangan dari Botol Bekas

Demikian beberapa contoh kerajinan tangan dari botol bekas yang bisa kamu buat di rumah. Jika kamu merasa bahwa artikel ini bermanfaat, share artikel ini ke teman-teman kamu. šŸ™‚ jangan lupa juga baca artikel terkait lainnya, seperti 150 Kerajinan Tangan dari Barang Bekas, Kerajinan Tangan dari Kain Perca, dan Kerajinan Tangan dari Kardus. šŸ™‚

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>