Seni

Kumpulan Lukisan Termahal di Dunia Sepanjang Sejarah

www.abc.net.au www.abc.net.au

Lukisan Termahal di Dunia – Lukisan adalah salah satu dari sekian maha karya yang memiliki nilai jual tinggi. Dari sekian banyak lukisan, kami merangkum beberapa artikel termahal yang pernah ada dalam sejarah dunia. Mungkin untuk kalangan masyarakat umum, harga karya yang segitu tingginya tidak bisa dibayangkan.

Akan tetapi bagi mereka para penikmat lukisan, apalagi jika lukisan tersebut termasuk lukisan klasik maka bisa jadi harga sudah tidak lagi dipermasalahkan. Bahkan demi sebuah lukisan mereka rela merogeh kocek yang terbilang tidak sedikit. Berikut ini lukisan-lukisan dengan harga termahal di dunia.

Garcon A La Pipe (Boy with a pipe)

rackcdn.com

rackcdn.com

Lukisan karya Pablo Picasso pada tahun 1905, yang menggambarkan seorang pemuda Persia mengenakan karangan bunga dan memegang pipa. Lukisan tersebut dijual oleh Greentree Foundation atau keluarga Whitney pada tahun 2004 dalam sebuah pelelangan di Sotheby’s, New York, Lukisan ini dijual kepada seseorang yang identitasnya dirahasiakan seharga $104.000.000 dan saat ini memiliki nilai estimasi $129.000.000 atau sekitar Rp 1,64 Triliun.

Baca juga: Lukisan 3D, Karya Seni Paling Menakjubkan yang Terlihat Seperti Nyata

Dance At Le Moulin De La Galette

www.ibiblio.org

www.ibiblio.org

Lukisan Dance di Le Moulin De La Galette dilukis oleh seniman Perancis yang bernama Pierre Auguste Renoir pada tahun 1876. Pada lukisan tersebut menggambarkan keadaan sebuah akhir pekan Minggu sore di sebuah pusat bisnis lokal, Moulin de la Galette.

Perkiraan harga lukisan tersebut adalah $141.500.000. Lukisan ini dijual di pelelangan Sotheby’s Newyork dengan harga US$143.000.000 pada Mei 1990. Lukisan tersebut sekarang berada di Museum Orsay, Paris. (Baca juga: 7 Aliran Seni Lukis dan Karya Fenomenalnya yang Pernah Ada)

No 5

http://www.jackson-pollock.org/

http://www.jackson-pollock.org/

Lukisan ini dibuat pada tahun 1948 dengan teknik menyipratkan dan meneteskan cat pada fiber, oleh seorang artis Amerika Jackson Pollock. Pada tahun 2006 seorang pebisnis Amerika yaitu David Geffen menjual lukisan ini dengan harga US$164.000.000 kepada seorang pemodal dari Meksiko David Martinez pada acara lelang yang diselenggarakan di New York City.

Baca juga: Gambar Lukisan Hasil Tangan-tangan Kreatif

Woman III

www.looklateral.com

www.looklateral.com

Lukisan ini adalah mahakarya seniman abstrak ekspresionis Willem de Kooning dan merupakan salah satu dari enam lukisan yang ia selesaikan antara tahun 1951 dan 1953. Tehram Museum of Contemporary Art Collection pada tahun 2006 menjualnya ke Steven Cohen seharga $137.500.000 dan saat ini sudah seharga $159.800.000.

Baca juga: Cara Melukis Wajah dengan Menggunakan Teknik Dasar

Portrait of Dr. Gachet

wikimedia.org

wikimedia.org

Lukisan ini adalah mahakarya seorang seniman asal belanda Vincent Van Gogh. Lukisan ini menggambarkan seorang dokter yang merawatnya. Lukisan ini terdapat dua versi yang berbeda dari warna dan gayanya. Salah satu lukisan tersebut dijual dengan harga 300 Francs oleh adik ipar Gogh pada tahun 1897.

Karya ini diselesaikan pada tahun 1890 di Averus kemudian di lelang engan harga US$150.000.000 kepada Ryoei Saito seorang industrial asal Jepang. (Baca juga: 5 Pelukis Terkenal Dunia dengan Karya Fenomenal)

Portrait of Adele Bloch-baure I

http://chirkup.me/

http://chirkup.me/

Lukisan karya dari Gustav Klimt seorang seniman asal Austria. Lukisan ini merupakan potret seorang istri dari pengusaha gula Yahudi yaitu Adele Bloch-Bauer I, yang dibuat atas permintaan sang suami. Pada tahun 2006 Ronald Lauder seorang pebisnis dari Amerika membeli lukisan ini dengan harga US$158.000.000.

The Card Player

wikimedia.org/

wikimedia.org/

The card player adalah lukisan minyak karya dari paul cazanne pada sekitar tahun 1894-1895. The card player ini digambarkan sebagai masa hidup kemanusiaan yang merupakan salah satu seni pasca-impresionis Prancis yang signifikan. Konon lukisan ini adalah salah satu dari versi lukisan yang dibeli oleh keluarga kerajaan Qatar dengan harga sekitar US$274.000.000 paa tahun 2011.

Le Reve

dunialukisan-javadesindo.blogspot.com

dunialukisan-javadesindo.blogspot.com

Le reve adalah salah satu lukisan dari seniman terkenal Pablo Picasso pada bulan januari 1932. Le reve jika diartikan akan bermakna sang pemimpi. Kemudian pada tahun 2013, lukisan ini dibeli oleh Steven Cohen dengan harga US$158.400.000 dari Steve Wynn raja kasino di Las Vegas

Three Studies Of Lucian Freud

www.abc.net.au

www.abc.net.au

Tree studies of Lucian freud adalah salah satu mahakrya yang dibuat oleh pelukis Inggris bernama Francis Bacon yang merupakan pelukis kelahiran Irlandia. Lukisan ini dibuat pada tahun 1969. Dalam lukisan tersebut merupakan gambaran dari seorang pesaingnya sendiri yakni Lucian Freud. Lukisan ini terjual pada sebuah pelelangan dengan harga sekitar US$144.600.000 di Christie’s New York pada tahun 2013.

Nafea Faa Ipoipo

en.wikipedia.org

en.wikipedia.org

Lukisan ini dibuat pada tahun 1982 kemudian menjadi popular dan terkenal. Lukisan karya dari seorabf pelukis Paul Gauguin ini mencapai rekor terbaru pada bulan Februari 2015 lalu. Karya seni ini diberitakan terjual secara privat kepada seorang Miliuner dari kolektor seni Rudolf Staechlin, dan diperkirakan tempatnya berada di Qatar. Harga jualnya begitu fantastis yakni mencapai US$300.000.000 atau setara dengan 4 trilyun jika dirupiahkan. Lukisan ini dilukis diatas kanvas berukuran 40 x 30 inchi (101 x 77 cm). Karya dengan tema”Nafea Faa Ipoipo?” bermakna “kapan kau akan menikah?.”

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>