Dunia Ikan, Ikan Discus

Makanan dan Cara Memelihara Ikan Discus

imgkid.com

Beberapa permasalahan yang paling sering terjadi terhadap ikan discus adalah stress. Hal ini mengakibatkan ikan discus mudah terserang penyakit. Selain itu, setiap akuarium mempunyai koloni mikroorganisme yang bermanfaat bagi ikan dan penyebab penyakit pada ikan. Namun, hal ini tidak akan terjadi jika kita mengetahui cara memelihara ikan discus ini. Berikut beberapa tips memelihara ikan discus.

Menyediakan Perlengkapan yang Dibutuhkan

Keadaan di dalam akuarium sangat berpengaruh terhadap kesehatan ikan discus. Untuk itu, kita harus menyediakan beberapa perlengkapan dan peralatan yang dibutuhkan. Salah satu peralatan yang dibutuhkan adalah heater. Heater ini berfungsi untuk menyediakan kondisi panas di dalam air akuarium. Saat suhu di dalam air dingin, kita bisa menggunakan alat ini untuk mengatur suhu yang dibutuhkan oleh ikan discus. Biasanya, suhu normal untuk ikan discus sekitar 27-32 derajat celcius.

Penerangan pada Akuarium Ikan Discus

Penerangan pada akuarium ikan discus juga menjadi faktor penting dalam memelihara ikan discus. Berikanlah penerangan yang cukup pada akuarium ikan discus. Selain dapat menjadikan ikan discus sehat, penerangan juga dapat menjadikan ikan discus kita terlihat lebih indah. Namun, Penerangan biasanya memberikan suhu yang panas terhadap akuarium ikan discus. Oleh karena itu, sesuaikanlah penerangan pada akuarium ikan discus.

Menjaga Kebersihan Air

Faktor utama yang mempengaruhi kondisi kesehatan ikan adalah kondisi air itu sendiri. Jika kita jarang mengganti air akuarium, maka ikan discus akan mudah terserang penyakit. Karena air yang kurang bersih terdapat banyak bakteri jahat. Oleh karena itu, kita harus selalu menjaga kebersihan air akuarium ikan discus.

Biasanya, pergantian air yang bagus dilakukan adalah seminggu dua kali atau jika kita terlalu sibuk, kita bisa membersihkan akuarium ikan discus seminggu sekali. Cara mengganti air akuarium pun tidak sekaligus diganti semuanya. namun pergantiannya dibuat bertahap.

Makanan untuk Ikan Discus

Memberikan makanan yang terbaik bagi ikan discus kesayangan kita dapat menghasilkan ikan discus yang sehat dan dapat tumbuh dengan baik. Di alamnya, ikan discus termasuk ikan pemakan segalanya. Biasanya, makanan yang dimakan ikan discus ini berupa larva serangga, cacing, bahkan buah-buahan. Makanan-makanan tersebut bisa kita terapkan untuk ikan discus kesayangan kita.

Makanan-makanan saat ini yang tersedia untuk ikan peliharaan bisa dibagi menjadi dua macam, antara lain:

Makanan Alami

Makanan alami adalah makanan yang diambil langsung dari alam atau sudah tersedia di alam bebas tanpa kita mengelolanya terlebih dahulu. Makanan-makanan tersebut adalah

Infusoria dan rotifera

Infusoria dan rotifera adalah jenis microorganisme yang biasanya digunakan untuk pakan anakan ikan. Kelebihan pakan ini adalah Infusoria dan rotifera memiliki ukuran yang rentik atau kecil. Sehingga, pakan ini sangat cocok untuk anakan ikan discus.

Kutu Air

Kutu air merupakan sejenis udang-udangan dan biasanya juga digunakan untuk pakan anakan ikan. Kutu air biasanya terdapat di genangan air. Kelebihan pakan ini adalah memiliki ukuran yang cukup kecil. Sehingga, anakan ikan discus mudah untuk memakan dan mencerna makanan ini.

Cacing Tubifex

Cacing Tubifex adalah nama lain dari cacing sutera. Cacing ini memiliki banyak kandungan yang baik untuk ikan discus, antara lain: mineral, protein, dan lemak. Namun, sebagian pecinta ikan beranggapan bahwa cacing ini paling sering menimbulkan penyakit pada ikan. Karena pengembangbiakan cacing ini menggunakan tempat yang kotor. Oleh karena itu, sebelum kita memberikan makan pada ikan discus dengan cacing sutera ini, kita harus membersihkan terlebih dahulu cacing sutera ini agar ikan kesayangan kita tidak terkena penyakit.

Blood Worm atau Cacing Darah

Blood Worm atau Cacing Darah adalah larva yang berasal dari lalat Chironomus yang mengalami pembusukan. Cacing darah ini memiliki kandungan protein cukup banyak, sehingga pakan ini cukup baik untuk ikan discus kita. Biasanya, cacing darah ini akan dibekukan terlebih dahulu agar mudah dalam penyimpanan dan jauh lebih awet.

Jentik Nyamuk

Jentik nyamuk ini cukup mudah untuk didapatkan. Kita bisa mencari di selokan atau tempat yang terdapat genangan air. Kita juga bisa membudidayakannya sendiri. Selain itu, jentik nyamuk juga memiliki kandungan protein cukup tinggi. Sehingga, sangat cocok untuk pakan ikan discus.

Telur Udang

Telur udang yang biasanya digunakan untuk pakan adalah telur udang galah dan telur udang lobster. Telur ini sengaja dikembangkan untuk pakan ikan dan biasanya di jual dalam keadaan beku. Pakan ini sangat bagus untuk pembentukan warna alami ikan dan memacu kesuburan.

Artemia

Artemia adalah planktonik yang biasanya hidup di perairan yang mengandung kadar garam yang tinggi. Pakan ini memiliki kandungan nurtisi cukup tinggi, seperti 50% protein dan 25% lemak. Selain itu, arteria dianggap sebagai pakan alami yang paling baik karena pakan ini bebas dari penyakit.

Pakan Buatan

Pakan buatan adalah pakan ikan yang dibuat oleh manusia. Pakan buatan ini sangat praktis dan mempermudah kita dalam pemberian pakan. Pakan ini sangat mudah kita dapatkan. Biasanya, di setiap toko ikan menjual pakan buatan. namun, pakan buatan ini kurang bagus bagi ikan discus kita. Karena ikan discus kita akan melambat pertumbuhannya jika kita mengkonsumsi pakan buatan. Oleh karena itu, gunakanlah pakan ini secukupnya saja dan kombinasikan dengan pakan alami.

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>