Dunia Fauna, Kelinci

Makanan Kelinci yang Baik

Kelinci pada umumnya memakan rumput-rumputan. Namun, untuk jenis kelinci peliharaan seperti kelinci anggora, kelinci loop, dan sebagainya harus dijaga kandungan nutrisinya. Oleh karena itu, kita perlu mengatur makanan kelinci agar asupan nutrisi kelinci seimbang. Berikut beberapa makanan yang biasanya diberikan kelinci untuk menjaga asupan nutrisi yang seimbang.

Makanan yang Baik untuk Kelinci

Ada beberapa makanan yang baik untuk pertumbuhan kelinci peliharaan kamu. Makanan-makanan tersebut berasal dari sayur-sayuran, buah-buahan, dan makanan buatan. Untuk itu, jangan sampai salah memilih makanan untuk kelinci kesayangan kamu karena dapat mengakibatkan kelinci terkena penyakit, bahkan bisa berujung kepada kematian. Untuk terhidar dari hal tersebut, berikut beberapa makanan yang baik untuk kelinci peliharaan.

Sayur-sayuran

Kelinci juga dapat diberi makanan sayur-sayuran. Makanan ini mampu memenuhi kebutuhan nutrisi kelinci. Karena sayur-sayuran mengandung banyak nutrisi dan air. Namun, tidak semua sayur-sayuran itu baik untuk kelinci kamu. Sebagian sayur-sayuran dapat mengakibatkan kotoran kelinci lunak dan bahkan kelinci bisa terkena diare. Oleh karena itu, berikanlah sayuran sedikit terlebih dahulu untuk melihat perkembangannya. Jika kelinci cocok dengan sayuran tersebut dan tidak terkena diare, kamu bisa menambah porsi sayurannya. Namun, jika kelinci terkena diare yang disebabkan mengkonsumsi sayur-sayuran, lebih baik hentikan pemberiannya.

Biasanya, terdapat beberapa sayuran yang sudah umum digunakan sebagai pakan kelinci dan kandungan kalsium yang terkandung di sayuran tersebut (semakin rendah kadar kalsiumnya, semakin baik), antara lain: daun chicory (180 mg), daun lobak (105 mg), daun dandelion (103 mg), daun kubis (94 mg), peterseli & seledri (78 mg), daun mustard (58 mg), daun bit (46 mg), brokoli (42 mg), selada air (40 mg), selada bokor (38 mg), wortel dan daunnya (30 mg), radijs dan daunnya (28 mg), selada romaine (20 mg), daun paprika (6 mg), daun jagung, daun ketumbar, daun dan tangkai apel, daun ubi jalar, daun petai, daun kacang-kacangan, kangkung (sedikit saja), dan tomat (sedikit saja).

 Buah-buahan

Kelinci juga bisa diberi makanan buah-buahan. Namun, sifat makanan ini hanya sebagai cemilan kelinci saja dan bukan merupakan makanan utama kelinci. Sama halnya dengan sayur-sayuran, buah-buahan juga tidak semua cocok untuk kelinci peliharaan kamu. Buah-buahan yang cocok untuk kelinci adalah buah yang memiliki serat tinggi dan sebaiknya sebelum buah-buahan tersebut diberikan ke kelinci, lebih baik buah-buahannya di potong-potong kecil terlebih dahulu agar kelinci mudah memakannya.

Sebagian buah-buahan tidak cocok untuk kelinci karena buah-buahan tersebut mengandung kadar gula tinggi yang dapat mengganggu keseimbangan mikroorganisme di caecum. Buah-buahan yang biasanya cocok untuk kelinci, antara lain: pisang, pear, stroberi, kesemek, nanas, pepaya, rasberi, anggur (singkirkan bijinya), dan apel (jangan berikan bijinya karena beracun).

Rumput

Makanan utama kelinci adalah rumput. Makanan ini sangat penting bagi kelinci guna memenuhi kebutuhan serat kelinci, sehingga mampu mencegah penyumbatan saluran pencernaan kelinci. Makanan rumput juga sangat baik untuk pertumbuhan gigi kelinci. Karena kelinci harus mengunyah rumput terlebih dahulu dan mengunyah akan membuat gigi kelinci tetap tajam. Sehingga, pertumbuhan gigi kelinci tidak begitu cepat. Jika gigi kelinci tumbuh dengan cepat, maka gigi kelinci bisa melukai rongga mulut kelinci. Kelinci juga akan merasa tidak nyaman dengan ketika makan.

Rumput memiliki banyak jenis. Ada beberapa jenis rumput yang baik untuk kelinci. Salah satunya adalah Timothy Hay. Rumput ini biasanya banyak dijual di petshop dalam keaadaan kering. Namun, kita juga sebenarnya bisa memberikan makanan rumput yang biasa tumbuh di pekarangan rumah. Asalkan rumput tersebut tidak mengandung pestisida atau obat-obatan lainnya.

Makanan Buatan atau Pelet Kelinci

Pakan Kelinci Pakan Kelinci Buatan

Selain makanan alami, kelinci juga bisa diberi makanan buatan. Biasanya, makanan buatan sudah diatur kandungannya dan disesuaikan dengan kelinci itu sendiri. Untuk mendapatkan makanan buatan ini, kamu bisa membelinya di petshop terdekat. Namun, jangan keseringan memberikan makanan ini. Jadikan saja makanan ini sebagai selingan saja.

Bagi Anda yang sedang membutuhkan makanan buatan untuk kelinci, vitamin, dan obat-obatan dalam jumlah kecil maupun besar, silahkan melakukan pemesanan melalui kolom komentar.

You Might Also Like

7 Comments

  1. 1

    mw dong beli pakan kelinci,.,,
    brp minimal beli pakan kelinci…..

  2. 2

    saya mau beli vit kelinci dong,1 harganya berapa ?

  3. 3

    1 karungnya berapa?

  4. 4

    Saya mau beli, satu karungnya berapa ?

  5. 5

    Brp hrg satu karungny?

  6. 6

    Mau beli vitamin kelincinya brp ya

  7. 7

    Mau beli kelinci lokal dimana y

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>