Dunia Fauna, Kura-kura

Makanan untuk Semua Jenis Kura-kura

forumjualbeli.com forumjualbeli.com

Kura kura merupakan jenis hewan peliharaan yang sangat lucu. Saya sendiri pernah memiliki hewan yang satu ini dan hampir setiap pagi, saya memperhatikan tingkah lakunya yang membuat saya tertawa karena sangat lucu. Perawatan hewan ini pun tidak terlalu sulit. Selain itu, hewan ini juga memiliki masa hidup yang cukup lama, yaitu sekitar 20 – 40 tahun. Umur kura kura juga dipengaruhi oleh cara kita merawatnya. Jika kita bisa rutin merawat dan menjaga kesehatan kura kura serta kita rutin memberikan makan terhadap kura kura, kemungkinan kura kura bisa hidup lebih lama dibandingkan jika kita tidak merawat dan memberi makan dengan baik.

Makanan kura kura biasa kita dapatkan di berbagai toko hewan terdekat. Karena saat ini sudah banyak toko hewan yang menjual makanan kura kura. Yang perlu kita perhatikan adalah memberikan makanan yang tepat untuk kura kita. Makanan kura kura ini dipengaruhui oleh umur dan jenis kura kura. Untuk itu, kita perlu mengetahui umur dan jenis kura kura kita agar kita lebih mudah menentukan makanan apa yang harus kita berikan terhadap kura kura kesayangan.

Secara umum, makanan kura kura dibagi menjadi dua macam, yaitu makan buatan dan makanan alami.

Makanan Buatan

Makanan buatan merupakan makanan yang dibuat oleh manusia dan dibentuk dalam ukuran tertentu yang sudah disesuaikan dengan usia dan jenis kura kura. Karena jenis makanan buatan ini cukup banyak. Selain itu, banyak juga merk merk makanan kura kura yang dijual dipasaran. Oleh karena itu, kita harus bisa menentukan makanan buatan seperti apa yang cocok untuk kura kura kita. Caranya adalah dengan mengetahui jenis dan umur kura kura peliharaan kita.

Makanan Alami

Makanan alami merupakan makanan yang sudah tersedia di alam. Kita hanya perlu mencari atau membeli di pasaran. Makanan alami yang dapat digunakan untuk makanan kura kura antara lain:

Sayuran dan Buah-buahan

Kebanyakan jenis kura kura termasuk dalam hewan pemakan sayuran. Biasanya, jenis kura kura tersebut adalah kura kura darat. Jika kura kura kita termasuk kura kura darat, maka kita bisa memberikan makan kura kura kita dengan sayuran dan buah buahan. Makanan yang bisa diberikan dalam sehari hari seperti sawi sawian, wortel, selada air, kangkung, daun kacang, kaktus oputia, labu air, daun dan bunga kembang sepatu, daun pakis dan jagung, daun dan bunga kenikir, labu kuning, dan zucchini. Untuk kura kura yang sudah dewasa, kita bisa memberikan makanan jagung dengan kulitnya.

Makanan yang bisa kita berikan hanya seminggu sekali seperti kacang panjang, toge, lidah buaya, kacang kapri, buncis, dan mentimun. Makanan makanan tersebut hanya boleh diberikan seminggu sekali karena makanan tersebut mengandung banyak protein yang dapat mengakibatkan pyramiding.

Sedangkan makanan yang tidak boleh diberikan adalah bunga kol, kubis, kecipir, bayam, brokoli, lobak, dan daun singkong karena tidak dapat dicerna oleh kura kura dan dapat menyebabkan gangguan pencernaan.

Ikan dan Daging Ayam

Sebagian kura kura juga suka sekali makan daging. Biasanya, kura kura seperti ini adalah kura kura air yang bisa makan daging dan sayuran. Daging yang paling disukai oleh kura kura adalah daging mentah. Tetapi, pemberian daging mentah ini tidak baik bagi kura kura karena dapat menyebabkan kegemukan pada kura kura dan dan tidak terdapat nutrisi yang dibutuhkan kura kura di daging mentah. Oleh karena itu, sebaiknya kita memasaknya terlebih dahulu sebelum diberikan ke kura kura peliharaan kita. Sedangkan, untuk pemberian ikan, jangan berikan ikan laut dan ikan beku ke kura kura karena hal ini dapat menyebabkan permasalahan dalam jangka panjang.

Serangga dan Cacing

Beberapa kura kura juga bisa diberi makan serangga seperti jangkrik dan cacing. Makanan tersebut sangat baik untuk kura kura kita, khususnya jenis kura kura brazil. Namun, jangan terlalu sering memberikan makanan ini.

Tulang Sotong

Tulang sotong juga sangat bagus untuk kura kura kita sebagai sumber kalsium. Tulang sotong ini dapat kita dapatkan di toko hewan dan juga toko burung. Karena tulang sotong ini juga digunakan untuk makanan burung.

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>