Bahasa Inggris

Makanan yang Bisa Mengontrol Emosi Anda

pixabay.com

Makanan yang Bisa Mengontrol Emosi Anda – Makanan Yang Bisa Mengontrol Emosi Anda, di dalam otak kita, terdapat hormon atau senyawa kimia yang dikenal sebagai serotonin. Hormon ini bertanggung jawab dalam mengendalikan suasana hati atau mood, pola makan, perilaku, sampai rasa sakit.

Bila hari – hari anda dipenuhi dengan ketidak nyamanan cobalah untuk mengkonsumsi makan – makanan yang bisa menjadikan pikiran, hati anda bisa lebih tenang. Biasanya kita tau bahwa coklat dapat membantu dalam menenangkan otak dan hati, tapi sebenarnya bukan hanya coklat saja tetapi ada juga makan – makanan yang dapat membantu dalam mengontrol emosi anda, Juga membantu depresi, menangani stres, dan gangguan – gangguan lainnya.

Selain serotonin, senyawa lain yang ikut mempengaruhi emosi adalah noradrenalin. Uniknya, serotonin dibentuk dari zat – zat esensial yang ada pada makanan, sehingga keseimbangan hormon ini pun sangat bergantung pada makanan yang kita makan.

Saat bangun tidur di pagi hari, kadar serotonin tubuh sangat rendah, karena telah terpakai pada malam harinya. Padahal, untuk memulai hari dengan mood yang bagus dan perasaan  yang tenang, tubuh harus dipersiapkan dengan sebaik mungkin.

Sebenarnya kadar dari serotonin yang diperlukan tidak terlalu rendah, dan sebenarnya juga tidak terlalu tinggi. Zat utama dari makanan yang membentuk serotonin adalah asam amino triptofon. Dan sumber dari triptofon yang cukup baik adalah protein yang baik seperti protein nabati yang rendah lemak juga seperti kacang –kacangan, telur, beras merah, yogurt.

Proses pembentukan serotonin juga sangat bergantung pada kecukupan vitamin dan mineral seperti vitamin B1, B2, B12, asam folat dan magnesium. Mengkombinasi makanan dengan mengandung protein yang baik dapat kita lakukan mulai dari sekarang.

Apabila anda yang suka sarapan dengan nasi, mulai sekarang pada saat sarapan mengkombinasi dengan triptofan dan karbohidrat, jadi setelah makan nasi atau roti atau apapun yang mengandung karbohidrat imbangi dengan makan buah – buahan atau bisa mengkonsumsi juga yogurt  jadi kebutuhan akan vitamin, serat, enzim, dan lain – lain tetap dapat terpenuhi. Sekarang kita tau bahwa mengkonsumsi protein yang baik dapat membantu menurunkan emosi pada diri anda.

Sekian info tentang Makanan Yang Bisa Mengontrol Emosi Anda, semoga bermanfaat bagi anda. Terima kasihYuk Kasih Komentarnya.

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>