Dunia Ikan, Ikan Koki

Mengenal Ikan Koki Mutiara

fotohewan.info fotohewan.info

Ikan Koki Mutiara Atau Ikan Koki Mas Mutiara – Kalau kita membahas ikan koki atau ikan mas koki tidak akan ada habisnya. Selain jenisnya yang sangat beragam, ikan ini juga memiliki keunikan tersendiri disetiap jenis ikan. Salah satunya adalah jenis ikan koki mutiara.

Ikan koki mutiara atau ikan mas koki mutiara mmempunyai beberapa keunikan yang tidak dimiliki oleh jenis ikan koki lainnya. Untuk mengetahui secara detail tentang ikan koki mutiara, mari kita mengenal lebih jauh ciri-ciri dan keunikan yang dimiliki oleh ikan koki mutiara ini.

Bentuknya yang Aneh

Ikan koki mutiara mempunyai keunikan tersendiri dibandingkan dengan jenis ikan koki lainnya. Sehingga, jenis ikan koki mutiara ini sangat mudah dikenali meskipun kita jarang sekali melihat ikan ini dan kita belum mengetahui secara detail ciri-cirinya.

Bagian yang menjadi ciri khas ikan ini sehingga banyak dikenali oleh banyak orang adalah sisiknya yang timbul dan membentuk seperti mutiara. Oleh karena itu, jenis ikan ini dinamakan ikan koki mutiara atau ikan mas koki mutiara. Selain itu, ikan koki mutiara memiliki perut yang besar dan bulat seperti bola. Ukuran mulut dan kepalanya kecil, ukuran ekornya pendek namun sedikit melebar. Hal ini sangat kontras sekali dengan ukuran badannya atau perutnya.

Untuk warna ikan koki mutiara, banyak sekali ragam warna yang dimiliki oleh jenis ikan koki ini. Namun terdapat beberapa warna yang sudah cukup terkenal di kalangan para pecinta ikan hias. Warna-warna tersebut adalah merah keemasan, kombinasi merah dan putih, kuning, putih polos, marbel atau belang, rasket (kombinasi warna merah dan putih, namun bentuk kombinasi warnanya menyerupai jenis ikan koki kaliko), dan hitam polos.

Warna hitam polos sebenarnya bukan hitam pekat. Namun hitam kehijauhan. Dan ikan koki mutiara yang paling langka adalah ikan koki mutiara yang memiliki warna hitam polos. Selain itu, dilihat dari bentuk kepalanya, ikan ini dibagi menjadi dua varian, yaitu koki mutiara berjambul dan koki mutiara tidak berjambul. Ikan koki mutiara berjambul terlihat lebih aneh daripada ikan koki mutiara tidak berjambul. Namun ikan koki mutiara berjambul dinilai lebih indah dibandingkan dengan ikan mutiara tidak berjambul. oleh karena itu, harga ikan koki mutiara berjambul lebih mahal dibandingkan dengan ikan koki mutiara tidak berjambul.

Ikan Mas Koki Mutiara yang Berkualitas

Para pecinta ikan koki menilah bahwa ikan koki utiara yang berkualitas adalah ikan koki mutiara yang memiliki bentuk badan secara keseluruhan bulat dan sisik-sisiknya menonjol seperti mutiara. Sedangkan, ikan koki mutiara yang memiliki bentuk badan yang sedikit memanjang dianggap memiliki kualitas yang kurang baik. Namun, beberapa pedangan ikan koki menyatakan bahwa ikan mas koki mutiara yang memiliki bentuk tubuh bulat merupakan ikan koki mutiara betina. Sedangkan, ikan koki mutiara yang memiliki tubuh agak memanjang merupakan ikan koki mutiara jantan.

Untuk mengetahui jenis kelamin ikan koki mutiara ini secara detail, terdapat beberapa hal yang pelu diperhatikan, yaitu koki mutiara betina dan jantan bisa dibedakan melalui warna sirip di dekat kepala. Ikan koi mutiara jantan memiliki bintik-bintik putih yang agak menonjol dibagian sirip di dekat kepalanya, sedangkan ikan koki mutiara betina tidak memiliki ciri-ciri tesebut.

Perawatan Ikan Mas Koki Mutiara

Perawatan ikan koki mutiara ini tidak ada bedanya dengan ikan koki lainnya. Kita hanya perlu mengetahui cara-caranya dalam merawat ikan koki ini. Kemungkinan besar, ikan akan hidup normal dan tetap sehat. Ada beberapa yang perlu diperhatikan agar koki mutiara kita dapat hidup normal dan sehat. Yang pertama, Berikanlah makanan yang secukupnya saja agar makanan tersebut tidak tersisa dan tidak mengotori air akuarium. Karena sisa makanan tersebut dapat mengotori air dan dapat menimbulkan berbagai penyakit yang dapat membahayakan kesehatan si ikan.

Yang kedua, perhatikanlah kualitas dan kebersihan air akuarium. Jika air sudah kotor, sebaiknya langsung diganti saja dan kotoran yang mengendap di bawah akuarium langsung dibersihkan. Untuk mengganti air akuarium, sebaiknya air penggantinya diendapkan terlebih dahulu selama dua malam jika menggunakan air sumur.

Yang ketiga adalah sesuaikan jumlah ikan yang dipelihara dengan ukuran akuarium. Memang, ikan koki, khususnya koki mutiara lebih baik dipelihara secara kelompok. Namun, jika kita memelihara terlalu banyak dan tidak sesuai dengan ukuran akuarium, maka hal ini dapat mengakibatkan pertumbuhan ikan kurang berjalan dengan baik dan kemungkinan dapat menggangu kesehatan ikan itu sendiri.

Harga ikan Koki Mutiara

Harga ikan koki mutiara sangat bervariasi. hal ini tergantung pada ukuran, kualitas, dan kelangkaan atau penampilannya istimewa. Biasanya, ikan koki mutiara yang memiliki ukuran sekitar 4-5 cm memiliki harga yang cukup murah. namun, ikan koki mutiara yang sudah siap dipelihara atau sudah terlihat keindahanya, biasanya memiliki harga yang cukup mahal dan ada juga yang harganya sangat mahal, yaitu koki mutiara yang tergolong langka dan istimewa. Biasanya, koki mutiara yang cukup langka tersebut adalah koki mutiara yang mempunyai warna hitam polos.

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>