Kerajinan

Mengenal Jenis-jenis Logam Mulia dan Sejarahnya

Emas

Mengenal Jenis-jenis Logam Mulia dan Sejarahnya – Logam apa yang pertama ditemukan?Berdasarkan urutan zaman, sebelum zaman perunggu terdapat zaman peralihan dari zaman batu, yaitu zaman tembaga. Senyawa tembaga mudah untuk direduksi sehingga manusia dapat dengan mudah mendapatkan logam dari bijihnya.

Selain itu, tembaga mudah ditempa dan dibentuk. Tembaga juga memiliki sifat sebagai penghantar panas yang baik dan tidak mudah berkarat. Oleh karena itu, sejak dulu manusia memanfaatkan peralatan dapur. Logam pertama kali ditemukan di Timur Tengah sekitar tahun 3.500 sebelum masehi dan digunakan secara luas sekitar 1.000 sebelum masehi.

Penemuan logam ini telah merubah kehidupan masyarakat dalam segala aspek. Salah satu perubahan paling utama adalah salah satu adalah pangadaban Timur Tengah. Saat itu, wilayah Timur Tengah telah menciptakan berbagai teknologi dan awalanya perdagangan. Beberapa daerah tidak mengalami zaman besi dari zaman batu.

Lalu, kapan dimulainya zaman perunggu?

id.wikipedia.org

id.wikipedia.org

Zaman perunggu menjadi awal sebuah peradaban. Peradaban pertama pada zaman perunggu berawal dari Sumeria di Mesopotamia. Kemudian, perunggu menyebar ke wilayah Eropa pada tahun 2.500 SM. Di Asia,  Afrika, dan Eropa wilayah ini juga disebut sebagai dunia lama, logam dibuat menjadi alat pertanian, kerajinan, dan senjata.

Di Cina ditemukan bejana yang terbuat dari perunggu untuk upacara berasal dari sekitar tahun 1.600 sebelum masehi. Penemuan menunjukkan bahwa tahun dimulainya zaman perunggu di Cina. Alat-alat dari perunggu yang ditemukan oleh para arkeologi ditemukan dalam keadaan utuh.

Hal ini membuktikan bahwa perunggu dapat tahan terhadap proses krosi atau karat. Perunggu memiliki tinggkat kekerasan yang tinggi dan merupakan logam campuran antara tembaga dan timah. Oleh karena itu, perunggu banyak digunakan sebagai perhiasan, patung, medali, dan peralatan rumah tangga.

Apakah emas merupakan logam paling mulia di dunia?

klikkabar.com

klikkabar.com

Keberadaan emas cukup langka di dunia sehingga dapat dikategorikan sebagai logam mulia. Sifatnya yang langka membuat emas melambangkan kekayaan. Emas telah menjadi bahan perhiasan sejak dulu zaman dahulu. Selain itu, logam mulia ini dapat digunakan sebagai mata uang atau sebagai cadangan untuk mendukung mata uang suatu Negara.

Pada kulit bumi merupakan logam bebas yang bercampur dengan bijih logam lainnya. Setelah mengalami tiga tahap pemrosesan maka akan terbentuknya emas murni. Dadar emas dinyatakan dalam karat. Emas murni bernilai 24 karat. Jika emas tersebut bernilai 20 karat, artinya 20 bagian dari emas adalah emas dan 4 bagian lainnya adalah logam lainnya.

Platina

eggz-geologirls.blogspot.com

eggz-geologirls.blogspot.com

Logam mulia lainnya adalah plantina. Selain sifatnya yang langka, platina harus mengalami proses ekstrasi yang sangat rumit karena bijih platina bercampur dengan logam lainnya, seperti emas dan paladium. Kerumitan pembuatan platina menjadikan platina menjadi logam yang tidak biasa dibuat di laboraturium.

Proses ekstrasi logam ini merupakan produk utama suatu industri atau hanya diproduksi sebagai produk simpangan. Suatu industri secara khusus menghasilkan platina karena industri tersebut memerlukan platina sebagai katalitas untuk reaksi kimia lainnya.

Jadi siapakah penemu kedua logam paling mulia ini?

tradingminded.blogspot.com

tradingminded.blogspot.com

Emas telah digunakan oleh manusia sejak 4.000 SM. Masyarakat pada masa itu telah menggunakan emas sebagai bahan kerajinan. Kemudian, pada tahun 850 SM, emas menjadi mata uang yang digunakan dalam perdagangan. System ini pertama kali digunakan Anatolia Turki Asia. Pada abad ke-1 masehi, Mesir menjadi pusat produksi kerajinan emas.

Sejak emas tidak berhenti disana saja. Setelah ditemukan emas besar di Brazil dan Rusia pada abad ke-18 masehi, manusia terus memburu emas dan menjadikanya symbol kekayaan. Terjadinya beberapa `Demam Emas ` di dunia di antaranya adalah demam emas atau Gold Rush pertama kali di Amerika, dekat sungai Sacramento, California dan demam pertama kali di Afrika, wilayah Witwatersrand. Witwatersrand manjadi tambang emas terbesar dalam sejarah. Tambang emas ini memasok 24-40% kebutuhan emas dunia hingga tahun 1985.

Perak

www.triptrus.com

www.triptrus.com

Sementara itu, Julius Scaligaer menjadi orang yang pertama kali menemukan unsur-unsur platina pada tahun 1735. Scaliger adalah seorang ilmuwan Italia yang lahir pada tahun 1716 dan meninggal pada tahun 1795.

Karena warnanya yang seperti perak maka nama platina diambil dari bahasa Spanyol, plata yang berarti perak. Platina banyak digunakan dalam bentuk perhiasan peralatan laboraturium. Hal ini disebabkan karena platina memiliki sifat tahan panas dan bahan kimia. Selain itu, platina juga digunakan dalam peralatan listrik sebagai titik kontak.

Timah

print.kompas.com

print.kompas.com

Tahukah kamu? Pada tahu 3.500 sebelum masehi, penduduk kota Mesopotamia Utara yang kini menjadi Irak juga telah mememukan timah. Masyarakat wilayah ini, menggunakan timah yang dicampur dengan tembaga untuk membuat perunggu. Timah menjadi kualitas terbaik di dunia diproduksi di Mentok, pulau Bangka. Timah Bangka ini memiliki kemurnian 99,9%

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>