Dunia Ikan, Ikan Cupang

Mengenal Lebih Jauh Ikan Cupang Plakat

planet-ikan.blogspot.com planet-ikan.blogspot.com

Dunia ikan hias cupang saat ini semakin menarik dengan hadirnya jenis ikan cupang Plakat. Awalnya, ikan cupang hanya didominasi dengan ikan aduan. Namun, seiring perjalanan waktu, banyak orang yang tertarik menjadikan ikan cupang sebagai ikan hias. Oleh karena itu, para breeder berusaha mengawinkan ikan cupang dengan jenis ikan cupang lainnya yang bertujuan untuk menghasilkan ikan yang mempunyai tampilan menarik. Jerih payah para breeder untuk mencetak ikan cupang hias berhasil dengan munculnya ikan cupang yang mempunyai corak warna bervariasi. Ikan cupang tersebut berasal dari Thailand, seperti ikan cupang Serit dan Halfmoon. Sekarang, muncul jenis ikan cupang baru yang semakin menarik, yaitu ikan cupang Plakat.

Ikan cupang Plakat merupakan jenis ikan cupang hias yang memiliki ekor pendek atau biasa di sebut ikan cupang ekor pendek. Nama “Plakat” berasal dari bahagas Thai, yakni “Plakad” yang mempunyai arti ikan aduan. Di Thailand, istilah Plakat digunakan untuk menyebut ikan cupang aduan ekor pendek. Ikan ini memiliki penampilan yang sangat menarik, sehingga mudah diterima oleh para pecinta ikan cupang di seluruh dunia, termasuk di Indonesia.

Ikan cupang Plakat pertama kali hadir di Indonesia pada tahun 2000-an. Sebelumnya, ikan cupang yang hadir di Indonesia didominasi oleh ikan cupang Serit dan Halfmoon. Ikan cupang Plakat ini pertama kali diperkenalkan di Indonesia oleh Henry Gunawan, Hermanus & Joty Atmadjaja. Ikan ini diperkenalkan di Indonesia dengan tujuan untuk melawan boomingnya ikan Louhan. Semenjak itu, ikan ini semakin dikenal dan diminati oleh banyak orang karena tampilannya yang jauh lebih indah dan menarik.

Ikan cupang Plakat pertama kali muncul memiliki ekor berbentuk sperti spade tail dengan tulang ekor dua cabang. Ikan cupang yang memiliki ciri-ciri tersebut biasanya disebut ikan cupang Plakat tradisional.Saat ini, ikan cupang Plakat yang sudah beredar terdiri dari empat jenis, antara lain:

Ikan Cupang Plakat Fancy

Ikan cupang Plakat Fancy merupakan salah satu jenis cupang plakat yang memiliki banyak corak warna. Corak warna yang dimiliki paling sedikit sekitar 3 corak warna yang terdapat dibagian tubuh, ekor dan sirip ikan.

Ikan Cupang Plakat Koi

Ikan cupang Plakat Koi merupakan salah satu jenis cupang plakat yang memiliki corak warna seperti ikan koi. Oleh karena itu, jenis ikan cupang ini dinamakan plakat Koi.

Ikan Cupang Plakat Giant

Ikan cupang Plakat Giant merupakan salah satu jenis cupang plakat yang memiliki ukuran paling besar diantara ikan cupang lainnya. Panjang tubuh ikan cupang Plakat Giant ini beisa mencapai 15 cm.

Ikan Cupang Plakat Halfmoon

Ikan cupang Plakat Halfmoon merupakan salah satu jenis cupang plakat yang tertua di Indonesia dibandingkan dengan ketiga jenis ikan cupang plakat lainnya.

Sejarah Ikan Cupang Plakat

Dalam perkembangannya, ikan cupang Plakat dikawinkan dengan ikan cupang Halfmoon. Hasil perkawinan tersebut menghasilkan ikan cupang Plakat yang memiliki bentuk ekor seperti Halfmoon, namun ekornya memiliki ukuran yang lebih pendek daripada ikan cupang Halfmoon. Sehingga ikan cupang jenis ini dinamakan ikan cupang Plakat Halfmoon.

Ada juga ikan cupang Plakat yang sengaja dikembangkan dengan tujuan agar ikan cupang memiliki tubuh yang besar dan menarik. Lahirlah ikan cupang Plakat yang memiliki ukuran jauh lebih besar dibandingkan ikan cupang Plakat lainnya dan tetap memiliki ciri khas ikan cupang Plakat. Ikan cupang Plakat ini dinamakan ikan cupang Plakat Giant. Pada pertama kali, ikan ini diperkenalkan di sebuah acara pameran yaitu Jakarta International Betta Show 2007 di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat. Ikan cupang ini dihargai dengan harga yang cukup fantastis yakni US$1000 atau setara dengan Rp10.000.000,00 pada saat ini.

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>