Kesehatan

Nutrisi Untuk Pengobatan Patah Tulang

www.spesialisanemia.web.id www.spesialisanemia.web.id

Nutrisi Untuk Pengobatan Patah Tulang – Patah tulang adalah sebuah hal yang menyakitkan, apalagi jika patah tulang yang terjadi cukup besar. Demikian juga, retak tulang pun menyakitkan, terlebih jika retak yang terjadi cukup lebar. Keduanya, tentu tidak kita inginkan terjadi dan menimpa kepada diri kita ataupun keluarga kita.

Akan tetapi jika suatu saat hal tersebut menimpa kita, jangan khawatir, karena patah tulang dan retak tulang bukanlah sebuah masalah yang tidak dapat disembuhkan. Dengan perawatan yang optimal dan konsumsi nutrisi yang juga baik, tulang dapat kembali normal dengan lebih cepat. Nutrisi apa saja contohnya? Berikut beberapa di antaranya.

Protein

readyshreddy.com

readyshreddy.com

Salah satu nutrisi yang paling penting untuk segera dipenuhi jika tertimpa kasus patah tulang atau retak tulang adalah protein. Protein seperti kita tahu adalah salah satu bahan baku utama untuk membentuk jaringan tubuh, seperti sel-sel darah, kulit dan juga otot. Dan tidak lupa juga, protein membantu dalam proses penyatuan kembali tulang yang sebelumnya terpisah karena retak atau patah.

Dijelaskan dalam website Dietetics, bahwa tubuh kita memerlukan protein lebih banyak saat terkena luka. Kekurangan protein dapat menyebabkan luka yang diderita menjadi memerlukan waktu lebih lama untuk dapat sembuh. Protein banyak terdapat di dalam berbagai jenis ikan, kacang-kacangan, alpukat,ayam, telur dan daging sapi. Produk berbasis susu pun banyak mengandung protein.

Kalsium

www.infiline.com

www.infiline.com

Kalsium adalah salah satu nutrien yang paling penting yang perlu untuk dikonsumsi selama proses penyembuhan dari sakit patah tulang atau retak tulang. Mengapa demikian? Hal itu dikarenakan kalsium dapat membantu untuk memperkuat tulang kita dan juga mencegah hilangnya massa tulang (osteoporosis), seperti dijelaskan drugs.com. Di samping itu, kalsium juga diperlukan untuk membantu pertumbuhan tulang.

Dalam kondisi normal, kita membutuhkan sekitar 1.000 miligram kalsium setiap harinya. Akan tetapi pada kasus orang yang menderita patah tulang atau retak tulang, sebaiknya dosis tersebut ditambah sesuai anjuran dokter spesialis yang dipercaya.Untuk menambah jumlah asupan kalsium di dalam tubuh, konsumsi yogurt, susu, keju, ikan dan berbagai sayuran dengan warna hijau tua.

Vitamin D

frontroll.com

frontroll.com

Selain kalsium, hal lainnya yang perlu untuk diperbanyak adalah konsumsi vitamin D. Mengapa perlu untuk memperbanyak jumlah asupan vitamin D? Hal itu dikarenakan kalsium saja tidak cukup, sebab kalsium tidak akan dapat diserap tubuh secara baik jika tubuh kekurangan vitamin D.

Vitamin D adalah salah satu nutrien yang bisa dikatakan tidak dapat dilepaskan dari kalsium. Dijelaskan oleh National Institute of Arthritis and Musculoskeletal and Skin Diseases, bahwa dalam setiap harinya tubuh orang dewasa kira-kira membutuhkan sekitar 1.000 miligram vitamin D.

Kebutuhan ini dapat dipenuhi dengan mengkonsumsi berbagai makanan kaya vitamin D seperti ikan, susu, keju, tomat, kedelai dan yogurt.

Silikon

qasehfirdaus.com

qasehfirdaus.com

Silikon adalah salah satu nutrien yang jarang disebut namanya.  Untuk yang terakhir ini, walaupun jarang disebut namanya akan tetapi ternyata memiliki peranan yang tidak kalah pentingnya untuk membantu perbaikan dan pertumbuhan tulang.

Seperti dijelaskan di dalam Journal of Bone and Mineral Research (2004), diketahui bahwa silikon memiliki kaitan yang positif dengan kepadatan tulang pada pria, dan pada wanita yang mendekati masa menopause.Untuk mendapatkan asupan silikon yang baik, konsumsi berbagai jenis serealia, buah dan juga sayuran. Konsumsi di negara barat mengandung sekitar 20-50 mg silikon per hari.

Demikian penjelasan tentang beberapa jenis nutrisi yang perlu diperhatikan yang dapat berfungsi sebagai obat patah tulang alami. Pastikan Anda mendapat perawatan eksternal yang tepat, dan tambahan nutrisi yang baik dari dalam tubuh supaya proses pengobatan menjadi lebih cepat.

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>