Seni

5 Pelukis Terkenal Dunia dengan Karya Fenomenal

improvedshakespeare.com

Seni adalah sesuatu yang tidak dapat didefinisikan yang merupakan perwujudan atau gambaran imajinasi seorang seniman. Meskipun demikian, seiring perjalanan waktu terjadi banyak perubahan gaya dalam seni lukis, beberapa seniman tetap menonjol karena dikenal akan karya besar dan kepopulerannya.

Karya-karya mereka yang mampu untuk mengispirasi banyak orang serta mengundang kekaguman yang mendalam akan karyanya diseluruh dunia. Berikut ini beberapa pelukis terkenal dengan lukisan fenomenal sehingga namanya terukir dalam sejarah.

Leonardo Da Vinci (15 April 1452 – 2 Mei 1519)

improvedshakespeare.com

improvedshakespeare.com

Leonardo da Vinci merupakan salah satu seniman paling berbakat periode Renaissance. Lukisan karya Leonardo da Vinci yang berjudul “Mona Lisa” adalah lukisan yang menjadi ikon seni di dunia dan ini terdaftar pada Guinnes Book of Records sebagai lukisan yang memiliki nilai tertanggung asuransi tertinggi.

Leonardo merupakan anak dari Ser Piero Da Vinci dan Caterina. Ia memiliki nama lengkap Leonardo di Ser Piero da Vinci yang berarti Leonardo putra Ser Piero dari kota Vinci. Pada tahun 1481 Leonardo pindah ke Milan untuk bekerja dengan Adipati (Duke) di sana.

Hasil karyanya selama di Milan yang paling termashur adalah Kuda Sforza yang dikerjakannya selama kurang lebih 11 tahun. Namun di situ ia tidak hanya melukis dan membuat patung saja, melainkan juga mengubah jalan-jalan sungai dan membangun kanal-kanal, serta menghibur Duke dengan memainkan lut dan bernyanyi. Lalu ia bekerja untuk Raja Louis XII dari Perancis di Milan dan untuk Paus Leo X di Roma.

Sementara itu ia membantu Raphael dan Michaelangelo dalam merancang katedral Santo Petrus. Leonardo da Vinci wafat di Clos Lucé, Perancis pada tanggal 2 Mei 1519, dan dimakamkan di Kapel St. Hubert di kastel Amboise, Perancis.

Baca juga: Lukisan 3D, Karya Seni Paling Menakjubkan yang Terlihat Seperti Nyata

Vincent Van Gogh (30 Maret 1853 – 29 Juli 1890)

www.austincnm.com

www.austincnm.com

Beberapa lukisan Vincent Willem Van Gogh berharga ratusan milyar rupiah bahkan mencapai triliunan rupiah. Seperti lukisannya yang berjudul “Portrait of Dr. Gachet” yang dibuat tahun 1889 dengan media oil on canvas berukuran 95 cm X 125 cm dilelang mencapai US $ 142,7 juta, sekitar Rp 1,56 triliun.

Lukisan ini berisi gambar seorang dokter bernama Dr. Paul Gachet yang merawat pelukis yaitu Vincent van Gogh pada akhir masa hidupnya. Ia baru menjadi seniman pada tahun 1880. Mulanya karya-karyanya menggunakan warna-warna yang suram.

Ketika dia tinggal di Aries Paris terpengaruh oleh gaya impresionisme dan post impresionisme, warna-warna lukisammya lebih cerah dan gaya lukisannya unik dan mudah dikenali. Termasuk karya seni yang terbaik, paling terkenal, dan paling mahal di dunia. Van Gogh dianggap sebagai salah satu pelukis terbesar dalam sejarah seni Eropa.

Baca juga: 7 Aliran Seni Lukis dan Karya Fenomenalnya yang Pernah Ada

Pablo Picasso (25 Oktober 1881 – 8 April 1973)

www.wikart.net

www.wikart.net

Pablo Ruiz Y Picasso dilahirkan tahun 1881 di kota Malaga, Spanyol. Tahun 1904 menetap di Paris. Picasso berkata mengenai cara dia melukis, “Bila kamu melukis cangkir, akan kutunjukan padamu bahwa bentuknya bundar; tapi itu sesuatu irama umum dan konstruksi lukisan memaksa aku menunjukan bahwa yang namanya bundar itu sebagai sesuatu yang persegi.”

Gaya seni Picasso dikagumi karena imajinasinya, vitalitasnya dan kepercayaannya terhadap dunia luar. Dia merupakan tokoh utama dalam seni modern dan tokoh central dalam perkembangan “Kubisme” dan dia juga ternama karena kebrilianan otak serta kemampuan tekniknya.

Sepanjang usianya dia sudah mencipta lebih dari 20.000 hasil seni yang mencengangkan. Mungkin tak ada pelukis dalam sejarah yang sanggup melakukan karya dengan kualitas begitu tinggi dengan banyak cara dan gaya. Karyanya selalu mencapai harga tinggi, karena itu dia menjadi orang yang amat kaya raya. Lukisannya dapat dikategorikan ke dalam berbagai periode seperti Periode Biru, Periode Mawar, dan Kubisme Analitik.

Baca juga: Gambar Lukisan Hasil Tangan-tangan Kreatif

Rembrandt Van Rijn (1606 – 1669)

www.fineart-china.com

www.fineart-china.com

Rembrandt Harmenszoon van Rijn lahir di Leiden. Pada usia 14 tahun Rembrandt mendaftarkan diri pada universitas Leiden, namun ia putus kuliah pada tahun yang sama dan magang di studio Jacob van Swanenburgh. Pada usia 17 ia pergi ke Amsterdam dan belajar bersama pelukis sejarah Pieter Lastman. Rembrandt menciptakan lebih dari 600 lukisan, dengan kira-kira 60 buah diantaranya adalah lukisan potret.

Lukisan seniman Belanda, Rembrandt, yang tak pernah diperlihatkan publik, laku dalam pelelangan di London seharga US$45,7 juta yang memecahkan rekor termahal. “Lukisan itu bertajuk Portrait of a man, half-length, with his arms akimbo dan dibuat Rembrandt pada 1658. Ini merupakan harga tertinggi untuk sebuah lukisan karyanya,” demikian pernyataan rumah lelang Christie’s, seperti dilansir Reuters, Rabu September 2012.

Karya Rembrandt adalah bintang lukisan di rumah lelang Christie’s, senantiasa diminati para kolektor kaya raya mancanegara. Lukisan Rembrandt van Rijn lainnya yang berjudul “Penjaga Malam” dibuat tahun 1642 dan sangat terkenal. Lukisan setinggi 12 kaki dan panjang 14 kaki. Lukisan itu mengenai Penjaga Malam sekelompok penduduk kota Amsterdam yang digambarkan sebagai para pengawal Kapten Frans Banning Cocq.

Baca juga: Cara Melukis Wajah dengan Menggunakan Teknik Dasar

Paul Cazanne

www.biography.com

www.biography.com

Lukisan Paul Cezanne yang berjudul “Still Life with Jug and Drapery” laku terjual US $ 60,205 juta pada bulan Mei 1999. Itu salah satu karya dari beberapa karya Paul Cezanne yang memiliki nilai tertinggi. Lukisan karya Paul Cezanne ini merupakan lukisan termahal yang pernah dijual, yaitu sekitar 260 juta dollar pada April 2011.

Pembeli lukisan ini adalah Royal Family of Qatar. Paul Cézanne lahir di Aix-en-Provence, salah satu bagian dari daerah selatan Perancis pada 19 Januari 1839 dan meninggal 22 Oktober 1906 di wilayah kelahirannya pada usia 67 tahun. Masa 1859 hingga 1861 dihabiskan Cézanne untuk mendalami bidang hukum di Aixm.

Namun, bidang hukum ditinggalkannya, kemudian pindah ke Paris untuk mengembangkan dunia seni lukis. Cezanne adalah pelukis Perancis yang hidup pada masa Post Impresionisme. Karyanya merupakan peralihan dari konsep seni abad 19 menuju kebebasan mutlak seni pada abad 20.

Jiwanya yg inovatif dan selalu melakukan perubahan tercermin pada karyanya, pemberontakan terhadap paham impresionisme yang saat itu sedang populer. Hal ini menjadi inspirasi seniman pembaharu seperti gaya kubisme Picasso, meskipun gaya Cezanne sendiri belum bisa disebut kubisme.

Karyanya juga menginspirasi seniman fauvisme. Bagi kalangan seni modern pada abad 20, Cézanne adalah bapak konsep kesenian modern. Pablo Picasso memanggilnya “Bapak bagi kita semua”. (Baca juga: Deretan Lukisan Termahal di Dunia Sepanjang Sejarah)

You Might Also Like

One comment

  1. 1

    hebatlhhh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>