Seni, Umum

Pengertian Seni Rupa Terapan dan Contoh Gambar Seni Rupa Terapan

www.triptrus.com

Setiap hari kita melihat hasil karya seni rupa terapan. Karena karya seni rupa ini banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Selain memiliki nilai seni, karya seni rupa terapan juga memiliki fungsi di kehidupan kita sehari-hari. Biasanya sebuah karya seni akan dipajang atau menjadi hiasan di rumah. Namun, untuk karya seni rupa terapan memiliki fungsi yang lebih dari itu, yaitu digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Hal ini sama dengan seni grafis. Beberapa contoh dari karya seni rupa terapan adalah batik, kursi, rumah adat, dan sebagainya.

Pengertian Seni Rupa Terapan

Seni rupa terapan merupakan karya seni yang tidak hanya digunakan sebagai hiasan atau pajangan saja di rumah, namun dapat memberikan manfaat lain bagi kehidupan sehari-hari. Karya seni terapan ini lebih cenderung dibuat untuk memenuhi kebutuhan manusia. (Baca Juga: Alat Musik Ritmis)

Seni rupa terapan ini sangat berbeda dengan seni rupa murni. Seni rupa terapan cenderung memiliki fungsi untuk memenuhi kebutuhan manusia. Sedangakan, seni rupa murni lebih digunakan untuk hiasan atau pajangan.

Seni rupa terapan terdiri dari kata seni, rupa, dan terapan. Kata seni ini sulit untuk dijelaskan dan dinilai. Karena setiap orang memiliki pendapat tersendiri mengenai seni. Sedangkan, seni rupa memiliki pengertian cabang seni yang membentuk karya seni dengan media yang bisa ditangkap mata dan dirasakan dengan rabaan atau seni yang memiliki bentuk. Terapan memiliki arti digunakan atau diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Jadi, seni rupa terapan memiliki makna suatu karya seni yang berbentuk dan dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Sejarah Seni Rupa Terapan

Seni rupa terapan ini sudah sangat lama berkembang di Indonesia sejak jaman prasejarah. Saat nenek moyang bangsa Indonesia menggunakan kapak batu dan tulang untuk berburu.

Seni rupa terapan terus berkembang di indonesia dan perkembangan yang sangat pesat terjadi pada saat nenek moyang mampu meleburkan logam untuk dijadikan senjata dan perhisan. Selain itu, terdapat beberapa peralatan rumah tangga yang terbuat dari logam seperti bejana, moko neraka, dan sebagainya.

Makna Karya Seni Rupa Terapan

Karya seni rupa terapan dinamakan juga dengan karya seni aplikatif, yaitu suatu karya seni yang dapat diaplikasikan dan memiliki fungsi tertentu dalam kehidupan sehari-hari, seperti peralatan rumah tangga, perlengkapan ibadah, perhiasan, pakaian, dan sebagainya.

Jenis-Jenis Seni Rupa Terapan

Karya seni rupa terapan ini dibagi menjadi beberapa jenis. Berikut beberapa jenis karya seni terapan.

Seni Bangunan atau Arsitektur

Seni bangunan atau arsitektur merupakan seni rupa terapan yang berupa tempat tinggal, tempat ibadah, kantor, dan sebagainnya.

Seni Dekorasi

Seni rupa dekorasi merupakan seni rupa terapan yang biasa digunakan untuk menghias sebuah ruangan. Seni rupa dekorasi ini sering kita jumpai dalam acara pernikahan, pertunjukan, pameran, dan sebagainya.

Seni Ilustrasi

Seni ilustrasi adalah suatu gambar atau foto yang berfungsi untuk menjelaskan sesuatu naskah. Hal ini sering digunakan dalam buku pelajaran anak SD. Dengan adanya gambar atau foto ilustrasi, pembaca bisa lebih terbantu untuk memahami naskah tersebut. Karya seni ilustrasi ini termasuk dalam karya seni rupa 2 dimensi.

Seni Kriya Terapan.

Seni kriya terapan merupakan karya seni kerajinan yang memiliki fungsi untuk kepentingan praktis. Karya seni kriya ini termasuk dalam seni rupa 3 dimensi.

Seni Grafis Terapan

Karya seni grafis terapan merupakan karya seni yang memiliki fungsi sebagai media atau alat komunikasi.

Pembagian Karya Seni Rupa Terapan

Untuk lebih mudah memahami karya seni rupa terapan, kita bisa membagi menjadi beberapa kategori seperti kategori karya seni terapan menurut fungsinya, wujudnya, dan bentuknya.

Seni rupa Terapan Berdasarkan Fungsi

Karya seni rupa terapan mempunyai 2 (dua) fungsi. Fungsi tersebut antara lain:

Fungsi Praktis (kegunaan)

Yaitu suatu karya seni terapan yang mempunyai fungsi sebagai benda pakai atau digunakan untuk kehidupan sehari-hari. Misalnya saja lemari, meja, kursi, perabotan rumah tangga, dan sebagainnya.

Fungsi Estetis (Keindahan)

Yaitu suatu karya seni rupa yang mempunyai fungsi sebagai hiasan saja. Misalnya saja hiasan dinding, benda-benda kerajinan, karya batik, dan sebagainnya.

Seni Rupa Terapan Berdasarkan Wujudnya

Karya seni rupa terapan dapat digolongkan menjadi 2 (dua) berdasarkan wujud fisiknya, antara lain:

Karya Seni Rupa Terapan Dua Dimensi (Dwimatra)

Karya seni rupa terapan dua dimensi adalah suatu karya seni rupa yang memiliki ukuran panjang dan lebar serta hanya dapat dilihat dari satu arah. Misalnya, tenun, wayang kulit, dan batik.

Karya Seni Rupa Terapan Tiga Dimensi (Trimatra)

Karya seni rupa terapan tiga dimensi adalah suatu karya seni rupa yang bisa dilihat dari berbagai arah dan memiliki ruang. Misalnya, senjata tradisional, rumah adat, dan sebagainya.

Seni Rupa Terapan Berdasarkan Bentuknya

Karya seni rupa terapan yang ada di Indonesia memiliki banyak ragamnya. Dalam hal ini, kami membaginya menjadi empat kategori, yaitu Rumah adat, Senjata Tradisional, Transportasi Tradisional, dan Seni Kriya.

Contoh Seni Rupa Terapan

Berikut ini beberapa contoh karya seni rupa terapan yang terdapat di Indonesia.

Arsitektur

batasnusa.com

batasnusa.com

Salah satu karya seni terapan yang sangat terkenal di Indonesia, khususnya Pulau Jawa adalah candi borobudur. Candi borobudur merupakan salah satu karya seni terapan yang sangat menakjubkan, bahkan karya peminggalan nenek moyang kita ini menjadi salah satu keajaiban di dunia.

[signinlocker][/signinlocker]

Poster

persip99.xtgem.com

persip99.xtgem.com

Poster atau plakat merupakan desain grafis yang memuat gambar dan huruf di kertas dengan ukuran yang besar. Karya seni posditempel di dinding rumah atau kamarnya.
Poster juga bisa digunakan untuk alat atau media beriklan, propaganda, pendidikan, dan sebagainya.[sociallocker][/sociallocker]

Keramik

commons.wikimedia.org

commons.wikimedia.org

Keramik merupakan nama yang berasal dari bahasa Yunani yaitu keramikos. Keramikos. Memiliki arti suatu bentuk yang terbuat dari tanah liat yang sudah mengalami proses pembakaran. Sedangkan, dalam kamus dan ensiklopedia tahun 1950-an mendefinisikan keramik sebagai suatu hasil seni dan teknologi untuk menghasilkan barang dari tanah liat yang dibakar, seperti porselin, genteng, gerabah, dan sebagainya. Namun, pengertian tersebut sudah tidak dapat digunakan lagi karena saat ini keramik tidak hanya terbuat dari tanah liat saja. Pengertian keramik saat ini yaitu semua karya atau kerajinan yang mencakup semua bahan bukan logam dan anorganik yang berbentuk padat. (Yusuf, 1998:2).

Baju / Pakaian

batiksendangunik.blogspot.com

batiksendangunik.blogspot.com

Pakaian yang kita kenakan sehari-hari termasuk dari seni rupa terapan dan Indonesia memiliki banyak pakaian yang bagus-bagus. Terdapat karya seni rupa terapan yang mengaggumkan di Indonesia seperti pakaian adat, batik, dan sebagainya.

Setiap daerah memiliki pakaian adat dan motif batik sendiri. Seperti pakaian adat Jawa Timur, Jawa Barat, Kalimatntan Timur, dan sebagainya. Hal ini menandakan bahwa masyarakat Indonesia sangat kreatif dan memiliki jiwa seni yang tinggi.

 

You Might Also Like

One comment

  1. 1

    makasih banyak informasinya mas, menambah ilmu baru lagi buat saya untuk memahami seni

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>