Umum

Penyebab dan Cara Mengobati Trypophobia

Trypophobia adalah jenis ketakutan pada pola berlubang yang berulang, kadang juga berornamen. Sedangkan phobia sendiri adalah ketakutan secara berlebihan pada suatu hal. Trypophobia secara umum dapat diartikan sebagai penyakit psikologis seperti merasa merinding, jijik, ngeri, gatal, dan takut berlebihan saat melihat lubang-lubang kecil seperti sarang lebah atau terumbu karang.

Penyakit Trypophobia

Seseorang yang menderita Trypophobia akan merasa begitu ketakutan saat melihat benda-benda berlubang. Ketakutan berlebih dapat menimbulkan keringat dingin, merinding, mual bahkan muntah-muntah. Hal tersebut disebabkan karena penderita trypophobia melihat lubang-lubang tersebut seperti seolah melihat hewan yang menjijikkan.

Istilah trypophobia untuk menggambarkan orang-orang yang memiliki ketakutan berlebih pada lubang. Ketakutan yang mampu membuat stres, sebab penderita percaya bahwa lubang –lubang kecil tersebut dapat tumbuh menjadi lubang besar di kulit. Ada beberapa kasus bahwa penderita trypophobia menjadi paranoid setelah tergigit serangga.

Menurut Arnold Wilkins dan Geoff Cole melakukan penelitian untuk pertama kali pada penderita Trypophobia, dan hasil dari penelitian tersebut memberi kesimpulan bahwa ketakutan lebih ke arah jijik, bukan rasa takut itu sendiri. Namun dalam hal ini banyak kalangan dokter yang tidak mengakui secara langsung bahwa Trypophobia adalah phobia sungguhan.

Penyebab Trypophobia

Sampai saat ini belum diketahui apa penyebab pasti penyakit trypophobia ini. Sedangkan gangguan ketakutan yang diderita disebut juga gangguan anxietas fobik. Secara umum orang yang memiliki gangguan ini akan nampak aneh di mata lingkungannya, sebab ia ketakutan pada sesuatu yang nampak tak wajar untuk ditakuti.

Sedangkan phobia sendiri berasal dari pikiran negative yang berasal dari diri sendiri. Hasil penelitian yang dilakukan oleh Universitas Essex di Inggris memberi kesimpulan bahwa, penyebab trypophobia adalah kemiripan lubang yang dilihat dengan benda-benda beracun.

Selain itu para ahli juga menyimpulkan bahwa penyebab dasar penyakit ini memang sudah ada sejak kecil dengan mulai merasa ngeri atau jijik saat melihat lubang-lubang tersebut. Sedangkan secara ilmiah, belum ditemukan secara pasti.

Gejala Trypophobia

Seorang penderita trypophobia akan mengalami trauma psikologis saat melihat lubang-lubang beraturan meskipun itu hanya gambaran dari sarang lebah. Efek yang ditimbulkan dari trauma ini bermacam-macam di antaranya:

  1. Panik secara luar biasa saat melihat lubang-lubang.
  2. Merasa merinding atau geli pada indra peraba (kulit)
  3. Jantung berdebar-debar kencang
  4. Jijik, merasa mual-mual, bahkan muntah
  5. Kepala pusing atau migrain.

Dari Merdeka.com bahwa gejala yang timbul akibat reaksi bawah sadar seseorang akibat rasa takut pada penyakit tertentu, contohnya penyakit cacar air yang meninggalkan bekas berupa lubang-lubang kecil di sekujur tubuh.

Terapi Penghilang Trypophobia

Phobia merupakan rasa takut yang berasal dari dalam diri, sehingga sangat dianjurkan untuk tidak berlama-lama menyimpan rasa takut tersebut, karena tentunya akan menyebabkan ketidaknyamanan dalam setiap aktivitas. Ada beberapa terapi yang dapat digunakan untuk menghilangkan penyakit trypophobia.

Di antara terapi yang dapat dilakukan yaitu dengan melakukan konsultasi neuro linguistik, konsultasi psikologis, dan pengecekan perilaku kognitif. Solusi lain dengan melakukan hipnoterapi yaitu menghilangkan rasa takut dengan cara hipnotis, atau menghilangkan rasa takut dari alam bawah sadar.

Adapun penjelasan dari terapi-terapi tersebut antara lain:

Terapi Kognitif

Terapi ini bertujuan untuk mengubah pola ketakutan. Para penderita akan meneliti perasaan mereka sendiri untuk memisahkan antara yang nyata dan tidak nyata.

Terapi Perilaku

Dengan cara mengontrol perilaku penderita. Dengan terapi perilaku maka penderita akan belajar untuk mengatasi ketakutannya saat melihat lubang-lubang kecil tersebut.

Cognitive Behavior Therapy

Dalam terapi ini penderita diajari ketrampilan cara-cara menghilangkan ketakutan tersebut, bisa dengan melihat gambar-gambar yang berhubungan dengan lubang sampai membuat ketrampilan yang berkaitan dengan hal tersebut.

Neuro Linguistic Programming

Dengan metode ini penderita akan melihat suatu program untuk mengurangi ketakutan, dan metode ini merupakan metode yang cukup efisien untuk mengurangi phobia dalam waktu yang tak terlalu lama dibandingkan metode yang lain.

Jika anda termasuk penderita trypophobia, maka sebaiknya anda segera mendaftarkan diri menjadi salah satu pasien terapi yang sudah disebutkan di atas, sebab menyimpan terlalu lama ketakutan yang berlebihan akan menganggu kenyamanan dan aktivitas kehidupan.

Video Trypophobia

Gambar Trypophobia

Gambar dibawah ini sangat tidak disarankan untuk kamu yang sedang mengalami trypophobia. Karena bisa membuat kamu merinding, pusing, mual, bahkan muntah.

www.youtube.com

www.youtube.com

youtube.com

youtube.com

www.alphr.com

www.alphr.com

deviantart.com

deviantart.com

cystbursting.com

cystbursting.com

 

 

 

 

 

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>