Pernikahan

Perlu Anda Ketahui Sebelum Memilih Band Pengiring Pernikahan

Musik Pernikahan

Perlu Anda Ketahui Sebelum Memilih Band Pengiring Pernikahan – Grup Musik/Band Pernikahan, Organ Tunggal, atau DJ?Anda sedang merencanakan pernikahan anda dan setelah begitu banyak pertimbangan anda memutuskan untuk menyewa grup musik yang akan bermain secara live ketimbang DJ, di Indonesia DJ pernikahan mungkin belum populer, yang ada adalah organ tunggal.

Sebelum anda menandatangani kontrak, lebih baik anda pertimbangkan terlebih dahulu. Atau anda mungkin akan berakhir dengan grup band pernikahan yang tidak bisa menarik tamu anda ikut berdansa/berjoget, yang bertarif mahal, atau yang tidak mendengarkan visi anda untuk pesta anda sendiri. Lantas apa yang harus dilakukan agar anda tidak salah memilih band pengiring pernikahan?

Berikut beberapa hal, panduan dan tips dari Denise Oliveira, co-founder Prequels.

Apakah hal pertama yang dibutuhkan sepasang calon pengantin untuk memilih grup musik di pernikahan mereka

id.tubgit.com

id.tubgit.com

Pasangan calon pengantin harus memutuskan jenis grup musik yang mereka inginkan. Salah satu pilihannya adalah dengan memilih grup musik tradisional. Tetapi ada pasangan yang ingin musik pop/alternatif modern, atau bahkan suasana mendekati klab malam, sehingga mereka mencari grup musik yang dapat memainkan musik rock indie atau hip hop.

Keuntungan dari menyewa grup musik dengan nuansa klab adalah para musisinya biasanya bermain bersama setiap waktu sehingga mereka memiliki sinergi dan kohesi yang juga menyatu dengan alat musik mereka. Dan juga, pasangan calon pengantin harus bisa benar-benar yakin bahwa mereka menyewa grup musik dengan pengalaman bermain di pesta pernikahan atau pesta-pesta pribadi.

Anda tentunya tidak ingin berakhir dengan band yang tidak punya pengalaman berkoordinasi dengan vendor pernikahan lain atau memahami bahwa lokasi pernikahan memiliki sound system yang memadai.

Bagaimana pasangan pengantin mengerucutkan pilihan band pengiring pernikahan dari sekian banyak pilihan?

Musik Pernikahan

Tentunya dibutuhkan banyak riset. Pasangan setidaknya harus mengunjungi beberapa tempat live music untuk mendengarkan grup musik bermain jika mereka ingin menggunakan grup musik lokal. Sangat penting untuk menyaksikan sebuah grup musik benar-benar bermain di hadapan penonton dan penting juga untuk mengecek websitenya (jika ada). Biasanya kualitas website dan iklan, berbanding lurus dengan kualitas band.

Sangat menolong juga bila anda melihat video-video mereka walaupun tidak sesempurna dengan menyaksikan secara langsung. Hal penting lain yang harus diperhatikan dari grup musik adalah apakah mereka memberi tanggapan kepada anda. Dan perhatikan dengan siapa anda bicara, apakah ketua grup musik sendiri atau hanya marketingnya. Anda tentunya ingin meyakini bahwa anda memiliki akses langsung kepada ketua grup musik tersebut untuk membicarakan seluruh proses.

Apa pertanyaan yang harus ditanyakan ketika sudah menemukan grup musik yang disukai?Pasangan yang sudah menemukan grup musik yang disukai harus membicarakan tentang sound dengan ketua dari grup musik. Beberapa lokasi memiliki sound sendiri dan tim produksi AV, tetapi kadang grup musik harus membawa sendiri sound system. Ini sangat penting untuk mengetahui apakah semua orang memiliki pemahaman yang sama.

Hal lain yang harus didiskusikan adalah volume dari musik. Kebanyakan pasangan ingin pesta pernikahan yang penuh dengan energi dan antusiasme, tetapi hampir setiap orang peduli dengan volumen suara musik, karena mereka ingin tamu mereka dapat mengobrol tanpa harus berteriak-teriak melawan musik.

Pertanyaan yang harus ditanyakan adalah, “Apa yang anda lakukan untuk memainkan musik pada volume suara yang sesuai, tetapi tetap dengan antusiasme?” Beberapa grup musik mungkin menjawab dengan berbagai peralatan pendukung yang besar, tetapi dalam ruangan yang kecil, itu tidak berguna. Apa yang anda inginkan adalah sebuah grup musik yang dapat menyediakan sebuah tata suara yang jernih dan jelas dengan energi yang besar, tetapi tanpa menenggelamkan seluruh percakapan tamu.

Apa lagi yang harus dierhatikan oleh pasangan calon pengantin?Kepribadian dari grup musiknya. Dalam kata lain, apakah para musisi mempunyai keramahan yang tulus? Jika iya, mereka akan bisa memukau di panggung. Ini sangat mudah bagi para musisi untuk terus bergerak, namun yang anda ingin temukan adalah grup musik yang pada suatu saat, berkonsentrasi dengan setiap nada dan juga bermain dengan ketulusan.

Setiap penampilan harus total 100% dan dari hati. Jangan ragu untuk menanyakan ketua grup musiknya tentang visi dari grup musik mereka dan bagaimana kerja mereka sebagai tim. Juga, sebelum menyewa, pasangan harus menanyakan ketua grup musik seberapa jauh dia dapat mengonsep grup musiknya untuk sebuah pesta pernikahan tertentu.

Banyak grup musik memberitahukan klien bahwa mereka harus memiliki ukuran grup musik tertentu, dengan instrument spesifik. Faktanya adalah setiap klien memiliki dana berbeda, dan grup musik harus bersedia untuk menyediakan akomodasinya. Anda ingin sebuah grup musik yang dapat memilih sendiri musisi mana yang dibutuhkan untuk bisa menyajikan tipe musik yang anda inginkan.

Apakah mitos terbesar tentang grup musik pernikahan?

jangerweddingorganizer.com

jangerweddingorganizer.com

Mitos terbesar? Bahwa dengan grup musik yang lebih besar, pesta pernikahan anda akan lebih baik. Anda tentunya tidak membutuhkan 12 band untuk terdengar hebat. Sebenarnya, ini semua datang dari ritme. Jika anda memiliki bassist dan drummer yang bermain dengan bagus dan dengan perasaan yang tepat, harmoni yang tepat, tamu-tamu anda pasti akan mulai berdansa.

Itulah yang mendefinisikan rasa dan energy dari sebuah grup musik. Lalu anda menambahkan vokalis yang hebat, dan anda menambahkan kekuatan musiknya. Lebih tidak selalu berarti baik. Utamakan kualitas daripada kuantitas. Pilihlah satu grup musik yang bisa membuat anda merasa ada dalam semangat, yang membuat anda ingin berdansa.

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>