Bahasa Inggris, Tenses

Present Continuous Tense

Gambar Present Continuous Tense Gambar Present Continuous Tense

Di Indonesia, kita mengenal 16 tenses. Biasanya, tense pertama yang dipelajari adalah simple present tense. Hal ini karena simpe present tense merupakan tense yang paling sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, dalam postingan kami sebelumnya, tense yang pertama kali kami bahas adalah simple present tense. Setelah simple present tense, pembahasan tense yang kedua yaitu present continuous tense. (Baca juga: Simple Present Tense)

Present Continuous Tense atau biasanya disebut juga Present Progressive Tense adalah tense yang digunakan untuk menyatakan sebuah aktivitas atau tindakan yang sedang berlangsung sekarang atau saat percakapan itu sedang berlangsung. Artinya, aktivitas tersebut sudah dimulai dan saat percakapan, aktivitas tersebut belum berakhir. Pada intinya, present continuous tense merupakan tense yang digunakan untuk menyatakan aktivitas yang sedang berlangsung. Meskipun masih banyak lagi penggunaan dalam tense ini yang nanti akan dibahas di bagian “Penggunaan Present Continuous Tense” di artikel ini.

Rumus Present Continuous Tense

present continuous tense

Rumus Present Continuous Tense

Keterangan:
  • Is digunakan untuk subjek she, he, it, dan nama benda tunggal.
  • Am digunakan untuk subjek I.
  • Are digunakan untuk subjek they, we, dan nama benda jamak.

Penggunaan Present Continuous Tense

Setiap buku mempunyai versi masing-masing mengenai jumlah penggunaan present continuous tense. Ada yang menyebutkan tiga, empat, bahkan lima penggunaan present continuous tense. Tetapi, penggunaan present continuous tense yang paling sering dibahas adalah empat penggunaan. Oleh karena itu, dalam artikel ini, kami akan menyebutkan dan membahas empat penggunaan present continuous tense.

Menyatakan Aktivitas Sekarang

Present continuous tense digunakan untuk menyatakan aktivitas yang sekarang sedang dikerjakan atau aktivitas sementara saja.

Contoh:

My friend is sleeping in my room now.

(teman saya sedang tidur di kamar saya sekarang)

My mother is cooking fried rice for breakfast in the kitchen now.

(Ibu saya sedang memasak nasi goreng untuk sarapan di dapur sekarang)

Menyatakan Perubahan atau Perkembangan Aktivitas

Present Continuous Tense

Gambar Ilustrasi Penggunaan Present Continuous Tense

Dalam bahasa inggris, kata “now” dapat diartikan sekarang, hari ini, bulan ini, tahun ini, abad ini, dan seterusnnya. Terkadang, kita menggunakan present continuous tense untuk menyatakan sebuah proses kegiatan yang membutuhkan waktu lama. Meskipun kita sedang tidak mengerjakan kegiatan tersebut pada saat percakapan terjadi.

Contoh:

I am writing a novel now.

(Saya sedang menulis sebuah novel sekarang)

Maksudnya adalah menulis novel tidak bisa diselesaikan dalam waktu yang singkat. Menulis novel membutuhkan waktu yang cukup lama. Mungkin selesainya bisa berbulan-bulan atau bahkan bisa bertahun-tahun. Dalam contoh diatas, misalnya saya menulis novel mulai bulan januari dan selesai bulan Desember, pada bulan Mei, teman saya bertanya “What is your activity now?”. Artinya, teman saya menanyakan aktivitas atau kesibukan saya pada tahun ini. Saya bisa menjawab “I am writing a novel now. Saya menjawab itu, meskipun saya tidak sedang menulis.

Menyatakan Rencana di Masa Depan

Terkadang, kita menggunakan present continuous tense untuk menyatakan sesuatu akan atau tidak akan terjadi dalam waktu dekat atau rencana dimasa depan yang sudah pasti waktunya.

Contoh:

She is not going to theater tonight.

(Dia tidak sedang pergi ke teater malam ini)

My friends are visiting me next weekend.

(Teman-teman saya akan mengunjungi saya akhir minggu depan)

Menyatakan Kejengkelan

Present continuous tense dapat digunakan untuk menyatakan sesuatu yang menjengkelkan terhadap sesuatu yang sering terjadi. Biasanya menggunakan kata “always” dan “constantly”.

Contoh:

He is always disturbing me.

(Dia selalu mengganggu saya)

She is constantly talking. I wish she would silent.

(Dia terus menerus berbicara. Saya berharap dia diam)

Demikian penjelasan lengkap mengenai present continuous tense. Semoga artikel ini dapat menambah ilmu dan wawasan Anda.

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>