Bahasa Inggris, Tenses

Present Perfect Continuous Tense

Present Perfect Continuous Tense Penggunaan Present Perfect Continuous Tense

Setelah kita membahas tense yang ketiga yaitu present perfect tense, kali ini mari kita membahas tense yang keempat yaitu present perfect continuous tense. Present perfect continuous tense merupakan tense yang digunakan untuk mengungkapkan aktivitas atau kejadian yang dilakukan dimasa lalu dan masih berlanjut di masa sekarang. Biasanya tense ini akan diikuti keterangan waktu untuk memperjelas kapan dimulainya aktivitas atau kejadian yang dilakukan. (Baca Juga: Present Perfect Tense)

Jika kita melakukan sebuah aktivitas atau kejadian yang dilakukan di masa lalu dan masih berlanjut di masa sekarang, maka kita dapat menggunakan present perfect continuous tense. Tetapi, dalam penggunaannya biasanya di sertai atau diikuti dengan keterangan waktu.

Rumus Present Perfect Continuous Tense

Rumus:

(+) Subjek + have/has + been + V-ing + 3 complement.

(-) Subjek + have/has + not + V-ing + 3 complement.

(?) Have/has + subjek + V-ing + 3 complement?

Contoh Kalimat:

(+) I have been reading article in duniaq.com for two hours. (Saya sudah membaca artikel di duniaq.com selama dua jam)

(-) I have not been reading article in duniaq.com for two hours. (Saya tidak sudah membaca artikel di duniaq.com selama dua jam)

(?) Have I been reading article in duniaq.com for two hours? (Apakah saya sudah membaca artikel di duniaq.com selama dua jam?)

Keterangan:

  1. Subjek “I, you, we, they” menggunakan be “have”.
  2. Subjek “she, he, it” menggunakan be “has”.

Penggunaan Present Perfect Continuous Tense

Penggunaan present perfect continuous tense ini tidak terlalu banyak. Pada umumnya, hanya dua kategori penggunaan dalam present perfect continuous tense. Tetapi, penggunaan present perfect continuous tense ini mempunyai kemiripan dengan present perfect tense. Sehingga, cukup sulit untuk membedakan penggunaan antara present perfect tense dengan present perfect continuous tense. Oleh karena itu, kami akan membuat artikel tersendiri untuk membedakan penggunaan antar tenses. Untuk sementara, kami akan menyajikan penggunaan present perfect continuous tense sesuai penggunaannya. Berikut ini merupakan penggunakan present perfect continuous tense.

Penggunaan 1: Di Mulai di Masa Lalu Sampai Sekarang

Present Perfect Continuous Tense

Ilustrasi Penggunaan Present Perfect Continuous Tense

Present perfect continuous tense digunakan untuk menyatakan sebuah aktivitas atau kejadian yang dilakukan di masa lampau dan sampai saat ini atau saat dibicarakan aktivitas atau kejadian tersebut masih berlangsung. Keterangan waktu yang dapat digunakan dalam present perfect continuous tense adalah for dan since, misalnya: for two days, for three weeks, since yesterday, since four days ago.

Contoh:

They have been walking for three hours.

(Mereka sudah berjalan selama tiga jam)

They have been studying english in duniaq.com for three weeks.

(Mereka sudah belajar bahasa inggris di duniaq.com selama tiga minggu)

The passangers have been waiting the next train for three hours.

(Para penumpang sudah menunggu kereta berikutnya selama tiga jam)

Penggunaan 2: Recently dan Lately

Penggunaan Lately dan Recently

Lately dan Recently Digunakan untuk Present Perfect Continuous Tense

Present perfect continuous tense dapat digunakan tanpa keterangan waktu seperti since dan for. Tanpa keterangan waktu, tense ini secara tidak langsung mempunyai arti lately (akhir-akhir ini) atau untuk memperjelas kalimat, Anda bisa menggunakan kata lately (akhir-akhir ini) atau recently (baru-baru ini).

Contoh:

Lately, they have been working hard in their company.

(Akhir-akhir ini, mereka sudah bekerja sangat berat di perusahannya)

Recently, she has been helping me to do my homework.

(Baru-baru ini, dia sudah membantu saya untuk mengerjakan tugas).

he has been writing the novel.

(Dia akhir-akhir ini menulis novel).

Keterangan:

Contoh yang ketiga yaitu “he has been writing the novel” secara tidak langsung mempunyai makna “recently” atau “lately” meskipun dalam kalimat tidak terdapat kata-kata tersebut. Artinya dia mulai menulis di masa lalu, ketika berbicara, menulisnya masih belum selesai dan kemungkinan akan dilanjutkan di masa yang akan datang.

 

You Might Also Like