Bahasa Inggris, Tenses

Present Perfect Tense

Logo present perfect tense Gambar present perfect tense

Setelah kita membahas tentang present continuous tense, kita akan membahas tense yang ketiga yaitu present perfect tense. Present perfect tense adalah tense yang digunakan untuk menyatakan suatu aktivitas yang dikerjakan dimasa lalu dan sampai sekarang masih berlanjut atau sudah selesai dimasa lalu tetapi dampaknya masih bisa dirasakan sampai sekarang. Maksud dari masa lalu disini adalah masa yang sudah berlalu, aktivitas atau peristiwa yang berlangsung beberapa detik yang lalu juga dapat disebut masa lalu. (Baca Juga: Present Continuous Tense)

Seperti halnya dengan simple present tense, present perfect tense juga mempunyai dua jenis kalimat, yaitu kalimat verbal dan kalimat nominal. itu artinya, dalam present perfect tense mempunyai dua rumus, rumus kalimat verbal dan nominal, yang perlu Anda ketahui. Berikut ini, kami akan membahas secara rinci perbedaan antara rumus kalimat verbal dan kalimat nominal. (Baca Juga: Pengertian Kalimat Verbal dan Nominal)

Rumus Present Perfect Tense

Sesuai dengan penjelasan diatas, maka terdapat dua rumus dalam present perfect tense. Rumus pertama yang akan dibahas adalah rumus kalimat verbal.

Rumus Kalimat Verbal

Present Perfect

Rumus Kalimat Verbal dalam Present Perfect Tense

Rumus Kalimat Nominal

pengertian present perfect tense

Rumus Kalimat Nominal dalam Present Perfect Tense

Keterangan:

  1. Subjek “I, we, they” menggunakan be “have”.
  2. Subjek “she, he, it” menggunakan be “has”.

Penggunaan Present Perfect Tense

Tense ini merupakan tense dimana penggunaannya cukup sulit untuk dipahami. Banyak penjelasan mengenai penggunaanya yang hampir mirip dengan tenses lainnya. Oleh karena itu, kami akan menjabarkan penggunaan present perfect tense dengan sederhana agar tidak rancu dan terlihat tumpang tindih dengan tenses yang lainnya.

Pada dasarnya, penggunaan present perfect tense dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu:

Penggunaan 1: Waktu yang Tidak Spesifik Sebelum Sekarang

Present perfect tense digunakan untuk menyatakan kejadian yang sudah terjadi dalam waktu yang tidak spesifik di masa lampau. Keterangan waktu yang spesifik; seperti yesterday, one year ago, last week, when I was a child, when I lived in Japan, at that moment, that day, one day, dan lain-lain; tidak dapat digunakan dalam penggunaan pertama dalam present perfect tense ini. Keterangan yang dapat digunakan dalam penggunaan pertama dalam present perfect tense ini adalah ever, never, once, many times, several times, before, so far, already, yet, dan lain-lain.

Contoh:

I have not watched this movie before.

(Saya belum pernah menonton film ini sebelumnya)

She has visited me several times.

(Dia sudah mengunjungi saya beberapa kali)

Penggunaan 2: Kejadian Mulai dari Masa Lampau Sampai Sekarang

Untuk menyatakan sebuah aktivitas atau kejadian yang dilakukan di masa lampau dan masih dilakukan sampai sekarang. Khusus penggunaan present perfect tense yang kedua ini, keterangan waktu yang digunakan adalah for (selama) dan since (sejak). For diikuti dengan durasi atau lamanya waktu kejadian, misal: for three years (selama tiga tahun, for six hours (selama enam jam), for a week (selama tiga minggu), dan lain-lain. Sedangkan, since diikuti dengan waktu dimulainya aktifitas atau kejadian tersebut, misal: since 1998 (sejak tahun 1998), since June (sejak bulan juni), since 4 o’clock (sejak jam empat).

Contoh:

She has studied english since 2014.

(Dia sudah belajar bahasa inggris sejak tahun 2014).

They have slept for 3 hours.

(Mereka sudah tidur selama tiga jam)

Penjelasan di atas merupakan penjelasan secara sederhana tentang present perfect tense. Sebenarnya, penggunaan tense ini cukup sulit untuk dibedakan dengan tense yang lainnya. Tetapi, kami menyederhanakan penggunaan tense ini agar lebih mudah dipahami. Semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat bagi Anda.

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>