Puasa

Syarat Sah dan Rukun Puasa yang Wajib Anda Ketahui

abiummi.com abiummi.com

Syarat Sah dan Rukun Puasa yang Wajib Anda Ketahui – Dalam menjalankan ibadah puasa memang ada beberapa perkara penting yang harus kita ketahui. Perkara ini memang wajib diketahui seluruh umat muslim yang ada di dunia. Jika seorang muslim tak mengetahui perkara tersebut sudah pasti puasa yang mereka lakukan akan sia-sia. Lalu apa saja sebenarnya perkara yang wajib untuk kita ketahui ?

Syarat sah dan rukun puasa memang menjadi perkara yang sangat wajib untuk kita ketahui. Hal tersebut akan senantiasa membantu kita untuk menyempurnakan saat menjalankan ibadah puasa.

Syarat Sah Puasa

www.bisnispartner.net

www.bisnispartner.net

Syarat sah puasa ada dua yaitu dalam keadaan suci dari haid atau nifas dan mengucapkan niat. Kedua hal ini memang sangat dianjurkan untuk dilakukan sebelum menjalankan ibadah puasa. Niat menjadi syarat sah puasa karena puasa dianggap sebagai ibadah sedangkan ibadah tidak akan sah jika tidak melakukan niat.

Niat selalu dalam bentuk ucapan atau selalu dilafadzkan. Semua niat terletak didalam hati sehingga ada pula ulama yang mengatakan bahwa sebuah niat tidak perlu diucapkan secara langsung. Dalam melakukan niat seseorang diwajibkan untuk selalu melakukannya dengan sungguh-sungguh.

Jika dilakukan dengan tidak ikhlas sudah pasti niat tersebut tidak akan diterima oleh Allah SWT. Usahakan untuk membaca atau melafadzkan suatu niat khususnya dalam puasa secara sungguh-sungguh. Niat puasa sendiri selalu dilakukan sebelum masuk dalam waktu Shubuh. Bahkan sebuah hadist mengatakan bahwa barang siapa yang berniat sebelum fajar maka puasanya tidak syah.

Rukun Puasa

abiummi.com

abiummi.com

Untuk rukun puasa sendiri adalah menahan diri dari berbagai hal yang dapat membatalkan puasa mulai dari terbit fajar hingga senja menjelang (maghrib). Semua umat muslim yang melakukan ibadah puasa sangat dianjurkan untuk makan dan minum ketika terbenamnya fajar.

Puasa akan lebih sempurna jika disertai dengan melakukan hal-hal kebaikanmulai dari bersedekah, membantu orang lain dalam hal memberi makan hingga membaca Al Qur’an. Kegiatan yang dapat menghasilkan pahala ini sudah pasti akan dikejar-kejar oleh seluruh umat.

Bulan ramadhan yang penuh berkah ini memang harus kita manfaatkan secara baik. Jangan sampai anda melewatkan momen yang sangat baik untuk mendapatkan pahala sebanyak-banyaknya.

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>