Anak, Kesehatan

Tips Mengatasi Pilek pada Bayi dan Anak

www.ibudanbalita.com www.ibudanbalita.com

Tips Mengatasi Pilek pada Bayi – Ibu perlu mengetahui tips mengatasi bayi pilek karena ini adalah gangguan kesehatan yang paling sering terjadi pada bayi anda. Apa yang anda rasakan saat mengalami pilek? Susah bernapas lantaran hidung tersumbat, pusing, ingus yang terus keluar, makan tak enak lantaran tak bisa mencium aroma makanan seperti biasa, juga keluhan nyeri pada tubuh. Jelas serba ga enak deh. Bayangkan bila bayi anda harus merasakan hal-hal ini, maka tak heran bila bayi jadi rewel saat pilek.

Tips Memberi Makan dan Minum pada Bayi Pilek

madujuara.com

madujuara.com

Saat pilek bayi mengalami gangguan bernapas, mengunyah, dan menelan, karena itu sebaiknya pemberian makanan atau minuman diperlambat. Bila bayi minum dengan dot, ganti dengan dot yang ukurannya lebih kecil. Setiap 2-3 menit hentikan pemberian ASI/tarik dot untuk memberi kesempatan bayi bernapas dengan lega dan mencerna lebih baik.

Tips Posisi Bayi Saat Tidur

www.sigambar.com

www.sigambar.com

Posisikan kepala lebih tinggi. Gunakan bantal, atur posisinya sampai bayi dapat tidur lebih nyaman. Anda juga bisa memanfaatkan car seat/bouncy seat bila ingin meletakkan bayi di atas lantai, namun pastikan lantainya rata.

Tips Mandi dan Berpakaian

www.zwitsal.co.id

www.zwitsal.co.id

Mandi dengan air hangat, lalu pijat daerah dada dan punggung perlahan-lahan untuk membantu mengurangi keluhan pada bayi. Keringkan bayi dengan seksama, kenakan baju dari bahan katun yang mudah menyerap keringat. Suhu badan bayi pilek kadang-kadang meningkat, jadi hindari baju yang berlapis-lapis karena menghambat pelepasan panas dari tubuh bayi. Sediakan termometer untuk mengecek suhu badan bayi secara berkala.

Tips Memilih Obat

frontroll.com

frontroll.com

Jangan sembarangan memberikan obat batuk-pilek yang dijual bebas pada bayi. Simak lebih lanjut mengenai bahaya obat batuk pilek yang dijual bebas. Jika keluhan pilek pada bayi tampak parah atau disertai demam tinggi segera konsultasi ke dokter untuk mendapatkan terapi yang tepat (terutama untuk bayi 5 hari). Tersedia juga balsam khusus untuk bayi yang dapat dioleskan pada dada, punggung dan leher untuk melegakan pernapasan.

Tips Mengencerkan dan Membersihkan Ingus

www.ibudanbalita.com

www.ibudanbalita.com

Anda dapat mengencerkan ingus dengan meneteskan NaCl fisiologis 0,9% (dapat dibeli di apotik) atau membuat sediri dengan melarutkan ¼ sdt garam dalam ½ gelas air. Gunakan pipet untuk meneteskannya ke dalam hidung.

  1. Bersihkan ingus dengan menekan lembut cuping hidung dengan bahan yang lembut lalu bersihkan ingus yang keluar dengan hati-hati.
  2. Bersihkan ingus yang mengering dengan cotton buds yang telah dibasahi.Anda juga bisa menggunakan nasal aspirator (alat penyedot ingus) yang dijual bebas.
  3. Bersihkan ujung yang akan dimasukkan ke hidung bayi, sterilkan dengan alat steril botol susu atau usap dengan kapas yang dibasahi dengan alkohol 70%.
  4. Tekan ujung karet, masukkan ujung penghisap kedalam hidung tapi jaga agar tidak terlalu dalam.
  5. Lepas tekanan pada ujung karet secara perlahan sampai ingus terhisap.
  6. Lakukan dengan hati-hati agar tidak menimbulkan iritasi pada hidung bayi.

Tips Melembabkan Ruangan

www.cerpen-inspiratif.web.id

www.cerpen-inspiratif.web.id

Perhatikan sirkulasi udara agar pertukaran udara bisa berlangsung dengan baik. Cara sederhana yang cukup efektif melegakan pernapasan bayi pilek adalah meletakkan mangkok berisi air panas di sudut ruangan, lalu tambahkan beberapa tetes minyak kayu putih.

Mudah-mudahan anda tak lagi panik atau kebingungan setelah memahami tips mengatasi bayi pilek di atas.

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>