Dunia Fauna, Kucing

Yuk, Kenali Jenis Kucing Berbulu Pendek

pinterest.com

Jenis kucing peliharaan di dunia ini jumlahnya sangat banyak. Apalagi, para breeder selalu membuat inovasi baru dengan mengawinkan antar jenis kucing. Sehingga, muncul jenis kucing yang baru. Untuk mempermudahnya, jenis-jenis kucing digolongkan berdasarkan jenis bulunya. Golongan tersebut adalah kucing dengan bulu panjang, kucing dengan bulu ikal, dan kucing dengan bulu pendek.

Kali ini sobat dunia kucing akan membahas mengenai jenis kucing berbulu pendek. Berikut beberapa jenis kucing yang memiliki bulu pendek.

Abyssinian

wallpapers111.com

wallpapers111.com

Abyssinian merupakan salah satu kucing yang memiliki bulu pendek. Kucing ini sangat terkenal di Amerika Serikat dan merupakan ras tertua. Kucing ini memiliki ciri-ciri, antara lain: tubuhnya berotot, matanya berbentuk seperti almond, dan telinga besar. Ukuran tubuhnya sedang, langsing, dan terlihat anggun serta memiliki pola warna yang unik, yaitu bulunya memiliki pola warna bintik-bintik atau bisa disebut ticked. Kucing ini memiliki kesetian yang tinggi dan rasa ingin taunya tinggi. Selain itu, kucing ini juga mudah dilatih karena memiliki kecerdasan yang luar biasa. Oleh karena itu, memelihara kucing ini tidak akan menyesal.

British Shorthair

petinthai.com

petinthai.com

British shorthair merupakan salah satu ras kucing tertua di dunia. Kucing ini memiliki ciri-ciri, antara lain: ukuran badannya sedang antara 4-8 kg, tubuhnya berotot, dan telinganya berukuran sedang. Selain itu, kucing ini memiliki kepala yang bulat, lebar, dan pipinya tembem. Ukuran matanya besar dan bulat, hidung cenderung pesek, dan memiliki leher yang pendek. Kucing ini juga memiliki kaki yang pendek dan jari-jemarinya berbentuk bulat-bulat. Jika kita memperhatikan ciri-ciri kucing tersebut, sebenarnya kita sudah sering melihatnya melaui foto karena kucing ini merupakan ikon merk makanan kucing, yaitu Whiskas.

American Shorthair

royalanimalcoaching.com

royalanimalcoaching.com

American shorthair merupakan kucing keturunan dari British shorthair dan European shorthair. Kucing ini memiliki ciri-ciri, antara lain: ukuran badannya sedang yang dilengkapi dengan kaki dan cakar yang kuat. Selain itu, kucing ini memiliki ukran telinga sedang, lebar dan sedikit melengkung di bagian atasnya. Kucing ini memiliki bulu yang pendek, namun tebal dan keras sehingga mampu melindungi tubuh kucing saat cuaca dingin dan lembab. Bulunya juga mampu menyesuaikan ketika musim semi datang.

American shorthair ini memiliki kemampuan yang hampir sama dengan British shorthair, yaitu memiliki kecerdasan dan mampu berburu dengan baik. Kucing ini juga mampu beradaptasi dengan lingkungannya dengan baik. Selain itu, American shorthair juga tidak membutuhkan perawatan yang berlebihan seperti halnya dengan jenis kucing lainnya.

Cornish Rex

pozecuanimale.com

pozecuanimale.com

Sulit untuk mengkategorikan kucing Cornish rex jika dilihat dari jenis bulunya. Karena kucing ini memiliki bulu yang pendek dan ikal. Bulu kucing Cornish rex ini mampu menghasilkan alergen yang sedikit, sehingga bulunya tidak menyebabkan alergi. Kucing ini merupakan kucing yang ceria dan suka bermain. Oleh karena itu, jika kamu termasuk orang yang suka bermain-main dengan hewan peliharaan, kucing ini sangat cocok untuk kamu pelihara. Selain itu, kucing ini juga mempunyai kecerdasan yang luar biasa. Maka tidak heran jika kucing ini sangat mudah beradaptasi dengan lingkungan barunya dan rasa keingintahuannya sangat besar, sehingga kamu bisa melatihnya.

Siamese

thekittycat.wikia.com

thekittycat.wikia.com

Kucing Siamese merupakan kucing yang sangat terkenal di kalangan para pecinta kucing di dunia, tapi siapa yang menyangka bahwa kucing ini berasa dari Thailand. Karena sangking terkenalnya, banyak para breeder kucing mengembangbiakkan dan mengawinkan kucing ini dengan kucing lainnya hingga kucing ini dibagi menjadi tiga jenis, yaitu siam tradisional, siam klasik, dan siam modern.

Siam tradisional memiliki ciri-ciri dengan bentuk kepala seperti apel, bertubuh bulat, dan memiliki ukuran yang paling besar diantara jenis siam lainnya. Jenis siam yang kedua adalah siam klasik, yaitu siam yang memiliki ukuran tubuh lebih kecil dari siam tradisional, kaki dan ekornya lebih panjang dari siam tradisional. Namun, siam klasik ini sering bermasalah dengan kesehatannya. Sedangkan, jenis kucing siam yang terakhir adalah siam modern. Jenis siam ini merupakan satu-satunya kucing siam yang direkayasa genetiknya. Siam modern ini merupakan hasil persilangan antara siam tradisional dengan siam klasik. Siam modern meiliki ciri-ciri dengan tubuh ramping, telinga besar, dan hidungnya mancung.

Savannah

reddit.com

reddit.com

Savannah merupakan kucing yang memiliki keterikatan kekeluargaan dengan banyak jenis kucing, antara lain: kucing Serval, Siamse, Bengal, dan Egyptian. Karena kucing ini merupakan hasil persilangan dari jenis-jenis kucing tersebut. Kucing ini memiliki motif bintik-bintik hitam di sekujur tubuhnya yang menjadikan dia mirip dengan macan. tak hanya itu, kucing ini juga terlihat sangat buas dan gagah. Meskipun kucing ini memiliki ciri-ciri sepeti macan, namun kucing ini sebenarnya kucing penurut.

Sphynx

pinterest.com

pinterest.com

Semua kucing sebenarnya memiliki bulu. namun, beberapa dari jenis kucing yang ada di dunia memiliki bulu yang sangat sedikit. Bahkan bisa dikatakan kucing tanpa bulu jika kita hanya melihat dengan sekilas saja. Salah satu kucing tersebut adalah sphynx. Kucing yang berasal dari kanada ini sebenarnya memiliki bulu halus di beberapa bagian tubuhnya, seperti telinga, kaki, ekor, dan di dekat kelaminnya.

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>