7 Kemudahan yang Pasti Kamu Dapatkan Jika Jalan-Jalan Naik Kereta

Masih bingung menentukan mau naik apa untuk liburanmu nanti? Pilihan memang banyak, tapi ternyata kereta api masih patut kamu andalkan lho. Paling sedikit, kamu pasti merasakan 7 kemudahan berikut ini jika berani naik kereta untuk jalan-jalan seru berikutnya.

Pesan Tiket

Tak lagi harus berjejal-jejal antri di loket stasiun, saat ini perkembangan teknologi terapan memungkinkan kita untuk memesan tiket kereta api melalui internet. Pemesanan online tiket kereta api bisa kita lakukan di situs resmi PT. KAI ataupun melalui agen rujukan.

Traveloka sebagai salah satu situs booking online yang terbaik di Tanah Air, sekarang juga sudah mulai memperluas layanan dengan menghadirkan menu booking tiket kereta api. Hal tersebut tentu memberikan opsi pemesanan tiket yang lebih mudah, praktis, dan pastinya murah lagi. Untuk pesan tiket KA nya, cukup buka website Traveloka.com.

Biaya Murah

Jika mempertimbangkan keuntungan yang didapat, jelas biaya perjalanan naik kereta api sangatlah murah. Misalnya untuk perjalanan Jakarta – Bandung. Dengan biaya hanya Rp100ribuan untuk kelas penumpang Eksekutif (paling mewah), kita tinggal duduk di kursi yang nyaman dalam gerbong yang bersih dan lega serta ditemani pemandangan cantik dari jendela.

Dalam waktu 2.5 – 3 jam saja, kita sudah bisa tiba di Stasiun Kota Bandung tanpa perasaan lelah atau jet lag. Sementara jika menggunakan pesawat, kita bisa-bisa harus merogoh kocek Rp700ribuan karena harus transit dulu ke Surabaya. Malah bolak-balik juga kan? Habis waktu dan energi di udara.

Cepat Sampai

Kereta api beroperasi dengan cepat. Sekali berjalan dari terminal keberangkatan, kereta tidak akan berhenti kecuali di stasiun transit dan tujuan akhirnya. Dengan naik kereta, perjalanan via darat rute Jakarta – Semarang tak lagi harus ditempuh selama 7 – 8.5 jam, tapi bisa dipangkas 1-2 jam lebih cepat, dengan kenyamanan yang juga lebih banyak. Kita pun hanya tinggal duduk manis sembari menikmati pemandangan sepanjang perjalanan, dalam gerbong ber-AC.

Bebas Macet

Rel kereta api terbentang di jalur tersendiri. Lintasan ini bisa melintangi hutan, pemukiman, tengah pasar, perbukitan, maupun tepi laut yang tak dilalui lalu lintas umum. Bahkan, ketika melintasi jalan raya yang macet, kereta tidak ikut tersendat (malah kendaraan di jalan raya diharuskan berhenti menyilakan kita lewat).

Dengan ini, jelas kamu cukup duduk santai dalam kereta sembari menikmati makanan atau hiburan dalam gadget-mu, di saat orang yang naik moda transportasi darat lainnya sedang menembus macet untuk menuju destinasi yang sama. Kamu bahkan bisa tidur nyenyak dan bangun segar karena tahu-tahu sudah sampai tujuan dengan selamat.

Lebih Santai

Kereta api memiliki gerbong yang luas, nyaman, dengan tatanan tempat duduk empuk yang juga lega. Jarak antar orang menjadi lega sehingga kita bisa melakukan banyak hal tanpa mengganggu orang lain. Tak seperti saat naik pesawat, di dalam kereta, kamu tetap diperbolehkan mengaktifkan gadget, bahkan semua kelas kereta kini sudah menyediakan colokan listrik untuk memudahkan kamu mengisi daya gadget sepanjang perjalanan.

Pemandangan tersuguh melalui jendela yang lebar, lorongnya juga lega sehingga kita bisa jalan-jalan di dalam gerbong jika bosan duduk. Semua ini memastikan kita bisa lebih santai sepanjang perjalanan. Turun dari kereta, kamu tidak akan sepegal saat naik bus, travel, ataupun bahkan pesawat terbang.

Bagasi Leluasa

Kereta api menyediakan ruang untuk bagasi selayaknya di pesawat. Namun, aturan bagasi di kereta lebih fleksibel. Kita bisa membawa banyak barang bersama di dalam gerbong, tidak dalam ruang terpisah, di mana kita jadi bisa mengawasinya sepanjang waktu.

Bagasi bisa diletakan pada kompartemen di atas kepala, di bangku, di area bawah kursi (yang jaraknya lebih lega), atau di ruangan kosong lain dalam gerbong, sepanjang tidak mengganggu penumpang lain. Jenis barang yang bisa dibawa ke dalam gerbong pun tidak seketat yang diberlakukan pesawat. Pemeriksaan keamanannya pun tidak membuat kita harus menaikturunkan bagasi ke mesin x-ray, maupun membongkarnya, seperti di bandara.

Makanan Enak

Dengan tarif yang lebih murah, kereta api menyediakan layanan yang tak kalah nyaman dengan pesawat terbang. Layanan tersebut termasuk makanan dan minuman. Di dalam kereta, kita bisa memesan makanan dan minuman sesuai menu yang tersedia.

Perihal rasa, ternyata makanan dan minuman yang disediakan di sini terbilang memuaskan di lidah meski harganya jelas lebih mahal dari harga normal. Jika pun tak ingin memakan makanan yang disediakan di kereta, Anda bisa membawa makanan dan minuman favorit sendiri untuk menemani perjalanan panjang ini.

Leave a Comment