Kecantikan, Kesehatan

Apa Saja Tips Mencegah Jerawat Muncul Lagi?

kreasitekno.co kreasitekno.co

Apa Saja Tips Mencegah Jerawat Muncul Lagi? – Mengikuti tips mencegah jerawat sangat penting untuk siapa saja yang mendambakan kulit mulus tanpa dihiasi jerawat. Setelah belajar step-step dalam tips mengatasi jerawat, bukan berarti perjuanganmu melawan jerawat sudah selesai.

Beberapa jenis jerawat dapat menimbulkan bekas jerawat (Simak juga tips mencegah bekas jerawat) yang perlu waktu lebih lama untuk hilang daripada mengobati jerawat. Jadi kalau kamu tidak konsisten melakukan upaya mencegah munculnya jerawat baru, masalahmu akan terus berlanjut. Bekas jerawat belum hilang, jerawat baru dah nongol lagi.

Tips mencegah jerawat juga wajib disimak oleh siapapun yang saat ini beruntung kulit wajahnya tidak disatroni jerawat. Seperti halnya penyakit lain, upaya pencegahan jauh lebih penting dan lebih mudah dilakukan daripada mengobatinya. Pada dasarnya kulit perlu perawatan yang rutin dan tepat agar tetap tampil prima dan terhindar dari segala gangguan kulit termasuk jerawat.

Bagaimana Mencegah Munculnya Jerawat?

id.tubgit.com

id.tubgit.com

Upaya mencegah gangguan jerawat didasari oleh pemahaman yang tepat mengenai bagaimana terjadinya jerawat. Jerawat bukan semata-mata karena kotoran yang menempel di kulit wajah, tapi sumbatan pada pori-pori kulit akibat minyak yang berlebih dan sel-sel kulit mati yang menumpuk di permukaan kulit.

Berikut step-step yang perlu kamu lakukan untuk mencegah jerawat:

Berikan nutrisi yang tepat untuk kulit anda

www.penabiru.com

www.penabiru.com

Minum cukup air putih (minimal 8 gelas/hari) agar kulit tidak kering. Tambah konsumsi sayur dan buah segar, idealnya 5-6 porsi buah dan sayur setiap hari agar kebutuhanmu akan vitamin dan mineral yang penting untuk kecantikan kulit terpenuhi.

Bersihkan wajah 2 kali sehari dengan cara yang tepat

Mencuci Muka

Tahap ini sangat penting sehingga akan dibahas secara lebih rinci dalam artikel ini.

Gunakan produk perawatan kulit/make-up sesuai dengan jenis kulit anda

www.youtube.com

www.youtube.com

Kulit dapat dibedakan dalam 5 jenis kulit yaitu normal, berminyak, kering, kombinasi (cenderung berminyak pada dahi, hidung, dan dagu sementara bagian lainnya cenderung kering), dan kulit sensitif.

Pilih produk yang tidak memicu timbulnya jerawat

www.theplasticdiaries.com

www.theplasticdiaries.com

Beberapa label yang dapat dijadikan patokan adalah “water base”/”oil free” atau “non comedogenic/non acnegenic”. Label ini mengandung arti bahwa produk tersebut tidak mengandung minyak yang dapat menyumbat pori-pori kulit dan menimbulkan jerawat.

Cermati pengaruh makanan pada jerawatmu

pixabay.com

pixabay.com

Bila kamu menemukan beberapa jenis makanan memicu timbulnya jerawat di wajahmu hindari atau minimal batasi konsumsi makanan tersebut. Dapatkan informasi lebih lengkap tentang makanan pembasmi jerawat.

Tips Membersihkan Wajah dengan Tepat

Gunakan pembersih wajah yang lembut

www.feed.id

www.feed.id

Hindari menggunakan sabun mandi untuk membersihkan wajah. Sabun mandi yang bersifat alkalis umumnya dapat membuat kulit wajah menjadi kering atau iritasi. Kondisi ini justru memicu kelenjar minyak memproduksi lebih banyak sebum yang dapat menyumbat pori-pori kulit. Sabun pembersih wajah yang baik adalah yang dapat membersihkan kotoran, minyak berlebih, dan sel kulit mati tanpa membuat kulit menjadi kering.

Cuci muka secara rutin 2 kali sehari

www.gregetan.com

www.gregetan.com

Jangan mencuci muka terlalu sering. Alih-alih membuat wajah bersih, tindakan ini justru bisa mengiritasi kulit dan memicu terbentuknya jerawat baru. Cuci wajah di pagi dan malam sebelum tidur.

Hindari tindakan-tindakan yang mengiritasi kulit wajah

adeide.com

adeide.com

Tindakan yang dapat menimbulkan iritasi antara lain adalah: penggunaan scrub yang berlebihan dan menggosok wajah dengan handuk.

Gunakan pads/blotting paper

intothegloss.com

intothegloss.com

Ini produk khusus untuk menyerap kelebihan minyak di kulit anda secara aman. Sangat praktis dan bermanfaat bagi pemilik kulit berminyak. Wajah tidak tampak mengkilat karena kelebihan minyak tanpa harus berkali-kali mencuci wajah.

Dapatkan kulit sehat dan cantik serta bebas jerawat dengan konsisten mengikuti tips mencegah jerawat(acne).

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>