Contoh Surat

Cara Membuat dan Contoh Proposal Skripsi yang Baik

bodoamataceae.wordpress.com

Cara Membuat dan Contoh Proposal Skripsi – Ada istilah bahwa beratnya tugas kuliah tak sebanding dengan beratnya skripsi atau bahkan ada pula yang mengatakan belum dikatakan kuliah jika belum merasakan skripsi. Skripsi memang menjadi momok bagi mahasiswa.

Bukan hanya perihal penelitian atau kesulitan menemui dosen, tapi juga perihal cara penulisan skripsi yang baik dan benar. Banyak mahasiswa yang sampai mengalami revisi hingga sepuluh kali, lantaran banyaknya kesalahan dalam penulisan proposal skripsi.

Dalam artikel ini, saya akan menjelaskan secara gamblang cara penyusunan proposal skripsi. Proposal skripsi merupakan awal dari perjuangan mahasiswa akhir, diterima atau tidaknya penelitian tergantung proposal yang diajukan, sebab itu panduan penulisan skripsi amat penting.

Baca Juga: Contoh dan Cara Membuat Makalah

Panduan Penyusunan Proposal Skripsi

Ada beberapa poin penting dalam menyusun proposal skripsi, seperti judul, pendahuluan, tinjauan pustaka dan metode penelitian. Masing-masing memiliki ketentuan tertentu dalam isi maupun cara penulisannya. Berikut uraian dari masing-masing poin yang harus Anda ketahui sebelum menulis proposal skripsi.

Pendahuluan

slideplayer.info

slideplayer.info

Pendahuluan atau BAB 1 memuat uraian terkait latar belakang, rumusan masalah, tujuan, dan manfaat yang masing-masing harus ditulis secara eksplisit dengan bahasa yang baku. Pada bab pendahuluan memaparkan aspek antologis dan aspek aksiologis. Aspek antologis yaitu aspek yang memaparkan butir latar belakang dan rumusan masalah. Sedangkan aspek aksologis memaparkan tujuan dan manfaat.

Latar Belakang

Latar belakang memuat informasi topik yang dibahas dalam proposal. Pada bagian ini menjelaskan data atau fakta yang dapat mendorong timbulnya masalah yang akan dibahas. Selain itu dikemukakan pula alasan penelitian yang akan dilakukan, serta apa perbedaan yang bisa diunggulkan dari penelitian sebelumnya. (Baca Juga:

Rumusan Masalah

Rumusan masalah memaparkan tentang masalah yang akan diselesaikan dalam proses penelitian. Pada bagian ini ruang lingkup masalah harus dibatasi agar penjelasan tidak melebar dan keluar dari konteks yang akan dibahas. Pada rumusan masalah harus dijelaskan bagaimana mengatasi dan penyelesaiannya. Penulisannya harus jelas, dan biasanya dirangkum dalam satu permasalahan pokok dan dapat dirinci menjadi satu, dua, tiga atau empat permasalahan. (Baca Juga: Cara Membuat dan Contoh Pidato Singkat)

Tujuan dan Manfaat

Tujuan penelitian harus dikaitkan dengan rumusan masalah yang telah dibuat, dan merupakan arahan jawaban dari hipotesis sementara dari asumsi yang digunakan. Selain itu tujuan penelitian juga menjelaskan kegunaan hasil penelitian yang telah dicapai baik secara umum seperti masyarakat dan pemerintah maupun secara kusus seperti manfaat untuk mahasiswa sendiri.

Tinjauan Pustaka

www.duniaq.com

www.duniaq.com

Tinjauan pustaka meliputi kajian teori yang berhubungan masalah yang dibahas dalam proposal, tinjauan terhadap hasil penelitian terdahulu, perumusan hipotesis sebagai hasil akhir dari kajian teori, dan kerangka pemikiran yang dikaitkan dengan permasalahan yang sedang dihadapi.

Kajian teori dapat dilakukan dalam beberapa tahap berikut: (1) mengumpulkan pendapat yang berkaitan dengan masalah yang dibahas, (2) membandingkan dan memilih teori yang paling layak untuk memecahkan masalah, (3) membahas kelemahan dan keunggulan teori-teori yang digunakan, dan (4) menentukan teori yang akan dijadikan dasar analisis berikutnya.

Setelah penyusunan teori-teori secara mendalam, maka dalam tinjaun pustaka dapat disertakan hipotesis atau asumsi terkait sebagai penguat penelitian yang akan Anda lakukan. Hipotesis di sini merupakan dugaan atau jawaban sementara terhadap masalah yang masih akan diuji kebenarannya. Sehingga hipotesisi bersifat opsional.

Metode Penelitian

www.rangkumanmakalah.com

www.rangkumanmakalah.com

Metode penelitian merupakan aspek penting yang menjadi tombak dari sebuah proposal. Dalam metode penelitian harus tertulis dengan jelas bagaimana arus penelitian berlangsung. Jika Anda ingin proposal Anda segera diterima dosen, maka sebaiknya Anda membuat metode penelitian yang jelas dan dapat dipertanggungjawabkan keilmiahannya. Ada beberapa poin dalam menulis metode penelitian yaitu:

Jenis Penelitian

Merupakan kategori penelitian. Berdasarkan jenisnya, penelitian dibedakan menjadi penelitian kualitatif dan kuantitatif.

Tempat dan waktu penelitian

Merupakan tempat dan lokasi penelitian dilakukan. Penulisan lokasi dan waktu harus lengkap dan jelas yang menggambarkan jelas kondisi lokasi penelitian.

Penentuan sampel atau bahan penelitian

Sampel dapat berupa responden, informan atau bahkan bahan tertentu yang dapat dimanfaatkan dalam penyelesaian penelitian. Responden adalah orang yang memberi tanggapan, sedangkan informan adalah orang yang menguasai objek penelitian.

Desain penelitian

Merupakan langkah-langkah yang ditempuh untuk meraih hasil yang ingin dicapai. Desain penelitian dapat digambarkan dalam bentuk diagram.

Data dan sumber data

Merupakan kumpulan informasi atau fakta dalam bentuk deskripsi maupun angka yang berasal dari sumber data. Sumber data dapat berasal dari masyarakat, sistem, hewan, tumbuhan, alat, maupun organisasi. Sumber data sendiri ada dua macam yaitu data primer dan sekunder.

Analisa data

Merupakan teknik pengelolaan data awal dan uraian cara analisisnya. Teknik penyajian dapat berupa pengkodean, pengeditan, penabulasian, dan sebagainya. Teknis analisis data tergantung dengan jenis penelitian yang dilakukan, karena setiap penelitian memiliki analisis data yang berbeda-beda.

Contoh Proposal Skripsi

bodoamataceae.wordpress.com

bodoamataceae.wordpress.com

Proposal skripsi pada dasarnya sebagian yang ada dalam skripsi itu sendiri. Jadi, proposal skripsi hanya terdiri dari bab satu hingga bab tiga, yaitu Pendahuluan, Tinjauan Pustaka, dan Metode Penelitian. Sedangkan skripsi terdiri dari lima bab, yaitu Pendahuluan, Tinjauan Pustaka, dan Metode Penelitian, Hasil Penelitian, dan Penutup.

Bagi kamu yang sedang mencari proposal skripsi atau skripsi, berikut ini beberapa link contoh proposal skripsi atau skripsi yang bisa kamu jadikan rujukan untuk membuat proposal skripsi.

Video Tips Membuat Proposal Skripsi

You Might Also Like

One comment

  1. 1

    wah cukup bagus untuk dijadikan panduan bikin skripsi cocok, buat para mahasiswa yang sedang bikin skripsi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>