Burung

Harga dan Jenis Burung Beo Beserta Faktanya

nswong.50webs.com nswong.50webs.com

Beo merupakan burung unik yang cukup banyak diburu di Indonesia bagi para pecinta burung. Beo memiliki keunikan tersendiri dibandingkan burung pada umumnya, yaitu kemampuan Beo menirukan suara manusia. Burung ini mampu dilatih untuk dapat menirukan apa yang diucapkan manusia.

Burung Beo tersebar luas di beberapa negara, di antaranya Sri Langka, Himalaya, India, Filipina, hingga jawa dan beberapa pulau kecil di Sunda Kelapa. (Baca Juga: Jenis dan Harga Burung Hantu)

Keunikan Burung Beo

Daya tarik burung Beo ada pada suaranya. Bahkan ia mampu menirukan suara persis manusia jika dilatih dengan baik. Ia juga memiliki ingatan yang kuat, sehingga dua keunikan dasar inilah yang menjadikan burung Beo populer di Indonesia. (Baca Juga: Harga dan Jenis Burung Betet)

Burung Beo sendiri termasuk kelompok Omnivora atau pemakan segala. Tak hanya buah dan serangga, ia juga mampu memakan nektar dari bunga yang ia hinggapi. Karena termasuk kelompok Omnivora, maka memelihara burung Beo tidaklah sulit. Sebab ia dapat makan dari jenis buah apapun, misalkan pepaya, melon, pisang, dan buah-buah lain.

Kenapa Burung Beo Bisa Bicara

Burung beo memiliki lidah yang unggul dibanding burung lain. Suara khas dan kemampuannya meniru suara manusia berasal dari lidahnya. Suara pada burung beo dihasilkan dari laring atau pangkal tenggorokan, dan suara dapat diubah sesuai dengan gerakan lidah.

Kemampuan bicara ini akan semakin baik jika dilatih terus-menerus oleh pemiliknya. Kemampuan pada burung beo ini membuat Gabriel Beckers dan teman-temannya dari Universitas Leiden, Belanda melakukan sebuah penelitian untuk membuktikan apakah proses penghasilan suara pada burung beo memang sama dengan manusia.

Mereka menemukan bahwa pergerakan lidah burung beo mampu menimbulkan perbedaan besar pada kualitas suara burung beo sendiri. Perbedaan tersebut lebih besar daripada huruf vocal “a” dan “o” yang biasa diucapkan manusia.

Jenis-Jenis Burung Beo

Burung Beo memiliki empat jenis spesies yang berbeda. Empat jenis ini sebenarnya tidak begitu memiliki perbedaan yang mencolok, hanya tempat asalnya saja yang berbeda. Adapun empat jenis Beo tersebut, antara lain:

Beo jenis biasa atau Gracula religiosa

nswong.50webs.com

nswong.50webs.com

Beo jenis ini biasanya berasal dari kepulauan Andaman dan Nicobar. Burung jenis ini masih memiliki subspecies yang beberapa di antaranya berasal dari daerah di wilayah nusantara seperti Flores. (Baca Juga: Cara Merawat Jalak Suren)

Beo jenis Nias atau Gracula robusta

beoburung.blogspot.com

beoburung.blogspot.com

Beo jenis ini berasal dari Nias di Sumatera Utara, dan populasinya pun juga hanya ada di sana.

Beo jenis Enggano atau Gracula enganensis

ibc.lynxeds.com

ibc.lynxeds.com

Beo jenis ini berasal dari pulau Enggano di barat daya Sumatera.

Beo jenis Sri Langka atau Gracula ptilogenys

www.panoramio.com

www.panoramio.com

Beo jenis Sri Langka atau Gracula ptilogenys berasal dari Sri Langka.

Semua jenis Beo tersebut memiliki kemampuan yang sama, yaitu mampu menirukan suara manusia.

Harga Burung Beo

Untuk harga burung Beo tergantung pada kelihaiannya dalam meniru suara manusia. Semakin dia mudah meniru dan mirip dengan suara asli yang ia dengar, maka semakin mahal harganya. Semakin bagus burung Beo, maka semakin pandai ia meniru banyak suara manusia. Burung Beo yang telah terlatih mampu menembus angka puluhan juta.

Harga normal atau harga paling murah untuk burung Beo yang telah terlatih secara dasar sebesar 500.000 rupiah.
Harga beo juga tergantung dari umur. Untuk burung beo berumur 4-6 bulan dapat dijual seharga 1.750.000. Sedangkan beo berumur 8-10 bulan seharga 2,650.000.

Untuk beo dewasa dapat dijual seharga 3,500.000. Namun ada pula harga burung beo yang lebih murah dari harga di atas, seperti umur beo 8 bulan dapat dijual sekitar 800.000. Nilai harga bisa berubah tergantung kualitas dan kemampuan beo.

Usia Burung Beo

Dibandingkan dengan usia burung pada umumnya, burung beo terbilang panjang. Ia dapat berusia selama 40 sampai 100 tahun, lebih panjang dari umur manusia. Namun tak semua burung beo berumur sepanjang itu, semua tergantung spesiesnya. Spsies burung beo sendiri sekitar 372 yag diketahui tersebar di penjuru dunia.

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>