Burung

Ciri ciri, Jenis dan Harga Burung Hantu

www.owlpages.com www.owlpages.com

Burung hantu merupakan jenis burung nocturnal atau aktif di malam hari. Sesuai dengan namanya, burung hantu hanya beraktifitas ketika malam tiba untuk mencari makan. Sedang pada siang hari ia lebih banyak beristirahat. Burung hantu memiliki penglihatan yang tajam untuk menembus kegelapan, selain itu untuk semakin memudahkan dalam menerkam mangsa di malam hari, burung hantu juga memiliki cakar yang kuat dan kokoh.

Ciri-Ciri Burung Hantu

Sebagai burung malam, burung hantu memiliki kelengkapan cukup kuat dalam melakukan perburuannya. Tak hanya kemampuan penglihatan dan cakar yang kuat, tapi ia juga memiliki kemampuan mendengarkan suara yang nyaris tak mampu didengar oleh manusia. Kepalanya juga mampu berputar 360 derajat untuk memudahkan menemukan keberadaan sang mangsa.

Jenis-jenis Burung Hantu

Kini burung hantu bukan lagi menjadi burung liar, tapi sudah menjadi incaran para penggila burung untuk dipelihara di dalam rumah. Suaranya yang menyeramkan justru kini menjadi menarik bagi sebagian orang, sehingga burung hantu mulai diburu dan dibeli. Ada beberapa jenis burung hantu di antaranya:

Barn Owl (tyto alba)

pcwallart.com

pcwallart.com

Merupajan jenis burung hantu bermuka putih yang berbentuk ‘love’ menyerupai topeng. Berukuran sekitar 34 cm dengan warna tubuh putih dihias warna kuning kecoklatan, selain itu pada bagian tubuh juga ada warna lain seperti bercak-bercak kecoklatan atau hitam. Jenis typo alba cukup populer di Indonesia, mengingat kemampuannya dalam membasmi tikus sawah.

Celepuk

www.flickr.com

www.flickr.com

Merupakan jenis burung hantu berukuran kecil sekitar 19 cm, memiliki jumbai di telinganya dan kebanyakan berwarna merah. Celepuk memiliki beberapa jenis yaitu celepuk merah (Otus rufescens), celepuk gunung (Otus angelinae), dan celepuk rajah (Otus brookei).

Wowo-wiwi (Phodilus badius)

www.owlpages.com

www.owlpages.com

Jenis burung wowo ini mirip dengan typo alba, baik dari bentuk maupun postur tubuhnya, dengan besar sekitar 27 cm. Kemiripan ini terdapat pada bentuk wajah seperti ‘love’ dan jumbai di kepalanya. Sedangkan perbedaannya lebih pada warna mukanya yang coklat kemerah-merahan.

Hengkik (Bubo sumatranus)

en.wikipedia.org

en.wikipedia.org

Jenis burung hantu paling besar dengan tinggi tubuh mencapai 45 cm. Memiliki warna dasar tubuh putih dengan paduan hitam atau abu-abu. Pada perut terdapat garis-garis seperti loreng berwarna hitam. (Baca Juga: Harga dan Jenis Burung Betet)

Bobo ketupu (Ketupa ketupu)

bird-stockphotos.photoshelter.com

bird-stockphotos.photoshelter.com

Bobo ketupu memiliki ukuran tubuh seperti burung hantu jenis Hengkik yaitu 45 cm. Namun yang membedakan Bobo ketupu dengan Hengkik yaitu pada jumbai telinganya yang begitu jelas dibandingkan jumbai telinga pada jenis burung hantu Hengkik maupun yang lain. (Baca Juga: Jenis dan Harga Burung Beo)

Beluk Watu Jawa

alamendah.org

alamendah.org

Dikenal juga dengan nama Javan Owlet Glaucidium dengan nama latin Glaucidium castanopterum. Merupakan burung endemik Pulau Jawa dan Bali, dengan habitat berada di kantung-kantung hutan di dataran rendah maupun perbukitan. Namun kadang Beluk Watu Jawa juga terlihat di pekarangan desa, hutan primer ataupun skunder.

Seloputo

fjb.kaskus.co.id

fjb.kaskus.co.id

Atau Spotted Wood Owl. Merupakan spesies burung hantu berbadan besar, dengan tinggi 47 cm. Seloputo tersebar di beberapa negara seperti Thailand Tengah, Singapura, Myanmar, Jambi, dan Pulau Jawa.

Kokok Beluk

www.fotografi.tp.ac.id

www.fotografi.tp.ac.id

Dikenal dengan Brown Wood Owl. Tiggi tubuh antara 45 – 47 cm. Hidup di wilayah Asa bagian selatan seperti Sri Langka, India bagian timur hingga Indonesia dan China bagian selatan.

Harga Burung Hantu

Jangan salah, kini burung hantu bukan lagi burung liar yang menakutkan. Di Indonesia jenis burung hantu mulai menjadi burung peliharaan yang unik, bahkan masing-masing memiliki harga yang cukup memukau selayaknya burung hiasa lain. Beberapa harga burung hantu di pasaran yaitu:

  1. Celepuk 80.000 – 150.000
  2. Oriental Bay 200.000 – 350.000
  3. Javan Owlet 300.000 – 400.000
  4. Barn Owl 300.000 – 400.000
  5. Strix Seleputo 450.000 – 650.000
  6. Brown Hawk Owl 500.000 – 750.000
  7. Buffy Fish Owl 750.000 – 1.000.000
  8. Bubo Sumatranus 1.000.000 – 1.500.000

Demikian beberapa referensi harga burung hantu, semoga menjadi pertimbangan bagi penikmat burung saat membeli.

You Might Also Like

2 Comments

  1. 1

    nk tanya…klau nk beli kt mne?

  2. 2

    Disini Ada Barn Owl minat Sms 089508719594

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>