Kerajinan

Kumpulan Kerajinan Tangan dari Kain Perca yang Mudah Dibuat

Kerajinan Tangan dari Kain Perca Kerajinan Tangan dari Kain Perca

Kerajinan Tangan dari Kain Perca – Apakah kamu tahu mengenai kain perca? Kain perca merupakan kain sisa pembuatan pakaian. Jika kamu ke pabrik garmen atau tukang jahit, kamu akan melihat potongan-potongan kain kecil-kecil sisa dari pembuatan pakaian. Potongan-potongan kain tersebut dinamakan kain perca.Bagi perusahaan besar maupun tukang jahit, kain perca termasuk limbah dan harus dibuang. Karena memang jumlahnya sangat banyak dan terlalu menyita waktu untuk mengurus kain perca tersebut. Oleh karena itu, perusahaan garmen atau tukang jahit lebih cenderung untuk membuang sisa-sisa kain tersebut.

Namun, bagi mereka yang mengetahui bahwa memanfaatkan kain perca termasuk suatu peluang yang sangat besar untuk dijadikan suatu bisnis, tidak akan menyia-nyiakan peluang tersebut. Dalam artian, mereka akan memanfaatkan kain perca tersebut menjadi suatu barang yang memiliki nilai ekonomis yang tinggi.

Kain perca tersebut bisa dijadikan kerajinan dimana kerajinan tersebut memiliki nilai jual yang tinggi. Biasanya, kerajinan yang dibuat berupa barang-barang kebutuhan sehari-hari, seperti tutup kulkas, tutup televisi, hingga orden.

Hasil dari memanfaatkan kain perca tersebut juga tidak kalah bagus dengan barang-barang yang dibuat dengan kain mahal. Justru membuat barang dengan kain perca ini memiliki nilai plus, yaitu memiliki nilai seni yang tinggi.

Taknik-teknik Menjahit Kain Perca

Biasanya, tukang jahit memiliki banyak sekali kain perca yang memang akan segera mereka buang. Kain-kain tersebut sudah menjadi sampah dan tidak dimanfaatkan lagi. Nah, bagi kamu yang ingin membuat kerajinan tangan dari kain perca, baik untuk digunakan sendiri dalam kehidupan sehari-hari atau mungkin kamu jadikan sebuah bisnis, kamu bisa memanfaatkan kain perca dari para tukang jahit.

Alangkah bagusnya jika kamu memiliki keluarga penjahit atau tetangga penjahit, maka kamu akan lebih mudah mendapatkan kain perca untuk praktek membuat kerajinan tangan. Dan kamu juga tidak akan kesulitan mencari bahan baku jika kamu sudah siap untuk memanfaatkan kain perca menjadi suatu bisnis.

Sebelum kamu praktek membuat kain perca, alangkah baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu mengenai teknik-teknik menjahit dengan memanfaatkan kain perca. Agar kamu lebih mudah memanfaatkan kain perca menjadi barang-barang yang bermanfaat. Berikut beberapa teknik jahit yang bisa kamu pelajari dengan kain perca.

Menjahit Kain Perca dengan Teknik Patcwork

Teknik pertama menjahit kain perca adalah teknik patcwork. Cara dari teknik parcwork adalah dengan menjahit kain perca sesuai dengan potongan kain perca tersebut. Jika kamu ingin bisa melakukan teknik patcwork ini, kamu hanya cukup menguasai cara menjahit lurus. Dengan menguasai menjahit lurus, kamu bisa menguasai pula teknik parcwork ini.

Meskipun hanya belajar cara menjahit yang lurus, tidak banyak orang yang mampu mengerjakan teknik ini. Memang, orang tersebut sangat ahli dalam menjahit lurus, namun kalau orang tersebut kurang memiliki kesabaran, ketelitian, dan ketekunan, kemungkinan besar orang tersebut akan gagal melakukann teknik patcwork ini. Karena teknik patcwork ini membutuhkan kesabaran, ketelitian, dan ketekunan.

Menjahit Kain Perca dengan Teknik Applique

Teknik yang kedua menjahit kain perca adalah teknik applique. Ada perbedaan yang signifikan antara teknik patcwork dengan teknik applique. Jika teknik patcwork adalah menjahit kain perca sesuai dengan potongannya, maka teknik applique adalah suatu cara untuk membuat motif dari kain perca.

Motif-motif yang dibuat dengan menggunakan teknik applique tersebut akan ditempel di kain yang utuh. Jadi, motif yang dibuat dengan menggunakan teknik applique tersebut dijadikan hiasan suatu barang, sedangkan kain utuhnya dijadikan background. Barang yang biasa kita temukan menggunakan teknik applique adalah gorden, taplak meja, dan sebagainya.

Menjahit Kain Perca dengan Teknik Quilting

Teknik terakhir dalam menjahit menggunakan kain perca adalah teknik quilting. Teknik quilting adalah teknik menambahkan lapisan dengan menggunakan busa pada kerajinan tangan dari kain perca agar kerajinan tangan tersebut lebih tebal. Jadi bisa dikatakan teknik quilting hanya teknik penyempurnaan suatu kerajinan tangan saja. Pola quilting bisa dibuat sendiri dengan cara menggambar atau dengan cara menjiplak yang sudah ada.

Contoh Kreasi dari Kain Perca

Setelah mengetahui dan mepelajari serta mempraktekkan teknik-teknik menjahit yang perlu dikuasai dalam membuat kerajinan tangan dari kain perca, saatnya melihat beberapa contoh dari kerajinan tangan dari kain perca yang sudah jadi dengan berbagai model.

Dengan melihat contoh dari kerajinan tangan dari kain perca tersebut, diharapkan bisa mencontoh atau mendapatkan inspirasi dalam membuat kerajinan tangan dari kain perca.

Berikut beberapa contoh kerajinan tangan dari kain perca yang bisa kamu jadikan inspirasi atau contoh dalam membuat kerajinan tangan dari kain perca.

Bedcover Unik dari Kain Perca

http://ragamkerajinantangan.blogspot.co.id/

http://ragamkerajinantangan.blogspot.co.id/

Seringkali kita melihat tempat tidur diberi bedcover dengan bahan yang mewah dan harganya juga mahal. Tetapi, yang terlihat hanya kemewahannya saja. Tidak ada nilai seni yang tinggi di bedcover tersebut.

Hal ini akan berbeda jika bedcover tersebut dibuat menggunakan kain perca. Ya, kamu bisa membuat bedcover dengan memanfaatkan kain perca. Dengan memanfaatkan kain perca untuk bedcover kamar tidur kamu, kamu tidak perlu mengeluarkan biaya yang tinggi. Selain itu, bedcover yang terbuat dari kain perca memiliki nilai seni yang tinggi.

Namun, bagi kamu yang baru tahap belajar membuat kerajinan tangan dari kain perca, sebaiknya kamu membuat bedcover dalam ukuran kecil terlebih dahulu. Setelah kamu yakin bisa membuat dalam ukuran besar, saatnya kamu mempraktekkan.

Gorden dari kain perca

http://ragamkerajinantangan.blogspot.co.id/

http://ragamkerajinantangan.blogspot.co.id/

Selain bedcover, gorden juga bisa dibuat dengan memanfaatkan kain perca. Meskipun bahannya menggunakan kain perca, rumah kamu akan terlihat mewah jika kamu memang benar-benar sudah bisa memanfaatkan kain perca menjadi kerajinan tangan.

Bahkan, hasil yang kamu dapatkan jauh lebih memuaskan dan lebih baik dibandingkan gorden dengan harga yang mahal, jika kamu mampu mengkombinasikan potongan-potongan kain tersebut menjadi gorden yang memiliki nilai seni tinggi.

Dengan kemampuan kamu dalam membuat kerajinan tangan dari kain perca, kamu akan mendapatkan hasil yang sangat memuaskan dalam membuat kerajinan tangan dari kain perca.

Hiasan Dinding Dari Kain Perca

http://ragamkerajinantangan.blogspot.co.id/

http://ragamkerajinantangan.blogspot.co.id/

kain perca juga bisa dibuat untuk hiasan dinding rumah. Hiasan dinding yang terbuat dari kain perca juga tidak kalah bagusnya dengan hiasan dinding yang dijual di toko dengan harga mahal.

Dengan memanfaatkan kain perca, kamu tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal untuk menghias dinding rumah. Karena memang bahan yang digunakan sangat murah dan hasilnya juga tidak akan murahan. Selain itu, membuat hiasan dengan bahan kain perca juga bisa kamu jadikan bahan belajar dalam membuat kerajinan tangan dari kain perca.

Tikar Karpet dari Kain Perca

http://ragamkerajinantangan.blogspot.co.id/

http://ragamkerajinantangan.blogspot.co.id/

Apakah kamu pernah melihat tikar karpet yang terbuat dari kain perca? Tentu saja kamu tidak akan menyangka bahwa kain perca bisa digunakan untuk membuat tikar karpet yang hasilnya sangat bagus.

Rasanya tidak mungkin kain bekas tersebut digunakan untuk membuat karpet dimana karpet tersebut memiliki tampilan yang bagus. Tapi bagi orang yang sudah ahli mengolah kain perca menjadi barang kerajinan tangan, rasanya tidak ada yang tidak mungkin. Karena ditangan orang ahli, kain perca tersebut bisa menjadi barang yang mahal dan memiliki nilai seni yang tinggi.

Alas Masak dari Kain Perca

http://ragamkerajinantangan.blogspot.co.id/

http://ragamkerajinantangan.blogspot.co.id/

Seringkali baju kita kotor setelah selesai masak. Kotoran tersebut akibat dari tumpahan bumbu dapur atau masakan yang tidak disengaja terkena pakaian. Untuk menghindari kejadian tersebut, biasanya orang masak menggunakan alas masak untuk melindungi pakaian dari kotoran.

Seringkali, orang rela mengeluarkan biaya yang cukup besar untuk membeli alas masak. Padahal, memanfaatkan kain perca untuk membuat alas masak bisa dicoba. Dengan menggunakan kain perca, pengeluaran untuk alas masak bisa dihemat. Selain itu, membuat alas masak dengan kain perca sangat mudah. Jadi, hal ini sangat cocok bagi kamu yang baru saja belajar membuat kerajinan tangan dari kain perca.

Tutup Galon dari Kain Perca

http://ragamkerajinantangan.blogspot.co.id/

http://ragamkerajinantangan.blogspot.co.id/

Terkadang kita melihat di rumah-rumah terdapat galon air minum diberi tutup agar galonnya tetap bersih dan enak dipandang. Hal ini menjadi peluang bagi mereka yang ingin membuka usaha dengan memanfaatkan kain perca sebagai bahan utamanya.

Dengan memanfaatkan kain perca, kamu bisa membuat tutup galon tersebut. Dengan cara ini, kamu akan mendapatkan penghasilan tambahan.

Selain itu, tutup galon juga sangat mudah dalam pembuatannya. Hal ini bisa dijadikan latihan bagi mereka yang baru belajar membuat kerajinan tangan dari kain perca. Jika sudah ahli membuat kerajinan tangan dari kain perca, bisa saja tutup galon ini kamu jadikan bisnis.

Bantalan Kursi dari Kain Perca

http://ragamkerajinantangan.blogspot.co.id/

http://ragamkerajinantangan.blogspot.co.id/

Biasanya, sarung bantal kursi memiliki warna yang sama dengan warna kursinya. Namun, jika kamu menginginkan sesuatu yang berbeda dengan yang lainnya, kamu bisa membuat sarung bantal kursi dengan memanfaatkan kain perca. Tentu saja warnanya disesuaikan dengan warna kursi. Namun, tentu ada warna lain agar terlihat unik dan ada nilai seninya. Selain itu, pembuatan sarung bantal dengan kain perca tidak membutuhkan biaya yang tinggi.

Lukisan dari Kain Perca

https://henrinurcahyo.wordpress.com

https://henrinurcahyo.wordpress.com

Siapa sangka bahwa kain perca bisa digunakan untuk membuat sebuah lukisan. Namun, hal ini tidak mustahil bagi mereka yang sudah ahli dalam membuat lukisan. Coba saja perhatikan gambar di atas. Lukisan tersebut ternyata terbuat dari kain perca.

Kamu pasti tidak menyangka kan bahwa lukisan tersebut terbuat dari kain perca? Memang, jika dilihat secara sepintas, rasanya tidak terlihat bahwa lukisan tersebut terbuat dari kain perca. Namun, jika diamati dengan seksama, cukup terlihat bahwa lukisan tersebut terbuat dari kain perca.

Keset Unik dari Kain Perca

http://mojokerto.blog.com

http://mojokerto.blog.com

Apakah keset kamu sering basah atau kotor dan tidak memiliki pengganti yang banyak? Kamu bisa membuat keset dengan memanfaatkan kain perca. Dengan memanfaatkan kain perca, kamu tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar untuk menyediakan lebih banyak lagi cadangan keset di rumah. Selain itu, kamu bisa belajar membuat barang dengan memanfaatkan kain perca sebagai bahan utamanya.

Aneka Kreasi Bros dari Kain Perca

dessy-deris.blogspot.com

dessy-deris.blogspot.com

Sudah tidak dapat dipungkiri lagi bahwa hiasan bros menjadi favorit bagi kalangan anak muda. Bros ini dijadikan aksesoris bagi mereka. Hal ini menjadi peluang bagi kamu untuk membuat bisnis pengolahan kain perca menjadi bros dan barang kerajinan tangan lainnya. Cara memasarkan pun sangat mudah. Coba saja kamu tawarkan kepada teman terdekat kamu. Jika peminatnya banyak, maka hal ini peluang bagi kamu untuk membuat dalam skala besar.

Kaligrafi dari Kain Perca

kaligrafibatikgrosir.wordpress.com

kaligrafibatikgrosir.wordpress.com

Sama halnya dengan lukisan, kain perca juga bisa dibuat menjadi kaligrafi. Namun, membuat kaligrafi atau lukisan tidaklah mudah. Butuh latihan secara rutin agar bisa membuat kaligrafi atau lukisan.

Aksesoris Wanita Terbaru Bando/ Bandana dari Kain Perca

duniakecilyulia.wordpress.com

duniakecilyulia.wordpress.com

Bando atau bandana seringkali dipakai para wanita. Bandana ini digunakan untuk menyekat rambut agar terlihat rapi. Selain rapi, bandana juga digunakan untuk aksesoris dan kecantikan.

Karena bandana juga digunakan sebagai aksesoris, maka bisa dibuat dengan kain perca. Hasilnya pun cukup bagus meskipun dengan kain perca. Kamu pun bisa membuat bandana dengan kain perca tersebut. Cara membuatnya pun sangat mudah dibandingkan dengan barang lainnya.

Boneka dari Kain Perca

blogoinformasi.com

blogoinformasi.com

Yang paling sering kita jumpai adalah boneka dari kain perca. Karena memang isian boneka bisa menggunakan bahan apa saja dan biasanya bahan-bahan bekas yang digunakan untuk isian. Selain itu, untuk cover atau lapisan luarnya bisa menggunakan kain perca dengan potongan yang cukup lebar agar tidak terlalu banyak sambungannya.
Bagi kamu yang ingin membuat boneka dari kain perca ini, berikut bahan dan cara pembuatannya.

Bahan dan Peralatan yang Dibutuhkan:

  • Kain perca
  • Lem lilin
  • Dakron
  • Lilin tembak
  • Jarum pentul
  • Flanel untuk hiasan
  • Pensil, spidol, dan penghapus
  • Gunting.

Cara Membuat Boneka dari Kain Perca

  1. Langkah pertama dalam membuat boneka dari kain perca adalah membuat pola di atas kertas HVS.
  2. Gunting kertas HVS tersebut sesuai dengan pola yang sudah dibuat.
  3. Gunakan pola tersebut untuk dicetak atau dijiplak di kain perca, lalu gunting sesuai dengan pola tersebut.
  4. Selanjutnya, jahit semua bagian hingga membentuk boneka. Jangan lupa beri lubang untuk dimasukkan isiannya.
  5. Masukkan isiannya dengan dakron atau bisa juga dengan potongan kain perca.
  6. Berikan tambahan mata, mulut, dan sebagainya agar terlihat nyata.
  7. Tambahkan juga hiasan menggunakan flanel agar terlihat lebih menarik.

Tas dari Kain Perca

www.satujam.com

www.satujam.com

Bagi kamu yang bosan dengan tas yang itu-itu saja, kamu bisa membuat tas sendiri denggan memanfaatkan kain perca sebagai bahan utamanya. Berikut bahan dan cara membuat tas dari kain perca.

Bahan dan Peralatan yang Dibutuhkan:

  • Kain perca
  • Benang
  • Kain kapas
  • Resleting
  • Kain flanel

Cara Membuat Tas dari Kain Perca

  1. Gunting kain sesuai dengan bentuk yang diinginkan. Gunting pula kapasnya.
  2. Satukan kain perca dengan kain kapas dengan dijahit agar kain terasa lebih kaku.
  3. Tambahkan hiasan menggunakan kain flanel.
  4. Jahit kain hingga membentuk tas. Jangan lupa jahit pula talinya.
  5. Tas dari kain perca sudah bisa digunakan.
  6. Hasil dari tas tersebut tergantung bagaimana kamu membuat hiasan pada tas tersebut.

Video Kerajinan Tangan dari Kain Perca

Demikian artikel tentang kerajinan tangan dari kain perca ini. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu. Jika artikel ini bermanfaat bagi kamu, jangan lupa untuk share artikel ini dan jangan lupa juga membaca artikel terkait lainnya, yaitu 150 kerajinan tangan dari barang bekas dan kerajinan tangan dari kardus.

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>