Pernikahan

Macam-macam Perencana Pernikahan, Sesuai Kebutuhan Anda?

www.kwikku.com www.kwikku.com

Macam-macam Perencana Pernikahan, Sesuai Kebutuhan Anda? – Berbicara soal perencana pernikahan, pilihan anda begitu banyak, sehingga anda perlu memulai dengan apa yang anda cari dan membaca tentang pilihan-pilihan anda yang lain sebelum bertemu dengan para kandidat. Lalu pastikan untuk memastikan apa yang dilakukan setiap kandidat perencana pernikahan.

Ada bermacam profesional yang termasuk ke dalam perencana pernikahan yang punya kemampuan berbeda. Tidak semua perencana pernikahan menawarkan layanan perencanaan acara dan yang menawarkan layanan perencanaan acara menangani urusan logistiknya. Beberapa lebih berorientasi kepada visi, beberapa lebih berorientasi kepada jadwal dan produksi.

Pastikan anda mendapat kejelasan atas potensi pelayanan yang akan disediakan oleh perencana pernikahan anda ketika anda mewawancarainya untuk memastikan anda akan menerima semua dukungan yang anda harapkan. Ini adalah perincian dari pilihan anda –dan salah satu yang mungkin tepat untuk anda. Pilihan-pilihan ini tidak secara konsisten digunakan dalam industri, namun setidaknya akan memberikan anda ide tentang tipe pelayanan yang anda inginkan.

Pelayanan Penuh Perencanaan Pernikahan (Full Service Planner)

Seorang perencana pernikahan yang menangani pelayanan penuh mengerjakan keseluruhan, baik perencanaan acara dan koordinasi, dari awal hingga selesai (dari perencanaan visi keseluruhan, menyewa dan bertemu dengan vendor untuk mengatur aktivitas di akhir minggu untuk tamu-tamu anda). Perencana pernikahan tipe ini sangat bagus untuk pasangan yang memilliki event pernikahan yang kompleks ataupun yang hanya menginginkan seorang profesional untuk mengarahkan mereka dalam setiap halnya dan untuk menangani setiap detail eksekusi dari visi mereka.

Perencana Acara (Event Design)

Seorang perencana acara pernikahan berfokus pada tampilan secara keseluruhan daripada mengorganisasi detail yang begitu banyak (seperti jadwal atau biaya). Dia seperti seorang desainer interior untuk acara anda, jadi dia mungkin saja bekerja dengan vendor lain –dari desainer undangan sampai florist dan katering—untuk membuat visi anda terealisasi secara nyata berdasarkan gaya, selera dan visi yang anda impikan. Namun jangan berharap ia akan menangani organisasi atau logistiknya.

Seorang penata pesta pernikahan tidak terlalu dibutuhkan jika anda mau bekerja dengan manajer lokasi pernikahan, perencana pernikahan, dan/atau florist (beberapa florist, disebut desainer bunga, adalah juga ahli desain yang akan membantu anda dengan konsep desain dan dekorasi seperti halnya buket dan hiasan sentral) untuk mengkreasikan konsep dekorasi pernikahan anda.

Calon pengantin yang sibuk seringkali beralih kepada perencana acara untuk mengambil alih beberapa perencanaan atau untuk memperoleh gagasan atau konsep tema yang unik, atau hanya untuk memastikan resepsi mereka tampak luar biasa. Tipe perencana ini adalah yang terbaik untuk seseorang yang dapat menangani pengorganisasian dan pengkoordinasian dari semua vendor dan acara, namun membutuhkan seseorang untuk menentukan visi.

Perencana Partial (A La Carte Planning)

Ahli paruh waktu ini membantu anda membentuk acara dengan memberikan anda saran dekorasi, rekomendasi vendor atau menolong dalam proyek-proyek spesifik –anda menghubungi si perencana pernikahan ketika anda membutuhkan bantuan dan mereka akan dibayar dengan upah per jam atau upah rerata untuk setiap jasa.

Perencana pernikahan a la carte (partial/bagian-bagian tertentu) baik digunakan oleh pasangan yang membutuhkan seseorang untuk mendesain blueprint yang akan mereka eksekusikan sendiri. Pada dasarnya, jika anda ingin mencuri rahasia mereka namun tidak ingin orang lain mengatakan secara jelas bahwa itu adalah pernikahan yang didesain oleh (perencana pernikahan yang anda pakai jasanya), perencana pernikahan a la carte adalah pilihan anda.

Mengkoordinasi Hari H

Ahli koordinasi hari H membantu anda memastikan segalanya berjalan mulus pada hari pernikahan tetapi tidak benar-benar terlibat sebelumnya. Kebanyakan memilih untuk memulai keterlibatan mereka setidaknya sebulan sebelum pernikahan untuk memastikan segalanya dalam susunan yang benar dan mereka menerima upah flat. Mereka akan menangani semua vendor anda dan mengatur semuanya untuk hari H pernikahan anda, seperti halnya pembersihan atau tugas-tugas yang harus dilakukan pasca pesta pernikahan sehingga anda dan anggota keluarga anda bisa bersantai dan menikmati hari.

Koordinator hari H sempurna untuk pasangan yang merencanakan untuk menangani semua hal selama proses perencanaan dan dapat menangani kontrak dan organisasi namun menginginkan seseorang untuk mengerjakan seluruh detail seminggu sebelumnya dan menginginkan seseorang untuk berada di sana pada hari pelaksanaan.

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>