Umum

Mari Mengenal Jenis-jenis Hutan dan Fungsinya

geographyeducation.wordpress.com geographyeducation.wordpress.com

Mari Mengenal Jenis-jenis Hutan dan Fungsinya – Hutan merupakan kawasan yang permukaannya tertutupi oleh pepohonan. Terdapat beberapa jenis hutan didunia ini, diantaranya hutan hujan, hutan konifera, dan hutan deciduous atau hutan berganti daun.

Hutan Hujan

jusufdjokam.wordpress.com

jusufdjokam.wordpress.com

Hutan hujan merupakan hutan yang memperoleh curah hujan yang relatif tinggi sepanjang tahun. Hutan ini memiliki keanekaragaman tumbuhan mesipun luasnya hanya sekitar tujuh persen dari seluruh permukaan bumi.

Dalam setiap satu hektar hutan hujan tropis, terdapat lebih dari 600 spesies pohon. Secara keseluruhan, 50 persen jenis tanaman dan tumbuhan di bumi terdapat di hutan hujan tropis. Dilihat dari ketinggiannya, hutan hujan terdiri atas beberapa bagian.

Pertama, bagian lantai hutan atau permukaan tanah yang merupakan tempat tumbuhnya semak-semak, berbagai tanaman rambat, jamur, serta lumut. Lantai hutan ini permukaannya ditutupi oleh tanaman dan dedaunan yang membusuk. Tumbuhan yang membusuk ini merupakan sumber nutrisi bagi tumbuhan yang lain.

Bagian puncak pohon hutan hujan disebut kanopi. Bagian kanopi bentuknya menyerupai atap diatas hutan hujan. Disinilah berbagai jenis burung, kera, dan hewan lainnya hidup. Kanopi bukanlah tingkatan paling atas dari sebuah hutan hujan. Ada pohon yang lebih tinggi dan menjadi tempat tinggal bagi burung jenis pemangsa yang lebih besar.

Suhu dan kelembapan di kawasan hutan-hutan cukup tinggi. Suhu rata-rata yang tercacat adalah 25⁰C. Angka ini lebih bervariasi untuk hutan hujan yang berada dekat dengan garis ekuator. Hal ini yang juga menetukan adalah ketinggalan.

Semakin tinggi, maka suhu dimalam hari semakin turun. Tanaman dan hewan hutan hujan tidak dapat hidup dalam udara yang dingin. Karena itu, daerah yang suhunya mendekati 0⁰C tidak memiiki hutan hujan. Sementara itu, curah hujan minimum di kawasan ini adalah 1,8 meter  dan curah hujan maksimumnya adalah 9,0 meter. Hutan hujan sebenarnya tidak pernah mengalami musim kemarau. Jika sampai jadi musim kering, itu hanya berlangsung dalam waktu yang singkat.

Hutan Berganti Daun (Hutan Deciduous) dan Hutan Konifera

geographyeducation.wordpress.com

geographyeducation.wordpress.com

Hutan berganti daun ditumbuhi pohon serperti oak yang menggugurkan daunnya di musim dingin. Sementara itu, hutan konifera ditumbuhi pohon yang daunnya keras dan runcing yang disebut “daun jarum” yang dapat bertahan sepanjang tahun. Contohnya adalah pohon fir. Hutan konifera adalah hutan terluas didunia dan dapat tumbuh subur di daerah yang dingin.

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>