Contoh Surat

Cara Membuat dan Contoh Kata Pengantar yang Baik dan Benar

www.zonanesia.net www.zonanesia.net

Cara Membuat dan Contoh Kata Pengantar – Kata pengantar merupakan kalimat pembuka dari penulis, atau pengantar yang ingin disampaikan penulis pada pembaca terkait karya tulis ilmiah atau non ilmiah. Kata pengantar sifatnya umum, tidak membahas satu topik, melainkan membahas secara keseluruhan hal menarik apa yang dibahas dalam karya tulisnya. Ditulis secara singkat, jelas dan menarik, sehingga dari kata pengantar ini pembaca akan semakin ingin menyelami bab demi bab berikutnya.

Definisi Kata Pengantar

imstuff-it.blogspot.com

imstuff-it.blogspot.com

Ada beberapa definisi kata pengantar, diantara orang yang mengantarkan, alat untuk mengantara, maupun pembimbing. (Baca Juga: Contoh dan Cara Membuat Daftar Isi)

Kata pengantar adalah sepatah kata pengarang yang ditunjukkan kepada pembaca, bisa berupa harapan penulis terhadap pembaca, ucapan terima kasih. Selain itu kata pengantar juga berisi ucapan puji syukur pada Tuhan, dan harapan pembuatan karya tulis, serta ucapan terima kasih kepada pihak-pihak tertentu.

Cara Menulis Kata Pengantar

www.kopi-ireng.com

www.kopi-ireng.com

Beberapa hal dalam pembuatan kata pengantar yang baik dan benar, antara lain:

Diawali Puji Syukur

Kata pengantar diawali dengan memanjatkan puji syukur pada Tuhan Yang Maha Esa.

Contoh:
Puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena atas rahmat-Nya makalah ini dapat terselesaikan dengan baik, serta ucapan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah membantu dalam proses pembuatan makalah ini.

Gambaran Isi Makalah

Paragraf berikutnya dilanjutkan dengan pembahasan sedikit gambaran isi makalah yang ditulis, dapat pula menuliskan tujuan dari pembuatan makalah. (Baca Juga: Contoh Penulisan Daftar Pustaka)

Paragraf Akhir Kata Pengantar

Akhir kata pengantar dengan permintaan maaf atas kekurangan dalam penulisan makalah, harapan pada pembaca, dan bisa ditambah dengan doa agar makalah bisa lebih bermanfaat.

Contoh Kata Pengantar

rohmatullahh.blogspot.com

rohmatullahh.blogspot.com

Berikut beberapa contoh kata pengantar yang bisa menjadi referensi atau gambaran Anda dalam menulis kata pengantar.

Contoh Kata Pengantar Pertama

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Segala puji bagi Allah yang telah memberikan kami kemudahan sehingga dapat menyelesaikan makalah ini. Tanpa pertolongan-Nya mungkin penyusun tidak akan sanggup menyelesaikannya dengan baik. Shalawat dan salam semoga terlimpah curahkan kepada baginda tercinta kita yakni Nabi Muhammad SAW.

Makalah ini disusun agar pembaca dapat memperluas ilmu tentang “Kanker dan Pengobatannya”, yang kami sajikan berdasarkan pengamatan dari berbagai sumber. Makalah ini di susun oleh penyusun dengan berbagai rintangan. Baik itu yang datang dari diri penyusun maupun yang datang dari luar. Namun dengan penuh kesabaran dan terutama pertolongan dari Tuhan akhirnya makalah ini dapat terselesaikan.

Makalah ini memuat tentang “Penyakit Kanker” yang sangat berbahaya bagi kesehatan seseorang, khususnya wanita. Karena salah satu penyakit yang cukup populer, yakni kanker payudara yang menyerang para wanita. Walaupun makalah ini kurang sempurna dan memerlukan perbaikan tapi juga memiliki detail yang cukup jelas bagi pembaca.

Penyusun juga mengucapkan terima kasih kepada guru bahasa Indonesia yaitu bapak Chairul Tanjung yang telah membimbing penyusun agar dapat mengerti tentang bagaimana cara menyusun karya tulis ilmiah yang baik dan sesuai kaidah.
Semoga makalah ini dapat memberikan pengetahuan yang lebih luas kepada pembaca. Walaupun makalah ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Penyusun membutuhkan kritik dan saran dari pembaca yang membangun, Terima kasih.

 

Palembang, 28 November 2015

                                                                                                                                                           Penyusun

                                                                                                                                                               (Sabrina Nauljam)

Contoh Kata Pengantar Kedua

Rasa syukur yang dalam kami sampaikan ke hadirat Tuhan Yang Maha Pemurah, karena berkat kemurahan-Nya makalah ini dapat kami selesaikan sesuai yang diharapkan. Dalam makalah ini kami membahas “Mengamankan Akun Media Sosial”, suatu permasalahan yang selalu dialami bagi masyarakat yang menggunakan media sosial untuk mengakses suatu informasi dengan menggunakan internet.

Makalah ini dibuat dalam rangka memperdalam pemahaman masalah keamanan  yang sangat diperlukan dalam suatu harapan mendapatkan keamanan dalam memanfaatkan teknologi informasi terutama yang menggunakan internet dan sekaligus melakukan apa yang menjadi tugas mahasiswa yang mengikuti mata kuliah “Jaringan Keamanan informasi”.

Dalam proses pendalaman materi security ini, tentunya kami mendapatkan bimbingan, arahan, koreksi dan saran, untuk itu rasa terima kasih yang dalam-dalamnya kami sampaikan” : Dr. Ir. Nadia Shavira, selaku dosen mata kuliah “Keamanan Jaringan informasi”, rekan-rekan mahasiswa yang telah banyak memberikan masukan untuk makalah ini. Demikian makalah ini saya buat semoga memberikan faedah.

 

Bandung, 22 Januari 2016

                                                                                                                                                                     Penyusun

                                                                                                                                                                        (Farhana Anastasya)

Video Cara Membuat Kata Pengantar

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>