Contoh Surat

Contoh dan Cara Membuat Daftar Isi Menggunakan Ms. Word

lifehacker.com

Contoh dan Cara Membuat Daftar Isi – Dalam pembuatan karya tulis ilmiah daftar isi merupakan halaman urgen yang wajib ada. Daftar isi merupakan halaman yang menampilkan daftar bab maupun subbab yang ada dalam karya tulis. Penulisan daftar isi juga ada stkamurt tersendiri, tak serta merta ditulis begitu saja. Ada beberapa hal yang patut kamu ketahui sebelum membuat daftar isi, antara lain:

Fungsi Daftar Isi

Daftar isi merupakan bagian penting yang harus tercantum jelas dalam karya tulis ilmiah maupun non ilmiah. Daftar isi memiliki fungsi yaitu memudahkan pembaca dalam mencari halaman yang diinginkan.

Secara umum daftar isi dapat didefinisikan sebagai pengorganisasian dari keseluruhan isi buku. Daftar isi biasanya ditulis setelah buku atau karya tulis ilmiah selesai secara keseluruhan. (Baca Juga: Cara Membuat dan Contoh Kata Pengantar)

Cara Membuat Daftar Isi di Ms. Word

Ms Word merupakan aplikasi paling populer yang hampir digunakan oleh setiap orang dalam membuat laporan atau sekedar mengetik. Dalam penulisan daftar isi menggunakan Ms Word, ada cara mudah yang harus kamu ketahui agar kamu tidak kesulitan, terutama dalam membuat titik-titik beraturan yang menghubungkan kalimat dengan nomor halaman. Dalam hal ini kamu bisa menggunakan Ms Word 2003, 2007, maupun 2010. Berikut cara mudah agar daftar isi yang kamu buat terlihat rapi.

Buka Ms. Word

www.duniaq.com

www.duniaq.com

Bukalah halaman Ms Word dalam komputer kamu sehingga muncul lembar kerja kosong. Dalam hal ini kamu harus memastikan bahwa ruler dalam keadaan aktif. Namun jika ruler belum aktif, kamu bisa mengaktifkan dengan klik ribbon view, kemudian centang pada pilihan ruler.

Mengatur Ruler

www.duniaq.com

www.duniaq.com

Pilih rata tengah dan ketik tulisan daftar isi. Pada paragraf kedua, kamu bisa menulis kata pengantar atau mungkin halaman judul dan sebagainya yang tertulis di dalam karya tulis kamu. Setelah itu klik paragraf ruler hingga muncul huruf L. Buatlah tanda tersebut sebanyak dua kali, dan sesuaikan posisinya agar terlihat rapi seperti daftar isi pada umumnya. Posisi tersebut untuk membatasi antara tanda titik akhir dengan nomor halaman. Perhatikan gambar berikut. (Baca Juga: Contoh Penulisan Daftar Pustaka)

Mengatur Tanda L

www.duniaq.com

www.duniaq.com

  1. Klik dua kali tanda L tersebut sampai muncul jendela tab sebagai berikut.
  2. Atur beberapa poin berikut.
    • Lalu klik ok
    • Klik tombol set
    • Pada Alignment klik Right
    • Abaikan pada bagian tab stop position dan defalut tab stop.

Posisi Tanda L Terbalik

www.duniaq.com

www.duniaq.com

Setelah poin di atas dilengkapi, lihatlah tanda L telah mengalami perubahan posisi menjadi terbalik.

Membuat Titik-titik Otomatis

www.duniaq.com

www.duniaq.com

Aturlah kursor dan posisikan pada tulisan kata pengantar pada halaman. Setelah itu klik tombol TAB. Maka secara otomatik titik-titik akan muncul sampai pada batas tanda L pada ruler. Setelah selesai kamu dapat melakukan hal sama pada paragraf berikutnya untuk menghasilkan daftar isi yang rapi.

Contoh Daftar Isi

Contoh Pertama

 

 

www.duniaq.com

www.duniaq.com

Contoh Kedua

www.duniaq.com

www.duniaq.com

Video Cara Membuat Daftar Isi Menggunakan M.s Word

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>