Kerajinan

Cara Membuat Kerajinan Tangan Lampu Hias dan Pigura dari Kardus Bekas

http://zhahab.blogspot.co.id/ http://zhahab.blogspot.co.id/

Punya banyak kardus di rumah? Jangan dibuang!

Kardus dapat dimanfaatkan sebagai kerajinan loh. Daripada kadus numpuk digudang, diberikan pada pemulung atau dibakar, akan sangat lebih baik jika kardus-kardus tersebut kita olah menjadi kerajinan yang memiliki nilai jual tinggi. Hanya butuh polesan tangan kreatif saja, kardus-kardus tersebut akan menjadi karya indah.

Dalam artikel ini saya akan mengulas beberapa kerajinan tangan dari kardus yang telah banyak dihasilkan tangan-tangan kreatif Indonesia. Contohnya nih lampu gantung yang terbuat dari kerajinan kardus. (Baca juga: 30 Cara Mudah Membuat Kerajinan Tangan dari Barang Bekas)

Cara Membuat Lampu Gantung dari Kardus Bekas

http://zhahab.blogspot.co.id/

http://zhahab.blogspot.co.id/

Sederhana bukan?

Semua orang bisa membuatnya, hanya tinggal ada kemauan atau tidak. Toh menciptakan karya kreatif penuh nilai jual tinggi tak membutuhkan gelar kok, hanya cukup imajinasi dan jiwa seni tinggi, semua itu bisa diraih tanpa harus duduk di bangku kuliah. So, ayo buat dari sekarang.

Hasil kerajinan kardus yang paling terkenal adalah Danbo. Percaya kan? Boneka kardus berkepala kotak itu menjadi icon sebuah perusahaan besar di Jepang. Selain lampu gantung seperti gambar di atas, masih banyak sekali kerajinan kreatif yang dapat dibuat dari kardus.

Baca juga: 7 Contoh Kerajinan Tangan dari Sedotan

Peralatan dan Perlengkapan untuk Membuat Lampu Hias Dari Kardus Bekas

http://zhahab.blogspot.co.id/

http://zhahab.blogspot.co.id/

Bagaimana cara membuat lampu gantung seperti gambar di atas? Adapun alat dan bahan yang harus dipersiapkan, antara lain:

  1. Kardus bekas
  2. Lem tembak
  3. Penggaris
  4. Pensil
  5. Cat semprot

Langkah-langkah Membuat Lampu Hias dari Kardus Bekas

Adapun langkah-langkah yang harus dilakukan, antara lain:

http://zhahab.blogspot.co.id/

http://zhahab.blogspot.co.id/

Kardus yang telah siap dipotong sesuai ukuran, kalau bisa tidak terlalu besar dari ukuran lampu, biasanya ukuran yang digunakan panjang 60 cm dan lebar 21 cm atau sesuai keinginan. (Baca juga: Kerajinan Tangan dari Barang Bekas)

http://zhahab.blogspot.co.id/

http://zhahab.blogspot.co.id/

Kardus dapat dicat di bagian sisi yang lain. Warna putih kardus akan digunakan sebagai warna dalam, sehingga lampu dapat bersinar terang. (Baca juga: Cara Membuat Kerajinan Tangan dari Botol Bekas)

Sisi kardus yang tidak dicat dapat ditandai menjadi lima atau lebih bagian sesuai keinginan, lalu garis dan potong kardus yang sudah tertandai. Hal ini agar kardus dapat dilipat menjadi segi lima.

http://zhahab.blogspot.co.id/

http://zhahab.blogspot.co.id/

Kardus yang telah dilipat segi lima dibentangkan kembali, lalu dipotong panjang-panjang sesuai keinginan, kemudian disusun sesuai gambar.

http://zhahab.blogspot.co.id/

http://zhahab.blogspot.co.id/

Setelah selesai, buatlah atap lampu atau kap bagian atas sebagai penyangga lampu. (Baca juga: 7 Macam Kerajinan Tangan dari Kain Flanel)

http://zhahab.blogspot.co.id/

http://zhahab.blogspot.co.id/

Setelah kap lampu selesai, tinggal direkatkan dengan frame yang telah kita buat sebelumnya.

Cara Membuat Pigura dari Kardus Bekas

 

Jika tak ingin terlalu rumit, kita bisa membuat kerajinan kardus yang lebih sederhana, misalnya yang sederhana seperti bingkai foto. Siapapun pasti bisa membuatnya.

Peralatan dan Perlengkapan untuk Membuat Pigura dari Kardus Bekas

aprianiepujie-softskill.blogspot.com

aprianiepujie-softskill.blogspot.com

Adapun alat dan bahan yang biasa digunakan di antaranya.

  1. Kardus bekas
  2. Gunting
  3. Lem
  4. Catter
  5. Kertas hias sebagai pelengkap

Langkah-langkah Membuat Pigura dari Kardus Bekas

plus.google.com

plus.google.com

Bagaimana cara membuatnya? Ada beberapa tips ni yang bisa dijadikan referensi.

Hal yang harus dilakukan ketika membuat bingkai foto ataupun bingkai lukisan dinding menggunakan kardus.

  1. Kardus yang sudah siap digunting sesuai dengan keinginan, tapi pastikan sesuai denga besar foto atau gambar yang akan dibingkai.
  2. Kardus yang telah selesai digunting dapat dihaluskan menggunakan catter atau alat sejenis untuk memberhalus hasil guntingan yang biasanya masih belum rapi.
  3. Kardus yang telah rapi dibungkus dengan kertas hias atau kado sesuai keinginan dengan warna kertas berbeda.
  4. Kertas kado pembungkus usahakan kertas yang cukup tebal, sehingga ketika dilipat tidak berubah bentuk.
  5. Terakhir, tempel foto atau gambar ke dalam bingkai yang sudah jadi.

Masih banyak kerajinan sederhana yang dapat kita buat dari kardus, misalnya saja miniatur rumah, bunga, dan masih banyak lagi sesuai dengan kreatifitas kita.

Hasil seni yang tinggi juga akan memiliki nilai jual yang tinggi pula. Oleh karena itu kenapa ide itu harga mati. Sesuatu yang mudah didapat dan mahal dijual. Gak sulit bukan? Semua orang bisa membuat asal punya kemauan yang tlaten. Jadi kalau punya banyak kardus tak terpakai, segera sisihkan. Jangan dibuang apalagi ditaruh gudang. Semua bisa menjadi uang asal kita kreatif mengolahnya.

Selamat mencoba, Anda pasti mampu membuat yang jauh lebih baik dari contoh di atas.

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>